Rambut kamu kering? Ingin tahu cara perawatan rambut kering dan bercabang secara alami? Tahukah kamu kalau rambut kering termasuk tanda-tanda rambut rusak. Tentu kamu tidak mau kan, kalau rambut kamu rusak. Rambut kering bisa menyebabkan rambut menjadi bercabang. Nah, kalau kamu tidak mau rambut kamu makin rusak, tentu kamu harus segera mengambil langkah perawatan untuk rambut kamu. Usahakan perawatan secara alami ya, agar rambut kamu makin sehat. Penggunaan produk kimia yang berlebih berbahaya buat rambut kamu.

Cara Perawatan Perawatan Rambut Kering Dan Bercabang Secara Alami

Banyak faktor yang menjadikan rambut kamu kering, seperti kurangnya nutrisi pada rambut, sering gonta-ganti gaya rambut, seringnya memakai hairspray, penggunaan pewarna rambut, dan masih banyak lagi. Sebelum kamu melakukan perawatan secara alami, alangkah lebih baik jika kamu hindari terlebih dahulu faktor-faktor yang membuat rambut kamu kering. Setelah itu, kamu bisa coba perawatan rambut kering dan bercabang secara alami. Bagaimana cara perawatannya? Yuk, simak!

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memang banyak sekali khasiatnya, termasuk juga untuk mengatasi rambut kering dan bercabang. Cara penggunaannya cukup sederhana, setelah keramas terlebih dahulu dan membiarkan rambut kamu setengah basah, kamu oleskan minyak zaitun pada rambut kamu secara merata. Kamu juga bisa sedikit memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang 1 jam, lalu cuci sampai bersih.

  1. Menggunakan minyak kelapa

Kamu juga bisa menggunakan minyak kelapa untuk merawat rambut kamu yang kering dan bercabang. Cara penggunaannya pun sangat mudah. Seperti biasa, biarkan rambut kamu setengah basah setelah keramas, kemudian oleskan minyak kelapa pada rambut kamu sampai merata. Kamu juga bisa memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamkan lebih kurang 1 jam, kemudian cuci sampai bersih.

  1. Menggunakan minyak almond

Minyak almond juga bisa kamu gunakan untuk merawat rambut kamu yang kering dan bercabang. Caranya sama seperti menggunakan minyak zaitun dan minyak kelapa. Ya, setelah kamu keramas terlebih dahulu dan membiarkan rambut kamu setengah basah, kamu bisa langsung oleskan minyak almond pada rambut kamu sampai merata dengan sedikit memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamlan sekitar 1 jam, kemudian cuci rambut kamu sampai bersih.

  1. Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya juga bisa kamu gunakan untuk merawat rambut kamu yang kering dan bercabang itu. Seperti biasa, cuci terlebih dahulu rambut kamu sampai bersih dan biarkan setengah basah, kemudian oleskan jel lidah buaya pada rambut kamu sampai merata. Kamu juga bisa sedikit memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, kemudian cuci rambut kamu sampai bersih.

  1. Menggunakan masker madu

Sudah banyak yang tahu bahwa madu sangat banyak khasiatnya. Madu juga berkhasiat untuk membantu merawat rambut kamu yang kering dan bercabang lho. Cara perawatannya pun cukup sederhana. Seperti biasa, kamu bisa keramas terlebih dahulu dan membiarkan rambut kamu setengah basah. Kemudian, oleskan masker madu (yang terdiri atas campuran 2 sendok makan madu, 2 sendok makan yoghurt, dan perasan 1 buah lemon ukuran kecil) pada rambut kamu sampai merata dengan sambil memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamkan selama lebih kurang 15 menit, kemudian cuci srambut kamu sampai bersih.

  1. Menggunakan masker alpukat

Kamu bisa membuat masker alpukat dengan mencampurkan setengah sendok teh minyak zaitun pada buah alpukat yang sudah dihaluskan. Setelah kamu keramas terlebih dahulu dan membiarkan rambut kamu setengah basah, kamu bisa langsung oleskan masker alpukat tersebut pada rambut kamu sampai merata. Kamu juga bisa memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamkan selama sekitar setengah jam, kemudian cuci rambut kamu hingga bersih.

  1. Menggunakan masker pepaya

Untuk membuat masker pepaya, kamu cukup campurkan 2 sendok makan yoghurt pada beberapa potong pepaya yang sudah dihaluskan. Setelah kamu keramas dan membiarkan rambut kamu setengah basah, oleskan masker pepaya tersebut pada rambut kamu sampai merata sambil sedikit memijatnya pada bagian kulit kepala. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian cuci rambut kamu sampai bersih.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis - Jenis Rambut dan Perawatan Rambut

Baca Juga : Perawatan Rambut Kering, Kusam dan Rontok

Baca Juga : Perawatan Rambut Kering dengan Cara Tradisional