Melakukan aktifitas diruang yang ber-AC sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, apalagi bagi mereka yang berada didaerah yang panas. Baik berkerja maupun bersantai berada ditempat yang sejuk memang membuat kita lebih betah, namun taukah kamu jika terlalu sering berada dalam ruangan yang ber-AC dapat memicu kerusakan rambut dan kulit?. Hembusan angin yang dihasilkan oleh AC menarik kelembaban yang beraada dalam rambut, sehingga rambut yang tadinya lembab menjadi kering. Untuk itu tidak heran jika kita sering melakukan aktifitas didalam ruangan yang ber AC rambut dan kulit kita menjadi kering. Untuk itu kami berikan tips cara melakukan perawatan rambut kering karena AC, yuk simak selengkapnya.

Perawatan Rambut Kering Karena AC

  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Kerusakan rambut karena AC terjadi karena kelembaban rambut hilang karena AC menyerap kelembaban yang berada diruangan tersebut. Kandungan didalam minyak zaitun terdapat vitamin E dan antioksidan yang baik memberi nutrisi untuk rambut. Dengan menggunakan minyak zaitu, dapat menjadikan rambut kita terjaga akan kelembabanya. Cara penggunaannya juga cukup mudah yaitu, siapakan satu sendok makan minyak zaitun, lalu hangatkan minyak zaitun tersebut (jangan terlalu panas), lalu oleskan minyak zaitun kerambut dan dan kulit rambut, pijat dengan lembut agar meresap kedalam kulit rambut, lalu bungkus rambut menggunakan plastik dan handuk hangat, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas bersih. Lakukan hal tersebut dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 3 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok Hingga Akar
  1. Banyak Minum Air Putih

Ketika kita melakukan aktifitas didalam ruang ber-AC baiknya kita sering-sering mengkonsumsi air putih. Selain air putih baik untuk tubuh kita, air putih juga berguna menjaga kelembaban tubuh dan rambut kita. Dengan banyak mengkonsumsi air putih secara tidak langsung kita menjaga kelembaban tubuh dan rambut kita agar tetap terjaga kelembabnya.

  1. Menggunakan Masker Pisang

Buah pisang selain baik dikonsumsi untuk tubuh, buah pisang juga baik buat rambut kita. Caranya yaiut pisang digunakan menjadi masker rambut. Kandungan vitamin A dan vitamin C yang terdapat dalam pisang, baik untuk menjaga kelembaban rambut kita. Cara membuat masker pisang juga tidak terlalu sulit yaitu siapkan 1 atau 2 buah pisang yang sudah masak, lalu haluskan buah pisang tersebut, kemudian campur buah pisang yang sudah dihaluskan tadi dengan minyak almond atau minyak kelapa, oleskan pada rambut dan kulit kepala, kemudian diamkan selama 30 menit agar meresap kedalam kulit kepala dan rambut, setelah itu bilas dengan bersih.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memang sangat baik untuk rambut. Kandungan asam amino, mineral dan vitamin yang terdapat dalam lidah buaya membantu kita dalam melakukan perawatan rambut kering. Jika dilakukan dengan rutin sudah tentu mendapatkan hasil yang maksimal dan terbebas dari kerusakan rambut. Cara menggunakanya lidah buaya untuk rambut ini juga cukup mudah yaitu potong daun lidah buaya, lalu belah lidah buat tersebut, oleskan daging lidah buaya yang sudah dipotong ke rambut, lalu diamkan beberapa saat agar menyerap ke rambut dan kulit rambut, terakhir bilas rambut hingga bersih. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Menggunakan Buah Alpukan dan Telur

Buah alpukat sering dikonsumsi dalam bentuk jus minuman atau sayur, namun buah alpukat juga bisa berfungsi menjadi bahan untuk perawatan rambut juga lho. Kandungan mineral, protein, asam lemak esensial, vitamin A dan E sangat baik untuk rambut. Cara menggunakannya juga cukup mudah, pertama sediakan 1 atau 2 buah alpukan yang sudah masak dan 1 buah telur, lalu belah kedua buah apukat tersebut untuk diambil dagingnya, kemudian tumbuk halus dengan dicampur telur, oleskan bahan tersebut ke rambut dan kulit rambut, diamkan sampai 30 menit, lalu bilas rambut anda hingga bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Walaupun kita sering beraktifitas didalam ruangan yang ber-AC namun menjaga tubuh jangan dilupakan ya, karena dibalik sejuknya udara AC tersimpan efek negatifnya juga. Semoga tips cara melakukan perawatan rambut kering karena AC ini bisa bermanfaat ya.

Baca Juga : Perawatan Rambut Rontok Pasca Melahirkan
Baca Juga : Tips Cantik Walaupun Gendut