Perawatan Wajah

7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

perawatan wajah usia 40 ke atas

Setiap wanita pasti mengalami masa menopause dimana jumlah kolagen berkurang sekitar 1 persen. Biasanya itu terjadi sekitar usia 40 tahunan. Dampaknya, kulit menjadi lebih cepat keriput dan kering. Kulit juga akan menipis dan tidak lagi kencang.

Garis halus pun mulai terlihat. Oleh sebab itu, perawatan wajah usia 40 tahun keatas perlu dilakukan lebih ekstra terutama di bagian mata, bibir dan beberapa area sensitif lainya.

Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas

Perawatan yang bisa dilakukan antara lain rutin menggunakan pelembap, sunscreen, serum, membersihkan wajah, melakukan exfoliating dan lain-lain seperti berikut ini:

1. Rutin Menggunakan Pelembap atau Moisturizer

1. Rutin Menggunakan Pelembap atau Moisturizer - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Pelembap atau moisturizing bekerja untuk melembapkan kulit kamu terutama di bagian wajah sehingga lebih kenyal dan tidak mudah kering. Pelembap ini bisa digunakan setiap sehabis mandi atau boleh juga ditambahkan saat sebelum tidur.

Pilihlah pelembap yang mengandung formula hydrating karena di usia 40 tahun ke atas kulit akan lebih mudah kering.

2. Jangan Lupa Mengaplikasikan Sunscreen

2. Jangan Lupa Mengaplikasikan Sunscreen - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Selain itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen di area wajah setelah menggunakan pelembap atau moisturizer. Hal ini dilakukan untuk melindungi wajah dari efek buruk sinar matahari.

Jika tidak menggunakan skincare, sinar matahari akan menimbulkan flek hitam dan masalah kulit lainnya.

3. Tambahkan Serum Vitamin C dan A ke Daftar Skincare

3. Tambahkan Serum Vitamin C dan A 1 - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Sebenarnya, perawatan sejak dini juga sangat diperlukan seperti mulai menggunakan skincare sejak umur 20 tahun. Setelah umur mendekat 40 tahun, kamu bisa mengganti atau upgrade skincare khusus untuk anti aging.

Gunakan juga serum vitamin C yang dapat meningkatkan antioksidan di pagi hari dan melawan penurunan kolagen di malam hari. Vitamin C juga dipercaya dapat membantu menghilangkan flek hitam.

Selain itu, gunakan juga serum vitamin A yang bisa membantu memperbaiki kerusakan karena sinar matahari. Kamu juga bisa menggunakan serum khusus pada area mata seperti krim mata, karena area inilah yang lebih cepat muncul keriput.

Serum atau skincare yang mengandung vitamin C dan A ini sebaiknya digunakan saat malam hari sebelum tidur.

4. Lakukan Pijatan Kecil untuk Memperlancar Peredaran Darah

4. Lakukan Pijatan Kecil 1 - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Saat mengaplikasikan pelembap, serum atau jenis skincare lainnya, perawatan wajah usia 40 tahun keatas berikutnya adalah melakukan pijatan kecil di sepanjang garis dahi, hidung dan garis mulut.

Hal ini perlu dilakukan untuk memperlancar sirkulasi darah di area sekitar wajah. Pemijatan bisa dilakukan dengan tangan atau bisa juga dengan alat roll wajah.

5. Jangan Lupa untuk Membersihkan Wajah

5. Membersihkan Wajah 1 - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Kotoran, debu ataupun makeup yang menempel pada wajah akan mempercepat kerusakan atau penuaan pada kulit. Oleh karena itu, harus selalu dibersihkan agar pori-pori tidak tersumbat dan kulit bisa bernapas dengan bebas.

Membersihkan dan mencuci wajah bisa dilakukan setiap pagi dan malam hari atau setelah beraktivitas cukup lama di luar ruangan. Caranya bisa menggunakan kapas dengan cairan pembersih lalu lakukan double cleansing dengan facial foam.

6. Lakukan Exfoliating 2 Hingga 3 Kali Seminggu

6. Exfoliating - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Kulit orang dewasa menjadi cepat menebal dan kusam, selain itu pori-pori juga cepat membesar. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut kamu bisa melakukan exfoliating 2-3 kali dalam seminggu.

Exfoliating bisa dilakukan dengan facial scrub atau membuat scrub alami dari gula dan madu. Sebelum melakukan exfoliating, kamu juga bisa melakukan treatment uap air panas pada kulit wajah agar pori-pori lebih rileks.

Dengan begitu, hasil exfoliating menjadi lebih optimal dan sel kulit mati bisa mengelupas secara alami. Namun, perlu diperhatikan bahwa rutinitas exfoliating ini tidak boleh dilakukan pada kulit berjerawat karena bisa memperparah kondisinya.

Sebaiknya, rawat dulu jerawatnya hingga kempes dan mengering lalu setelah itu bisa melakukan exfoliating.

7. Pakai Makeup Dengan Benar

7. Pakai Makeup Dengan Benar - 7 Perawatan Wajah Usia 40 Tahun Keatas Yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Kulit yang menua juga akan semakin sulit saat mengaplikasikan makeup, jadi kamu bisa menggunakan primer terlebih dahulu. Penggunaan primer juga bisa menyamarkan masalah warna kulit tidak merata.

Sedangkan untuk blush, pilihlah warna peach atau pink yang lebih natural bagi wanita berumur 40 tahun ke atas. Meski pada usia ini mata akan lebih cepat keriput, kamu masih bisa menggunakan makeup di area tersebut asal tidak berlebihan.

Nah, itulah beberapa tips perawatan wajah usia 40 keatas yang sebaiknya kamu lakukan. Dengan begitu, kondisi kulit wajah kamu akan tetap terlihat muda.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén