Perawatan tubuh untuk memutihkan kulit bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Termasuk di rumah. Bahkan biayanya tak perlu mahal. Asalkan kita tahu bahan yang tepat dan mau melakuanya secara rutin.

Memang hampir bisa dipastikan bahwa semua perempuan Indonesia pasti menginginkan kulit tubuh yang putih bersih. Beberapa di antara perempuan bahkan rela melakukan suntik pemutih. Suntik pemutih dengan menggunakan bahan kimia bisa memberi efek samping pada tubuh.

5 Cara Perawatan Tubuh Untuk Memutihkan Kulit dari Rumah

Selain membuat ketergantungan, juga merogoh kocek mahal. Mendapatkan kulit tubuh putih bersih dengan cepat, kita bisa melakukan tips aman sederhana berikut bahkan dari rumah:

  1. Ramuan Bengkoang

Bengkoang merupakan jenis tanaman umbi-umbian. Sejak jaman dahulu bengkoang dipakai untuk meutihkan kulit secara alami. Fosfor dan kalsium yang terkandung dalam bengkoang mampu memutihkan kulit. Membuat ramuan bengkoang sangat mudah. Bengkoang yang sudah dibersihkan diparut atau diblender agar bertekstur halus.

Kemudian campurkan bengkoang yang sudah dihaluskan dengan air perasan jeruk nipis. Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C, membuat kulit tampak cerah. Stelah itu, balurkan ramuan secara merata ke seluruh tubuh. Diamkan selama 15-30 menit. Kemudian gosok kulit tubuh secara perlahan untuk mengangkat sel kulit mati. Lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga : 5 Bentuk Perawatan Tubuh Agar Cepat Gemuk Tetapi Tetap Sehat

  1. Lemon

Kulit tubuh seringkali terkena hiperpigmentasi yang menyebabkan kulit menghitam. Hal ini terjadi karena terlalu lama terpapar sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut, kita bisa menggunakan lemon. Selain digunakan untuk membuat minuman segar, lemon juga bermanfaat untuk merawat kulit tubuh.

Kandungan vitamin C sangat baik untuk mencerahkan kulit kusam akibat aktivitas di luar. Cara membuatnya, lemon yang sudah dijus campurkan dengan tomat yang sudah dihaluskan untuk memberikan rasa dingin pada kulit. Balurkan pada tubuh. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

  1. Lobak Putih

Lobak termasuk dalam kategori famili crucifeare. Tidak hanya digunakan untuk memasak. Lobak juga berguna untuk kecantikan, terutama untuk memutihkan kulit. Cara membuatnya cukup mudah. Lobak yang sudah dibersihkan dihaluskan. Kemudian gunakan sebagai lulur sebelum mandi. Gosok secara perlahan pada kulit. Diamkan 15-20 menit. Lalu bilas dengan air hingga bersih.

  1. Lulur Pepaya

Pepaya sudah terkenal akan khasiatnya untuk kecantikan. Buah yang biasa untuk melancarkan pencernaan ini baik untuk kesehatan kulit. Untuk membuat kulit tampak putih bersih, bisa menggunakan pepaya sebagai bahan dasar lulur. Caranya, haluskan daging pepaya mentah yang segar.

Lalu campurkan dengan air perasan jeruk nipis. Vitamin C dalam jeruk nipis berfungsi mencerahkan kulit. Pepaya dan jeruk nipis keduanya mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Setelah tercampur dengan merata, oleskan ke seluruh tubuh sambil memijat pelan. Biarkan selama 15-20 menit agar meresap pada kulit. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan dengan handuk.

  1. Lulur Beras

Selain menjadi makanan pokok, beras juga bermanfaat untuk memutihkan kulit. Banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar beras. Sekarang, kita bisa membuatnya sendiri di rumah. Mudah, pilih beras dengan kualitas yang baik. Lalu haluskan hingga menjadi bubuk beras.

Kemudian campurkan dengan minyak zaitun yang berfungsi melembabkan kulit. Beras bisa menjadi scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah kedua bahan tercampur merata, oleskan pada seluruh tubuh. Gosok secara perlahan pada kulit. Selanjutnya bersihkan dengan air hingga bersih.

Itulah 5 tips perawatan tubuh untuk memutihkan kulit dengan cepat dan alami dari rumah. Semua berbahan dasar alam yang aman dan mudah didapat. Selain mudah melakukanya, anda juga bisa membuatnya sendiri.

Baca Juga : Bentuk dan Aturan Perawatan Tubuh Ibu Hamil Muda

Baca Juga : Tips Cantik Walaupun Gendut