Mempunyai rambut yang sehat dan indah merupakan dambaan bagi setiap manusia, terlebih rambut merupakan salah satu penunjang penampilan agar terlihat cantik dan menarik. Dengan mempunyai rambut yang sehat secara tidak langsung dapat menjadikan kita tampil lebih percaya diri. Aktivitas yang dilakukan setiap hari tanpa disadari atau tidak membuat rambut kita menjadi rusak. Rambut kering dan lepek merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada rambut. rambut kering dan lepek bisa kita atasi dengan melakukan perawatan rambut yang tepat dan juga memperbaiki aktivitas sehari-hari yang dapat meningkatkan kerusakan yang terjadi pada rambut. Pada pembahasan kali ini, kita akan memberikan beberapa tips perawatan rambut kering dan lepek yang dapat kamu lakukan agar rambut kembali sehat.

Perawatan Rambut Kering Dan Lepek

Begitu banyak cara melakukan perawatan rambut yang rusak, rambut kering terjadi karena rambut kekurang nutrisi sehingga rambut kehilangan kelembabanya serta diperparah dengan kebiasaan sehari-hari yang secara tidak langsung merusak rambut kita. Kebiasaan sehari-hari kita tidak hanya dapat merusak rambut namun dapat membuat rambut kita juga menjadi lepek, kusam dan sebagainya. Dibawah ini kita akan memberikan beberapa tips perawatan rambut kering dan lepek, untuk lebih lengkapnya yuk simak ulasannya.

  1. Keramas Menggunakan Shampoo Yang Tepat

Membersihkan rambut menggunakan shampoo merupakan salah satu cara dalam melakukan perawatan rambut kering dan lepek. Dengan shampoo yang tepat, selain membersihkan rambut kita juga dapat memulihkan rambut kita yang kering dan lepek. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan shampoo yang tepat, karena biasanya setiap orang berbeda-beda untuk cocok pada salah satu merek shampoo. Dengan menggunakan shampoo yang tepat, menjadikan rambut kembali lembab dan tidak lepek.

Baca Juga : 12 Produk Perawatan Shampoo Untuk Perawatan Rambut Rontok Parah

Baca Juga : 7 Cara Mudah Melakukan Perawatan Rambut Rontok dirumah Yang Dapat Kamu Lakukan
  1. Hindari Penggunaan Hair Dryer

Menggunakan pengering rambut dengan menggunakan hair dryer memang membuat rambut kita menjadi lebih cepat kering. Namun dibalik itu semua ada efek negatif jika kita sering menggunakan hair dryer, rambut menjadi kering dan lepek menjadi efek negatif yang ditimbulkan ketika kita sering menggunakan hair dryer. Untuk itu pada saat melakukan perawatan rambut kering dan lepek baik hindari penggunaan hair dryer untuk memulihkan rambut kita yang rusak. Gunakan handuk untuk mengeringkan rambut secara alami, tekan dengan lembut handuk pada bagian kepala dan rambut secara teratur sampai rambut menjadi lebih kering. Cara ini lebih baik dari pada mengunakan hair dryer karena tidak menimbulkan efek negatif.

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Rambut kering kering dan lepek terjadi karena rambut kekurangan nutrisi dan vitamin pada rambut, ditambah aktivitas kita yang membuat rambut menjadi lepek dan kering. Menggunakan minyak zaitun dapat menjadi solusi bagi kita untuk melembabkan rambut, kandungan yang terdapat pada minyak zaitun dapat memberi nutrisi pada rambut sehingga rambut akan kembali lembab dan tidak lepek. Dengan kita rutin menggunakan minyak zaitun rambut juga akan lebih kuat tidak mudah rontok. Proses pemakaian minyak zaitun untuk perawatan rambut kering dan lepek juga sangat mudah yaitu kita tinggal mengoleskan minyak zaitun pada rambut dan kulit rambut kita, pijat secara perlahan, diamkan beberapa saat kemudian bilas bersih rambut kita, mudah sekali kan?

  1. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Rasanya kurang lengkap deh klo melakukan perawatan rambut tidak menggunakan lidah buaya. Kandungan yang terdapat padah buaya terbukti ampuh untuk melakukan perawatan rambut. menggunakan gel lidah buaya dapat menjadi salah satu solusi untuk memulihkan rambut kering dan lepek, cara penggunaannya juga cukup mudah kok yaitu pisahkan gel lidah buaya pada daging lidah buaya, kemudian oleskan pada rambut dan kulit rambut kita, setelah itu diamkan beberapa saat dan keramas menggunakan shampoo untuk menghilangkan sisa kotoran dan aroma dari lidah buaya tersebut.

  1. Hindari Menggunakan Cat Rambut

Mengecat rambut memang membuat rambut kamu terlihat lebih cantik dan indah, namun bahan kimia yang terkandung dalam cat rambut dapat merusak rambut. Kerusakan rambut yang diakibatkan oleh cat rambut menjadikan rambut kering dan lepek, oleh sebab itu hindari mengcat rambut jika rambut kita tidak ingin rusak dan lepek karena dampak dari cat rambut merusakan rambut kita. Dengan rambut yang natural tanpa menggunakan cat rambut juga bisa terlihat indah kok jika kita pandai merawat rambut kita.

  1. Hindari Menggunakan Catokan Rambut

Meluruskan rambut menggunakan catokan rambut memang memudahkan kita untuk mendapatkan rambut lurus dengan mudah. Namun dibalik itu panas yang dihasilkan dari catokan rambut dapat merusak rambut kita lho, rambut rusak yang sering terjadi akibat catokan tersebut yaitu rambut menjadi kering dan lepek. Oleh sebab itu hindari menggunakan catokan pada saat melakukan perawatan rambut rusak kering dan lepek ya jika tidak ingin rambut kamu lebih rusak.

  1. Hindari Istirahat Atau Tidur Pada Saat Rambut Masih Basah

Seharian beraktivitas pastinya membuat tubuh menjadi lelah, bersistirahat tentunya menjadi solusi agar tubuh menjadi bugar kembali. Namun yang perlu diperahatikan sebelum beristirahat rambut harus kering terliebih dahulu, hal ini dimaksud agar rambut tidak menjadi lepek dan kering. Aktivitas pada saat beristriahat dengan rambut yang masih basah menyebabkan rambut menjadi rusak dan lepek, untuk itu hindari rambut masih basah ketika akan beristirahat atau tidur.

  1. Memotong Rambut Secara Berkala

Rambut memang menjadi salah satu penunjang penampilan kita, berganti model rambut secara berkala dapat menjadikan kita terlihat lebih cantik dan berbeda dari sebelumnya. Namun tidak sampai disitu, dengan memotong rambut secara berkala juga dapat meminimalisir kerusakan rambut kita lho. Memotong rambut secara berkala dapat mengurangi kerusakan rambut kering dan lepek, untuk itu selain dapat mengurangi kerusakan rambut dengan memotong rambut juga dapat menjadikan kita lebih cantik tentunya.

Nah itu dia 8 tips melakukan perawatan rambut kering dan lepek yang dapat kamu coba dalam mengurangi kerusakan rambut. semoga informasi ini bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan selanjutnya.

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rusak Kering Dan Mengembang Yang Dapat Kamu Coba