Spa atau Solus Per Aqua akhir-akhir ini menjadi pilihan relaksasi favorit bagi masyarakat perkotaan. Ritual memanjakan diri ini melibatkan elemen air ini terus berkembang dengan berbagai varian unik yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh kita untuk memikat konsumen.

Anda mungkin tidak akan menyangka bahwa kuda, kaktus, ular, ikan, dll  bisa  menjadi varian menarik spa yang  menimbulkan efek relaksasi. Banyak cara memanjakan diri dengan cara ekstrim yang mungkin belum pernah kita rasakan, nah dibawah ini akan diulas beberapa perawatan tubuh paling ekstrim di seluruh  dunia:

  1. Pijat kaktus

Mungkin aneh bagi telinga kita bahwa kaktus bisa digunakan untuk perawatan tubuh. Tapi memang benar seperti itu, salah satu relaksasi di Four Seasons Resort Punta di Mexico menyediakan layanan pijatan dengan menggunakan kaktus.

Pemijatan dilakukan menggunakan campuran gabah kaktus yang tidak berduri, bunga kaktus, pulque, dan alkohol yang terbuat dari  tanaman agave. Perawatan ini berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan menyegarkan kulit.

Baca Juga : 6 Cara Perawatan Tubuh Khusus Pria Agar Terlihat Tampan

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Tubuh Biar Putih Mulus Menggunakan Bahan Alami
  1. Pijat Ular

Selain pijat kaktus diatas, ternyata ada yang mungkin kedengarannya lebih aneh dan ngeri lagi yaitu pijat ular. Mungkin pertanyaan yang langsung muncul di benak kita, apa tidak berbahaya pijat dengan ular?

Sebuah rumah spa di Talmei Elazar, Israel, memiliki syandar pemijatan special yang sekaligus menyeramkan. Dalam spa yang bernama Carnivorous Plant Farm seorang terapi yang bernama Ida barak menggunakan ular untuk mengatasi rasa pegal pada otot dan juga menciptakan relaksasi. Ular yang digunakan adalah ular California yang tidak beracun dan ular raja Florida. Ular-ular tersebut akan merayap di bagian punggung Anda untuk menghilangkan pegal-pegal. Tetapi walau ular yang digunakan tidak beracun, perawatan ini harus didampingi oleh terapis yang benar-benar ahli.

  1. Facial Emas

Perawatan tubuh ekstrim selnjutnya adalah facial emas. Konon, demi mempertahankan kecantikan di wajahnya, Cleopatra tidur dengan menggunakan masker emas setiap hari.

Perawatan spa ala Ratu Mesir tersebut kini mulai banyak yang menggunakan. Perawatan itu menggunakan emas 24 karat yang berbentuk lembaran tipis seperti kertas, lalu lembaran tersebut diterapkan di wajah sebagai masker. Efek pelembab yang dihasilkan oleh masker diyakini akan membuat kulit lebih cerah dan kenyal.

  1. Pedikur Ikan

Pedikur ikan termasuk pada perawatan yang sudah cukup popular, baik di Eropa maupun di Indonesia. Biasanya perawatan ini menggunakan ikan jenis Garra Ruffa yang berasal dari Kota Kangal, Turki.

Ikan tersebut digunakan karena ikan Garra Ruffa tidak memiliki gigi sehingga tidak berbahaya dan makanannya adalah sel kulit mati manusia. Oleh karena itu, ikan ini cocok digunakan untuk mengatasi masalah kulit seperti eksim dan psoriasis.

  1. Reiki Kuda

Pernahkan Anda mendengar istilah Reiki? Ya, Reiki adalah konsep pengobatan tradisional Jepang yang memfokuskan keyakinan bahwa energy penyembuhan akan mengalir dari penyembuh ke pasiennya. Reiki ini dipercaya dapat memperbaiki ketidakseimbangan baik tubuh maupun jiwa.

Biasanya pada Reiki ini yang melakukan penyembuhan adalah seorang terapis. Tetapi pemilik peternakan Rockin Heart yang memiliki sertifikat master Reiki, Christina DiBartolo, percaya bahwa kuda mempunyai penyembuh bawaan, jadi ia melakukan penyembuhan dengan media kuda. Ia membimbing pasiennya untuk menaiki kuda agar kuda tersebut mengalirkan energy demi meredakan sakit secara fisik maupun emosi.

  1. Pijat Gondola

Mungkin ini terdengar aneh dan berbahaya, bagaimana anda bisa pijat di sebuah Gondola? Tapi memang benar-benar ada yang melakukannya. Cassanova Spa, di Hotel Cipriani, Italia menyediakan pijat Gondola untuk para pencari relaksasi yang tidak bisa pergi jauh. Layanan special tersebut dilakukan secara privat di salah satu laguna Venesia. Untuk melindungi kulit saat pijat, layanan ini menggunakan minyak khusus yang mengandung SPF.

  1. Antisauna di Gua Salju

Ruangan anti sauna yaitu tempat yang cocok untuk mendinginkan tubuh setelah sauna. Maka, subuah badai salju tiruan dibuat dalam ruangan untuk mendapatkan kesan gurun salju.

Banyak orang percaya jika suntikan suhu dingin yang ekstrim dapat membantu mengurangi hipertensi dan mengecilkan pori-pori terutama setelah berendam pada air hangat atau sauna. Perawatan ini sudah lumayan popular di Eropa, seperti yang terdapat di Butlins Ocean Spa, yang terletak di Bognor Regis, Sest Sussex, Inggris.

Nah demikianlah beberapa perawatan tubuh paling ekstrim yang pernah ada di dunia. Perawatan tersebut pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Semua pilihan dikembalikan pada diri kita masing-masing.

Baca Juga : Bentuk Perawatan Tubuh Sederhana Dirumah Yang Bisa Kamu Lakukan Sendiri