Kecantikan

10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

manfaat buah naga untuk kecantikan

Buah Naga merupakan salah satu buah yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Buah ini disebut buah naga karena memiliki kulit berjumbai mirip sisik naga. Asal buah ini berasal dari wilayah meksiko, namun saat ini banyak dibudidayakan di Asia termasuk di Indonesia.

Siapa sangka, selain rasanya yang lezat, buah naga menyimpan banyak manfaat. Tak hanya buat kesehatan, tetapi juga biat kecantikan. Sehingga tak salah bila kamu mengkonsumsinya setiap hari.

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

Nah, berikut beberapa manfaat buah naga untuk kecantikan yang ternyata sangat luar biasa:

1. Baik Untuk Kesehatan Kulit

1. manfaat buah naga untuk kecantikan - 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

Buah naga kaya akan kandungan Vitamin C, E, dan B3. Jenis vitamin ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Bagusnya lagi, buah ini rendah kalori tetapi banyak vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Ia juga mengandung banyak serat makanan.

Secara ringkas, berikut kandungan nutrisi utama dalam satu porsi saji buah naga atau sekitar 227 gram:

  • Kalori: 136
  • Lemak: 0 gram
  • Protein: 3 gram
  • Karbohidrat: 29 gram
  • Serat: 7 gram
  • Besi: 8% dari RDI
  • Vitamin C: 9% dari RDI
  • Vitamin E: 4% dari RDI
  • Magnesium: 18% dari RDI

Selain nutrisi penting, buah naga juga mengandung senyawa bermanfaat lainya seperti polifenol, karoten, dan betacyanin.

2. Dapat Mencegah Penuaan Dini

manfaat buah naga untuk kecantikan

Mengonsumsi buah naga dapat membantu mencegah penuaan dini, hal ini dikarenakan kandungan vitamin E-nya. Buah naga dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus, selain itu juga bisa digunakan sebagai masker atau lulur. Kedua cara tersebut sama-sama efektif untuk mendapatkan vitamin E dalam buah naga.

3. Bisa Digunakan untuk Masker

3. manfaat buah naga untuk kecantikan - 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan bisa dilakukan dari dalam dengan mengkonsumsi secara langsung dan juga dari luar. Salah satu cara perawatan dari luar adalah dengan menggunakannya sebagai masker. Caranya:

  • Ambil daging buah naga lalu blender hingga teksturnya menjadi lembut seperti bubur lalu saring ampasnya. Nah hasil berbentuk bubur tersebut bisa kamu gunakan untuk masker.
  • Pemakaiannya seperti biasa dioleskan pada kulit wajah lalu didiamkan selama 15 hingga 30 menit. Masker ditunggu agar semua sari buah naga bisa masuk ke pori-pori kulit secara maksimal.
  • Selanjutnya, bisa langsung dibersihkan dengan air hangat atau air biasa.

4. Bisa digunakan untuk Lulur

4. manfaat buah naga untuk kecantikan - 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

Saat ini, metode perawatan dengan menggunakan masker atau lulur banyak digemari para wanita. Nah, buah naga juga bisa lho digunakan untuk lulur, jadi tidak hanya digunakan pada kulit wajah.

Adonan yang digunakan masih sama seperti yang dipakai sebagai masker kulit. Bedanya, hasil blender daging buah naga dioleskan ke kulit tubuh dan didiamkan 15 hingga 30 menit. Saat membersihkan, bisa dengan sedikit memijat seperti menggunakan lulur pada umumnya.

5. Dapat Mencerahkan Kulit

5. manfaat buah naga untuk kecantikan - 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin C dan B3 pada buah naga sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit. Vitamin B3 juga anti-penuaan. Selain manfaat buah naga untuk kecantikan, Vitamin B3 juga bagus untuk penderita diare, kolera, pusing, kehilangan memori, sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan arthritis serta leprosi.

Jadi, tidak ada salahnya kamu mulai rajin mengkonsumsi buah naga atau dalam bentuk masker dan lulur.

6. Dapat Membantu Regenerasi Kulit

manfaat buah naga untuk kecantikan

Manfaat buah naga untuk kecantikan berikutnya adalah dapat membantu proses regenerasi atau peremajaan kulit. Hal ini karena beberapa vitamin yang ada dalam buah naga. Dengan begitu, kulit kamu akan terlihat lebih segar dan sehat. Cara yang paling optimal adalah dengan menggunakannya sebagai masker wajah.

7. Dapat Mengatasi Masalah Jerawat

manfaat buah naga untuk kecantikan

Memiliki wajah berjerawat memang sangat tidak menyenangkan, selain menjadi tidak percaya diri, jerawat juga merupakan tanda kulit sedang tidak sehat. Nah, untuk memulihkan kondisi kulit agar lebih sehat dan tidak ada jerawat, kamu bisa menggunakan buah naga sebagai masker.

Atau jika tidak ingin repot-repot langsung dikonsumsi juga bisa. Kandungan vitamin C pada buah naga akan membantu proses penyembuhan jerawat.

8. Dapat Membantu Melembapkan Kulit

manfaat buah naga untuk kecantikan

Manfaat lainnya pada kesehatan dan kecantikan kulit adalah dapat melembapkan kulit atau menjaganya agar tidak kering. Hal ini memang lebih efektif dengan pemakaian masker secara teratur, namun dengan cara dikonsumsi langsung juga bisa. Buah naga yang sangat disarankan untuk kecantikan kulit adalah yang berwarna merah.

9. Meredakan Kulit Terbakar

9. manfaat buah naga untuk kecantikan - 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

Sebagai wanita yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, mungkin Anda sering terpapar sinar matahari dan kulit jadi terbakar. Kulit yang gosong tentu akan membuat tampilan kulit seorang wanita menjadi tidak bagus.

Beberapa dari mereka baisanya menggunakan sunscreen untuk mengatasi masalah ini, namun terkadang hal ini tidak ada gunanya atau bahkan menimbulkan masalah lain jika tidak cocok. Nah, daripada bingung memilih dan mencoba-coba produk sunscreen, lebih baik manfaatkan cara yang alami.

Kamu bisa mengkonsumsi buah naga secara rutin atau teratur untuk merawat kesehatan kulit dari dalam. Selain itu, jadikan buah naga sebagai masker atau lulur untuk perawatan dari luar. Selain aman digunakan, buah naga juga enak dimakan secara langsung.

10. Melindungi Kesehatan Kulit

10. manfaat buah naga untuk kecantikan - 10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Termasuk Mencegah Penuaan Dini

Ada juga yang mengatakan bahwa buah naga bisa dijadikan sebagai lotion untuk perawatan kesehatan kulit. Lotion ini bisa dibuat dengan mengambil sari buah naga dan mengoleskannya pada permukaan kulit.

Setelah mengaplikasikan lotion buah naga, tunggu beberapa saat terlebih dahulu hingga meresap, lalu dibersihkan. Lotion ini dipercaya dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari.

Itulah 10 manfaat buah naga untuk kecantikan kulit. Selain enak dimakan, buah naga ternyata juga menyimpan banyak manfaat terutama untuk kecantikan kulit. Untuk kesehatan juga bagus sekali.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén