Mengatasi rambut rontok karena obat bisa jadi gampang-gampang susah. Gampang kalau semisal konsumsi obat berhenti, rambut jadi tidak rontok lagi. Tapi bagaimana kalau rambut tetap rontok meski konsumsi obat berhenti? Tentu butuh cara untuk mengatasinya. Sebab kalau dibiarkan terus menerus, kondisi rambut kepala bisa jadi mengalami kebotakan. Apalagi, kondisi rambut rontok karena obat biasanya melebihi batas normal kerontokan.

Rambut rontok karena obat juga bisa terjadi ketika kita memberikan perawatan pada rambut yang mengandung sejumlah obat-obatan kimia tertentu. bisa juga terjadi saat kita memberikan warna pada rambut dengan pewarna yang mengandung bahan kimia. Lalu bagaimana cara mengatasi rambut rontok karena obat?

5 Cara Atasi Rambut Rontok Karena Obat

Untuk mengatasi rambut rontok karena obat sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mengatasi rambut rontok pada umumnya. Terutama jika konsumsi obat telah kita hentikan dan rambut tetap mengalami kerontokan. Bisa jadi, rambut telah kekurangan vitamin rambut, sehingga kita harus memberikan konsumsi tambahan pada rambut. Beberapa cara yang sebaiknya kita lakukan adalah:

  1. Mengolesi Rambut Dengan Minyak Zaitun

Pertama, kita bisa gunakan minyak zaitun. Kita bisa mengolesi rambut kepala dengan minyak zaitun. Oh ya, perlu kamu tahu, minyak zaitun dipasaran terdiri dari dua jenis. Keduanya dibedakan berdasarkan fungsinya. Ada yang bermanfaat untuk kecantikan dan ada pula yang bermanfaat untuk kesehatan.

Tentu saja yang kita pilih adalah yang untuk rambut. Di pasaran ada banyak sekali. Cara pemakaian cukup mudah oleskan minyak zaitun 30 menit sebelum mandi. Lalu pijat dengan lembut selama 4-5 menit lalu bilas dengan air bersih. Kita juga bisa menggunakan shampo yang biasa kita pakai.

Baca Juga : 6 Perawatan Untuk Rambut Kering Dan Rusak

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Faktor Keturunan
  1. Mengolesi Rambut dengan Minyak Kemiri

Minyak ini telah banyak dikenal sejak zaman dahulu untuk menyuburkan rambut. Saat ini minyak kemiri dapat dengan mudah kita dapatkan di toko atau apotek terdekat. Cara pemakaiannya pun sangat mudah cukup tuangkan minyak ketangan dan usapkan pada rambut. Diamkan 1-2 jam pijat dengan lembut lalu bilas dengan shampo dan air bersih.

  1. Gunakan Lidah buaya

Berikutnya, kita juga bisa gunakan lidah buaya. Bahan yang satu ini merupakan bahan alami yang sangat bagus untuk kesehatan rambut. Mulai dari menyuburkan, menghitamkan dan juga menyembuhkan kerontokan. Untuk menggunakan bahan ini kita bisa mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Lalu haluskan Lidah buaya dan usapkan ke rambut. Pijat dengan lembut selama 15-20 menit lalu bilas menggunakan air bersih usahakan air mengalir ya. Hal ini berfungsi untuk memaksimalkan pembersihan sisa lidah buaya yang menempel dirambut.

  1. Gunakan masker buah-buahan

Buah yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut diantaranya adalah pisang, alpukat, semangka dan melon. Cara pemakainnya cukup pilih salah satu buah yang ingin kita pakai. Lalu blender dengan lembut dan gunakan untuk masker rambut. Diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air bersih. Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah-buahan akan memperbaiki kerusakan rambut dan mencegah kerontokan.

Baca Juga : 4 Perawatan Rambut Rontok Di Salon Yang Dapat Kamu Lakukan

Baca Juga : 8 Produk Vitamin Perawatan Rambut Rontok Yang Bagus Untuk Kamu Coba
  1. Jangan Lupa, Biasakan Untuk Sarapan

Nah, untuk kita yang sering melalaikan kewajiban sarapan ada baiknya saat ini kita mulai mencoba kebiasaan baik ini. Selain berpengaruh kepada kecerdasan ternyata sarapan sangat berpengaruh terhadap perkembangan keratin rambut. Biasakan mengkonsumsi protein yang cukup seperti daging merah, telur dan lain sebagainya.

Sangat mudahkan untuk mengatasi rambut rontok karena obat? hasilnya juga sangat bagus apabila kita bisa melakukannya secara terus menerus. Tertarik untuk mencoba?