Perawatan rambut rontok karena jilbab sedikit berbeda dengan perawatan rambut yang tidak mengenakan jilbab. Terutama perlakuan pada saat mengenakan jilbab. Bagi wanita berjilbab perawatan rambut membutuhkan perhatian ekstra karena rambut sering ditutupi dan tidak leluasa bernafas sehingga rambut menjadi lebih rapuh dan mudah rontok.

Cara Perawatan Rambut Rontok Karena Jilbab

Tentu berbeda dengan mereka yang tidak berjilbab. Rambut lebih mudah bernafas. Meski juga ada kekurangan bagi rambut yang tidak berjilbab, seperti misalnya lebih mudah kotor. Sehingga cara untuk mengatasi kerontokan rambut pada wanita yang berjilbab, juga berbeda dengan yang tidak. Meskipun kalau secara umum, cara mengatasinya sama. Yaitu mengatasinya dari dalam dan mengatasinya dari luar. Berikut ulasan lengkapnya:

  1. Memilih bahan jilbab yang tepat

Meski bukan penyeab utama kerontokan, tapi bahan jilbab yang tidak tepat akan memicu munculnya rambut rontok. Hal ini karena jilbab yang tidak tepat, misalnya kainya panas dan tak bisa menyerap keringat, akan menyebabkan rambut jadi lepek.

Bagi wanita berjilbab, lebih baik memilih bahan yang menyerap keringat dengan baik. Jadi saat rambut lepek dan lembab, maka kain akan menyerap keringat tersebut. Selain itu, pilihlah bahan yang juga memudahkan sirkulasi udara, agar rambut tidak cepat berkeringat.

  1. Jangan gunakan jilbab saat rambut masih basah

Biasanya dalam keadaan terburu-buru, sehabis mandi dan keramas, wanita akan langsung mengenakan jilbabnya. Pahahal ini adalah kebiasaan buruk dan sangat tak sehat untuk rambut. Rambut masih dalam keadaan basah.

Hal ini harus dihindari karena rambut basah yang tertutup akan menjadikan rambut menjadi lepek, lembab, bau, dan pastinya juga rontok. Untuk mengatasinya kamu bisa mengeringkan rambut kamu terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan kipas angin, atau dengan hair dryer juga bisa, namun tetap diatur suhunya agar rambut tidak rusak.

  1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Menggikat rambut memang memudahkan kita dalam melakukan aktivitas agar rambut tidak mengganggu. Terutama bagi kamu yang berjilbab, mengikat rambut akan membuat kamu lebih mudah mengatur jilbab kamu.

Namun, mengikat rambut dengan ikatan terlalu kencang bisa mengakibatkan rambut menjadi mudah rontok. Selain itu, pemakaian karet gelang untuk mengikat rambut juga perlu dihindari karena bisa membuat trauma pada kulit kepala dan rambut, sehingga khawatir rambut akan menjadi rontok parah

  1. Rutin berkeramas

Perawatan rambut rontok karena jilbab selanjutnya adalah rutin berkeramas. Jangan biarkan rambut kita belum dikeramas dalam waktu yang lama. Sebaiknya rutin berkeramaslah secara rutin dan teratur, karena dengan berkeramas akan mengurangi kotoran dan keringat yang menempel pada rambut, sehingga kerontokan rambut pun bisa diatasi.

Kamu bisa berkeramas minimal 3 hari sekali. Itupun juga harus melihat kondisi rambut kamu. Kalau terlalu kotor, ada baiknya langsung kamu keramasi. Tapi ingat pula, setelah berkeramas, jangan langsung mengenakan jilbab. Keringkanlah terlebih dahulu.

  1. Istirahatkan rambut

Setelah beraktivitas seharian dengan jilbab mungkin ada saatnya setelah di rumah kita bisa mengistirahatkan rambut kita dengan melepas jilbab. Namun sebaiknya jangan diikat, lebih baik diuraikan saja rambutnya. Dengan mengistirahatkan rambut, membuat rambut senantiasa lebih leluasa bernafas dan mengurangi lembab dan kerontokan rambut.

  1. Hindari penggunaan produk perawatan rambut dalam jangka waktu panjang

Sebaiknya jika kamu menginginkan rambut yang sehat dan indah, mulailah hindari dengan memakai perawatan rambut bahan kimia dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu seringnya penggunaan alat pengkriting atau catok juga bisa membuat rambut menjadi rusak dan rontok.

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Perawatan rambut bukan hanya dilakukan pada luar tubuh. Kamu juga bisa merawatnya dari dalam tubuh, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi untuk mendukung kesehatan dan keindahan rambut. Makanan yang dikonsumsi usahakan yang mengandung vitamin B-6, Vitamin B12, vitamin C, dan vitamin E, juga protein, dll.sehingga dengan begitu, rambut kamu akan semakin sehat, indah, kuat dan tidak rontok tentunya.

Nah demikianlah beberapa cara Perawatan rambut rontok karena jilbab yang bisa kamu lakukan dari dalam dan dari luar. Silahkan dicoba, semoga bermanfaat ..

Baca Juga : Perkembangan Hijab Dari Sebagai Indentitas Sampai Menjadi Trend Fashion

Baca Juga : 10 Tips Cantik Ala Citra Kirana, Ini Rahasia Cantiknya

Baca Juga : Foto Tutorial Hijab Paris Segi 4 Lengkap Dengan Cara Penggunaannya