Make up merupakan kebutuhan yang cukup penting bagi kaum hawa, setidak suka apapun wanita pada make up, pasti suatu saat nanti mereka akan menggunakannya juga. Berikut ada beberapa tips dalam berdandan ataupun merias wajah dengan make up yang di sesuaikan dengan event.

  1. Event meeting atau pertemuan bisnis

Untuk menjaga penampilan kamu dalam event meeting atau pertemuan bisnis. Sebaiknya kamu menggunakan make up yang ringan namun terlihat elegan dan cantik. Misalnya dengan menggunakan foundation liquid (cair) secara tipis, lalu mengaplikasikan compact powder (bedak padat) ataupun loose powder (bedak tabur), kemudian tambahkan sedikit eyeliner dan maskara agar mata terlihat menonjol. Paling peting yang jangan terlewatkan yaitu membentuk alis secara natural namun terlihat rapi, hal ini dikarenakan alis merupakan bingkai wajah. Jangan lupa tambahkan juga sedikit blush on (perona pipi) dan gunakan lipstik dengan warna bernuansa pastel (coklat) atau pink (merah muda). Dapat juga mengaplikasikan counturing wajah, yaitu menambahkan shading pada hidung dan pipi secara halus dan tipis agar tetap terlihat natural. Hal ini berguna agar kamu terlihat lebih dewasa.

Baca Juga : Perkembangan Dunia Makeup Dari Masa Ke Masa
  1. Event Tunangan dan Pre Wedding

Merias wajah dalam acara pertunangan ataupun pre wedding haruslah disesuaikan dengan tema yang kamu gunakan. Pakailah foundation (alas bedak) dan bedak  sesuai dengan jenis dan warna kulit, kemudian hiasi mata dengan eyeshadow yang disesuaikan dengan tema dan eyeliner untuk memberikan efek mata lebih besar. Untuk alis mata, pengaplikasiannya lebih jelas dan lebih berbentuk. Berikan sentuhan warna pada bibir, warna lipstik disesuaikan dengan tema. Kamu juga dapat menambahkan blush on untuk memberikan efek merona pada pipi. Untuk counturing kamu bisa mengaplikasian shading dan tint, shading pada hidung untuk memberikan efek hidung mancung dan shading pada pipi dan rahang agar menegaskan bentuk wajahmu. Tint dapat kamu aplikasikan pada daerah kantung mata atau tulang pipi atas agar memberi efek kamu terlihat lebih muda dan mensamarkan kantung mata.

  1. Event pernikahan

Biasanya make up yang digunakan dalam acara pernikahan lebih terlihat tebal, tegas dan juga mencolok, namun ada juga yang memilih jenis make up pernikahan yang natural soft namun tetap terlihat cantik. Untuk riasan natural hampir sama dengan event tunangan ataupun pre wedding namun diberi penekanan pada riasan bagian mata.

Untuk tema modern kamu dapat mengaplikasikan make up sesuai dengan jenis warna kulit dan juga tema warna busana dan aksesoris, yang terpenting terlihat cantik. Untuk tema tradisional biasanya beberapa daerah di Indonesia sudah mempunyai pakem untuk hiasan wajahnya. Misalnya pengantin Jawa untuk hiasan matanya lebih bernuasa kehijauan dan untuk pengantin Sunda bernuansa kekuningan. Kamu dapat meggunakan lipstik yang berwarna terang dan cerah agar terlihat lebih segar. Biasanya lipstik yang digunakan adalah warna merah, merah tua dan merah muda. Pengaplikasian eyeliner bisa lebih jelas, pembentukan alis lebih jelas dan tegas namun pada pangkal alis tetap harus dibaur dengan halus, dan blush on yang membuat cerah wajah kamu.

Counturing  dan tint yang diaplikasikan harus lebih diperhatikan, disesuaikan dengan bentuk wajah, sebisa mungkin dapat memberikan efek wajah menjadi oval (bentuk wajah yg sempurna).

  1. Event Pesta

Dalam berpesta tentunya banyak wanita yang ingin berpenampilan glamour, apalagi jika pestanya bersemarak, dan bertema garden party ataupun international party serta sesuaikan dengan waktu pesta apakah siang ataupun malam.

Untuk merias wajah kamu gunakan make up yang sedikit tebal dari acara seperti biasanya, namun tetap disesuaikan dengan tema pesta. Kamu dapat memakai bedak yang cocok untuk kulitmu dan riasan mata seperti eyeshadow, eyeliner dan maskara yang memiliki warna menyala dan sesuaikan dengan pakaian yang kamu kenakan. Tambahkan blush on pink muda serta lipstik dengan warna bernusa merah atau merah muda, agar kamu terlihat cantik dan cerah saat befoto.

Apakah make up sesuai event di atas bisa diterapkan pada semua umur atau usia? Secara umum iya. Sebab umur biasanya mempengaruhi di mana wanita bergaul. Sehingga menentukan pula event apa yang akan di datangi. Jika masih penasaran, baca juga artikel yang lain tentang make up sesuai usia kamu.

  • Event Wisuda

Berhubung wisuda biasanya diadakan di siang hari, pilihlah make up natural jangan terlalu tebal tapi tidak terlalu pucat juga. Untuk event wisuda make up lebih ditekannkan pada bagian mata, eyeshadow sesuaikan dengan warna baju tapi jangan mencolok. Amannya lebih baik menggunakan warna nut atau smoky eyes. Jangan gunakan bulu mata yang terlalu tebal dan panjang. Gunakan lipstik dan blush on yang soft di kulit kamu, namun tetap mencerahkan wajah seperti warna pink.

  • Event Untuk Kuliah

Untuk kamu anak kuliahan, pilihlah make up yang natural saja dan jangan terlalu tebal. Gunakan bedak yang sesuai dengan jenis dan warna kulitmu, ratakan pada bagian wajah dan juga leher secara tipis-tipis.

Gunakan eyeliner warna coklat atau hitam dengan pengaplikasian tipis. Untuk Eyeshadow kamu bisa gunakan satu warna yaitu cokelat muda yang seperti warna kulit kamu. Kemudian kamu dapat menambahkan lipstick warna pastel, agar lebih berkilau tambahkan sedikit lipgloss di bibirmu. Hidari warna – warna yang terang dan mencolok untuk wajahmu ya.

  • Event Aktivitas Sehari-hari

Agar tidak terlihat pucat dan kusam saat melakukan aktivitas sehari-hari. Pakailah pelembab dan bedak tabur yang warnanya sesuai dengan kulitmu. Tambahkan riasan mata seperti eyeshadow dan eyeliner namun jangan terlalu mencolok yah. Gunakan eyeshadow warna coklat muda dan eyeliner jenis pensil saja.

Untuk membuat bibir kamu terlihat cantik, gunakan warna bibir coklat muda atau pastel jika berkulit gelap. Untuk yang kulitnya terang cocok untuk dengan warna beige, pink, dan merah bata lalu oleskan tipis-tipis.

Baca Juga : Panduan Makeup Natural Orang Indonesia Sesuai Dengan Jenis Warna Kulit

Baca Juga : Cara Makeup Natural Tanpa Foundation Biar Tampil Lebih Cantik