Pada jaman sekarang, perawatan tubuh sederhana di rumah bisa jadi alternatif yang sangat baik bagi kaum hawa. Selain bisa kamu lakukan kapan saja, dana yang kamu keluarkan juga tidak terlalu banyak. Di rumah, kamu bisa melakukan perawatan tubuh seperti luluran maupun bentuk perawatan lain.

Terlebih, perawatan tubuh yang kamu lakukan di rumah berarti pula kamu menggunakan bahan yang sepenuhnya pilihan kamu. Kamu bebas memilih bahan alami maupun yang modern. Sehingga kamu bisa menyesuaikan pula, lama perawatan yang bakal kamu lakukan dengan hasil yang ingin kamu capai. Tetapi terkadang, kebanyakan wanita bingung, apa bentuk perawatan tubuh yang bisa dilakukan di rumah. Lalu juga banyak yang bingung bagaimana cara melakukanya.

Bentuk Perawatan Tubuh Sederhana di Rumah

Nah, bagi kamu yang kebingungan memilih bentuk perawatan tubuh sederhana di rumah yang paling tepat, berikut beberapa bentuk dan cara perawatan tubuh yang bisa kamu pilih:

  1. Luluran diakhir minggumu

Exfoliating atau luluran idealnya dilakukan setiap seminggu sekali. Dimana waktu yang tepat adalah di akhir pekan yaitu sabtu dan minggu. Bahan yang digunakan untuk mebuat lulur di rumah juga sangat bervariasi. Salah satunya dapat dibuat dengan menggunakan gula pasir, garam laut atau bubuk kopi. Ketiga bahan tersebut dapat membantu menggantikan sel kulit mati yang menumpuk dipermukaan kulit sehingga menghasilkan kulit yang lebih cerah dan sehat.

Baca Juga : Perawatan Tubuh Agar Tetap Fit Hanya Dengan 15 Menit Olahraga
  1. Buat kulit nampak bercahaya

Kulit bercahaya tidak hanya untuk wajah saja namun akan terlihat lebih sempurna jika seluruh tubuh terlihat putih bercahaya. Untuk membuat kulit seperti itu dapat dengan melakukan perawatan menggunakan lulur yang terbuat dari minyak kelapa, gula, dan lemon. Minyak kelapa membantu melembabkan kulit, sementara gula pasir dan lemon menghapus sel kulit yang sudah kering atau mati. Akan lebih maksimal jika dilakukan pada musim panas. Bahan-bahan tersebut juga dapat digunakan untuk seluruh tubuh.

  1. Gunakan hand body lotion secara rutin

Mengapa harus menggunakan hand body lotion? karena hand body lotion dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Penggunaannya juga dapat dilakukan dengan mudah, meski lebih baik jika digunakan secara rutin setiap hari terutama untuk kalian yang berada di ruangan ber ac dan di luar ruangan yang terkena paparan sinar matahari secara langsung.

  1. Berendam

Berendamlah menggunakan air hangat atau panas sesuai dengan selera kamu saja. Ketika berendam siapkan pula lilin, musik-musik relaksasi, atau bisa pula sambil menikmati jus dan mendengarkan musik favorite. Hal tersebut bertujuan untuk menambah efek relax dan tenang selama kamu berendam. Sehingga selesari bernedam kamu jadi makin terlihat fresh.

  1. Gunakan garam mandi dan minyak esensial ketika mandi

Menggunakan garam mandi dan minyak esensial yang dicampurkan ke dalam air, dapat meningkatkan kualitas mandi kamu dan memberikan manfaat aromaterapi. Selain dengan menambahkan garam mandi dapat pula ditambahkan dengan bahan-bahan untuk spa yang dapat dibuat sendiri seperti ditambah dengan susu, minyak almond dan minyak jojoba yang dapat mebuat relaks.

  1. Body scrube

Walaupun membutuhkan waktu yang lama namun cara penggunaannya dapat dilakukan disela-sela penggunaan perawatan yang lain misalnya sembari menggunakan masker wajah dan hairmask. Karena body scrube ini dilakukan sendiri di rumah pastinya ada bagian yang tidak dapat dijangkau oleh tangan kita misalnya punggung. Jangan khawatir karena di rumah kita dapat meminta bantuan kepada ibu atau saudara perempuan kita dirumah. Pilihlah body scrube yang fungsinya untuk melembutkan dan membuat badan beraroma.

  1. Membersihkan lutut, siku dan ketiak

Lutut dan siku mempunyai warna kehitaman sedangkan ketiak merupakan bagian yang sensitive sehingga dalam bagian itu memerlukan hal yang khusus. Namun jangan khawatir karena masalah lutut dan siku dapat diatasi dengan menggunakan alpukat yang sudah matang. Ambil kulit buah alpukat, sesi dalam kulit digosok-gosokkan pada siku dan lutut. Sedangkan untuk ketiak dapat dibersihakn dengan mengoleskan seujung jari pasta gigi. Sebelum dioleskan bersihkan bulu ketiak terlebih dahulu kemudiak gosok-gosok dan lakukan ini setiap kali kamu mandi secara rutin.

Bagaimana? kamu sudah melakukan salah satu bentuk perawatan tubuh sederhana di rumah di atas? tentu sebagian besar perempuan pasti sudah pernah melakukanya. kamu tinggal sesuaikan saja mana yang jadi kebutuhan kamu.

Baca Juga : Perawatan Tubuh Pada Zaman Dahulu dan Tips-Tipsnya

Baca Juga : Perawatan Tubuh Agar Cepat Gemuk