Bagi wanita, setiap lekuk tubuhnya adalah mahkota kecantikan yang harus di jaga dan dirawat dengan baik. Dari ujung kaki hingga ujung rambut, tak boleh ada yang luput dari perawatan. Sebab perempuan sangat memperhatikan semua anggota tubuhnya. Sayangnya, semua anggota tubuh pasti bisa mengalami kerusakan. Sebab semuanya bersifat fana’. Termasuk juga rambut.

Cara Menanggulangi Kerusakan Rambut

Rambut sebagai mahkota bagi para wanita atau perempuan, tentunya menjadi kebanggaan tersendiri jika rambutnya sehat dan bersih. Nah, kamu tidak inginkan jika rambut kamu terlihat kusam, rontok, berminyak dan sebagainya. Berikut cara penanggulangan kerusakan pada rambut secara dini.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh Yang Menghasilkan Kesehatan Rambut

Kerusakan rambut salah satunya disebabkan oleh pola makan atau minum yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Nah, untuk menghasilkan rambut yang sehat tentunya kamu harus menjaga pola makanan dan minuman mu.

Untuk itu kamu harus mengkonsumsi banyak air, vitamin dan nutrisi. Serta kamu juga harus sering mengkonsumsi ikan salmon karena banyak mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan rambut.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Rambut Rontok Menggunakan Lidah Buaya Terbaik

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Kering Dan Bercabang Paling Sederhana
  1. Lindungi Rambut Dari Bahaya Sinar Matahari

Apabila kamu sering melakukan aktivitas di luar ruangan, hendaknya kamu melindungi kulit kepala kamu dengan menggunakan pelindung kepala seperti topi, hair cap atau payung. Untuk apa? Untuk melindungi rambut kamu dari paparan sinar matahari secara langsung yang dapat merusak rambut.

Jangan terlalu sering berada di kolam renang, karena klorin yang terdapat dalam air kolam renang ini menyebabkan rambut kamu rusak, rapuh, dan warnanya menjadi lebih kusam.

  1. Masker Penyelamat Rambut

Untuk mengatasi rambut sulit diatur, kamu dapat dengan mudah menanggulanginya dengan cara menggunakan masker dari Lakme K-Therapy Repair Nourish Mask  yang berfungsi untuk melembabkan, serta menjadikan akar rambut lebih kuat.

Gunakan masker tersebut secara rutin, minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Agar hasil yang di peroleh lebih maksimal, sehingga kamu dapat mengatur rambut dengan mudah serta dapat tampil dengan percaya diri.

  1. Shampoo Dan Conditioner Untuk Rambut Rusak

Sebaiknya kamu harus berhati-hati dalam memilih ataupun menggunakan produk untuk rambut kamu. Karena kebanyakan rambut yang rusak ini disebabkan oleh penggunaan produk rambut seperti shampoo dan conditioner yang berlebihan dan tidak sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, hindari penggunaan shampoo dan conditioner yang mengandung sodium laurel atau sulfat laureth, karena bahan tersebut dapat menghilangkan minyak alami dari rambut kamu, yang hal ini dapat menyebabkan kerapuhan pada rambut. Serta hindari juga mencuci rambut dengan air panas, karena hal ini tidak baik.

  1. Penggunaan Alat Styling

Jika kamu hobi dengan alat-alat styling seperti hair dryer, alat keriting ataupun catokan rambut, gunakanlah secara berhati-hati dan jangan terlalu keseringan. Karena hal ini dapat membuat rusak rambut kamu.

Jika kamu hendak menggunakan alat styling, pastikan sebelumnya kamu menggunakan serum atau vitamin rambut terlebih dahulu. Mengapa? Karena bahan-bahan tersebut dapat melindungi rambut kamu dari kerusakan alat styling. Dengan semprotan spray, membuat serum lebih cepat  meresap kebatang rambut dan tidak menjadikannya lepek ataupun berminyak.

  1. Memotong Rambut Secara Berkala

Jika rambut kamu memiliki komposisi yang kasar dan juga mudah bercabang pada ujung-ujungnya, maka hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah memotong rambut tersebut secara berkala. Karena jika rambut yang bercabang itu kamu biarkan, akibatnya akan merontokkan rambut serta menjadikan rambut kamu semakin tipis.

Kamu hanya perlu memotongnya sepanjang 1-2 cm saja, ini dilakukan supaya rambut yang bercabang ini hilang dan juga tidak menghambat pertumbuhan rambut yang kamu miliki.

  1. Lakukan Deteksi Dini Pada Rambut Yang Rusak

Apakah kamu memiliki rambut yang kering, kusam dan membuat kulit kepala terasa gatal? Jika iya, tidak usah khawatir, karena ada cara pencegahan kerusakan rambut secara dini yang cukup mudah untuk kamu lakukan.

Mulailah kebiasaan baru yang sehat dengan caramemilih  produk shampoo dan conditioner yang sesuai dan cocok untuk rambut kamu, gunakan alat styling yang dilengkapi dengan perawatan rambut serta jaga pola makan dan minum.

Nah, itulah 7 cara menanggulangi kerusakan rambut sejak dini yang bisa kamu terapkan. Toh walaupun wambut pasti tidak luput dari kerusakan, merawatnya adalah solusi terbaik agar rambut tetap sehat lebih lama. Pokoknya, merawat lebih baik dari mengobati. Merawat juga biayanya lebih murah ketimbang mengobati yang sudha terlanjur rusak.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut