Apakah kamu pemula yang masih belajar tentang bermakeup? Sebagai pemula kamu tidak perlu ragu dan bingung sobat. Meski makeup pada dasarnya memiliki aturan dasar yang perlu dikatahui, tingkat kreativitas juga sangat menentukan keberhasilan. Oleh karena itu, sejatinya para perias wajah memiliki cara tersendiri dalam merias wajah. Mereka selalu memasukkan pernilaian personal ke dalam nilai seni riasanya.

Langkah-Langkah Makeup Dasar Untuk Pemula

Nah, khusus bagi kamu yang baru saja memulai untuk merias wajah, berikut ada beberapa langkah dasar yang dapat kamu ikuti sebagai pemula dalam merias atau memberi makeup pada wajah.

  1. Gunakan moisturizer atau primer

Ketika kamu disuguhi oleh banyak alat make up untuk pertama kali, kamu pasti akan bingung mana yang harus kamu gunakan duluhan. Tapi tak perlu kawatir, pertama yang harus kamu lakukan saat merias wajah, yaitu menggunakan primer atau moisturizer terlebih dahulu sobat. Primer ini digunakan untuk membuat makeup yang dipakai menjadi tahan lama atau tidak cepat luntur. Selain itu juga menyamarkan pori-pori yang membesar dibagian wajah.

Penggunaan primer ini dimaksudkan pula untuk menjaga kelembapan pada kulit wajah kamu. Yang pasti kamu harus memilih antara menggunakan primer atau moisturizer yah, karena produk ini tidak baik jika digunakan bersamaan.

Baca Juga : 6 Pilihan Produk Makeup Untuk Wajah Berminyak Terbaik

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation dibawah 150 Ribu
  1. Pakai foundation

Memakai foundation pada saat merias wajah juga baik untuk menyamarkan dan menutupi kekurangan pada wajah. Gunakan foundation secara merata pada bagian wajah serta pilih yang sesuai dengan jenis dan warna kulit kamu.

Untuk membantu kamu menggunakan foundation, kamu dapat meratakannya dengan bantuan kuas makeup ataupun spons makeup agar foundation merata dengan sempurna. Hal ini dapat menghindari ketidakseragaman warna ataupun tekstur bermakeup pada wajah kamu sobat.

  1. Tambahkan concealer

Jika dengan penggunaan foundation ataupun makeup lainnya masih dirasa kurang, kamu dapat menggunakan concealer. Aplikasikan pada bagian wajah yang menurut kamu belum sesuai, biasanya concealer dipakai pada bagian lingkar hitam di bawah mata atau yang biasa disebut dengan mata panda. Selain itu concealer juga bisa dipakai untuk menyamarkan jerawat atau bekas jerawat.

Ingat, concealer tidak digunakan pada seluruh bagian wajah, karena memang concealer tercipta hanya untuk memberikan efek menyamarkan. Jika kulit wajah kamu merasa baik-baik saja, maka kamu tidak perlu menggunakan concealer.

  1. Pulaskan bedak

Setelah foundation dan concealer, saatnya memberikan bedak pada wajah kamu. Pulaskan bedak dengan kuas makeup atau spons bedak dengan merata dibagian wajah dan juga bagian leher jika tidak berhijab.

Untuk jenis bedaknya kamu dapat memilih sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan kamu. Dan jangan lupa pilihlah bedak yang sesuai dengan warna kulit kamu. Biasanya satu tingkat lebih cerah atau satu tingkat lebih gelap, bukan yang berwarna sama.

  1. Merias bagian mata

Setelah itu, kamu perlu ke tahap berikutnya, yaitu make up bagian mata. Arsir alismu dengan menggunakan pensil alis yang bisa kamu ikuti sesuai keinginanmu. Agar hasilnya sempurna dan indah, sesuaikan pula dengan bentuk wajah.

Setelah selesai merapikan alis, kamu dapat merias mata dengan polesan eyeshadow dan juga eyeliner. Bagi pemula sebaiknya kamu gunakan eyeshadow yang sesuai dengan gaya serta warna yang natural seperti coklat dan pastel. Gunakan maskara untuk membuat lentik bulu mata yang kamu miliki dan menjadikan sempurna mata kamu.

  1. Memberi sentuhan pada area pipi

Sekarang saatnya menghias area pipi, untuk membuat pipi kamu terlihat tirus, gunakan blush on. Karena fungsi blush on selain memberikan efek segar pada wajah, ternyata juga mampu menjadikan pipi kamu terlihat tirus sobat.

Kamu dapat menggunakan warna blush on yang gelap ataupun coklat pada tulang pipi, serta warna-warna cerah yang dapat memberikan efek lebih segar.

  1. Aplikasikan warna bibir

Terakhir, kamu dapat mengaplikasikan makeup pada bibir, yaitu dengan memberikan lipstik. Akan tetapi agar hasilnya sempurna, kamu perlu memberikan lipblam pada bibir kamu.

Setelah itu, untuk hasil yang tahan lama kamu juga dapat memakai lip liner. Dan gunakanlah lipstik yang kamu inginkan.

Baca Juga : Perkembangan Dunia Makeup Dari Masa Ke Masa