Merawat rambut walau terlihat sederhana tapi prakteknya tidak mudah. Survei membuktikan, kondisi rambut sangat mempengaruhi suasana hati. Baik wanita maupun pria, ketika memiliki rambut sehat dan bebas dari masalah rambut, mereka akan merasa percaya diri dalam bersosialisasi.

Sebaliknya, mood akan mudah naik turun bila penampilan rambut tidak sesuai keinginan.  Jangan biarkan prestasimu terganggu hanya karena rambut kering, rambut mudah rontok, ketombe bertebaran, rambut terlihat lepek berminyak, apalagi rambut beruban sedang usia belum senja hingga parahnya kulit kepala terlihat botak bahkan sudah botak.

Niat hati ingin menarik perhatian orang dan bos di tempat kerja, tapi rambut terlihat megar, beruban hingga terlihat botak. Atau ingin terlihat menarik depan gebetan dan juga teman – teman yang lagi nongkrong, tapi ketika lewat depan mereka, ketombe dan kutu rambut tiba – tiba jatuh tersapu angin. Seketika terasa hidup segan mati pun tak mau.

Tak ingin kejadian buruk seperti itu terjadi, mulai dari sekarang, anda harus mulai peduli untuk merawat kesehatan kulit kepala dan rambut anda. Bukan untuk menarik perhatian banyak orang saja, tapi lebih kepada kesehatan rambut itu sendiri. Bila perkara merawat kulit kepala dan rambut saja anda abaikan, sudah pasti saat ini anda memiliki masalah kesehatan lambung. Sebab kesehatan lambung terkait dengan kesehatan rambut. Percaya atau tidak. Bila asam lambung anda berlebih dan naik sampai dada, ataupun kerongkongan, dapat dipastikan kulit kepala jadi panas. Bila kulit kepala panas, rambut menjadi mudah rontok, lepek berminyak dan ketombe.

Berdasar istilah kesehatan, rambut atau sering disebut bulu adalah organ seperti benang yang muncul dari epidermis (kulit luar), walau berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis. Rambut juga menjadi bantalan untuk melindungi kulit dari luka.

Setiap helai rambut terdiri dari tiga lapisan, yakni medula di tengah, korteks yang melingkari medula dan keduanya bagian utama rambut. Lalu ada kutikula yaitu bagian luar yang keras, bertugas melindungi batang rambut.

  • Hair shaft atau batang rambut

Bagian rambut yang menonjol keluar dan berada di atas permukaan kulit.

  • Arrector pili muscle atau otot arektor pili

Otot kecil yang menempel di folikel rambut

  • Sebaceous gland atau kelenjar minyak

Adalah kelenjar mikroskopis yang memiliki peranan mengeluarkan sebum (minyak) dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kuman

  • Hair follicle atau folikel rambut

Kantung kecil, rumah bagi satu helai akar rambut

  • Hair bulb atau bulbus rambut

Bagian akar yang menggelembung dan mengandung sel aktif pembentuk rambut

  • Hair papilla atau papila rambut

Bagian rambut  yang berada di paling bawah bertugas menerima nutrisi dari folikel.

Di  hair papilla inilah sesungguhnya rambut tumbuh.

  • Hair shaft atau batang rambut

Bagian rambut yang menonjol keluar dan berada di atas permukaan kulit.

  • Arrector pili muscle atau otot arektor pili

Otot kecil yang menempel di folikel rambut

  • Sebaceous gland atau kelenjar minyak

Adalah kelenjar mikroskopis yang memiliki peranan mengeluarkan sebum (minyak) dan berfungsi sebagai perlindungan terhadap kuman

  • Hair follicle atau folikel rambut

Kantung kecil, rumah bagi satu helai akar rambut

  • Hair bulb atau bulbus rambut

Bagian akar yang menggelembung dan mengandung sel aktif pembentuk rambut

  • Hair papilla atau papila rambut

Bagian rambut  yang berada di paling bawah bertugas menerima nutrisi dari folikel.

Di  hair papilla inilah sesungguhnya rambut tumbuh.

Proses Pertumbuhan Rambut

Dimulai dari pembentukan sel-sel baru di bagian akar rambut. Sel-sel tersebut membentuk batang yang kemudian tumbuh ke luar kulit. Saat tumbuh ke luar, sel-sel ini mulai berhenti menyerap nutrisi dan memproduksi keratin (sejenis protein). Lantas proses ini disebut keratinisasi. Saat keratinisasi terjadi  sel-sel rambut mati kemudian membentuk batang rambut.

Dalam satu bulan, satu helai rambut tumbuh sepanjang 6 milimeter dan terus tumbuh hingga 6 tahun. Kemudian dalam proses tumbuhnya, rambut akan rontok dengan sendirinya dan digantikan oleh rambut baru.

Panjang rambut tumbuh tiap orang berbeda tergantung pada fase pertumbuhan folikelnya. Folikel rambut aktif sekitar 2 hingga 6 tahun, lantas beristirahat  dari kerjanya selama 3 bulan penuh. Bila folikel aktif tak lagi memproduksi rambut baru, maka kebotakan akan terjadi.

Pola makan sehat, gaya hidup sehat dengan tidur cukup dan tidak stres berlebihan juga daya tahan tubuh yang dijaga tetap bugar, dapat membantu laju pertumbuhan dan kualitas rambut.

Mineral Nutrisi Mempengaruhi Tumbuh Rambut

Asupan nutrisi mineral juga memiliki peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan rambut secara keseluruhan. Nutrisi mineral seperti gelatin , keratin , vitamin E, dan berbagai mineral lain akan membuat rambut sehat, tebal, dan tidak mudah rontok.

Banyak orang beranggapan menggunakan shampo dan kondisioner dapat menjaga kondisi rambut selalu sehat, terutama jika memiliki rambut panjang. Namun pada dasarnya hal tersebut tidak benar, sebab tingkat pertumbuhan rambut dibatasi oleh pembelahan sel.

Rambut Tiap Orang Berbeda

Pertumbuhan rambut tiap orang beda, begitu pula dengan ketebalan rambut yang dimilki. Rambut tebal berasal dari folikel besar,  rambut tipis memiliki folikel kecil.

Tekstur rambut lurus, ikal, atau keriting, ditentukan oleh bentuk lubang folikel di permukaan kulit dan penyebaran keratin.

Warna asli rambut tiap orang juga beda tergantung pada jumlah dan penyebaran melanin di korteks. Rambut pirang atau merah pertanda jumlah melanin sangat sedikit. Semakin banyak melanin, rambut semakin gelap. Jika kehilangan melanin, rambut akan mulai beruban. Rambut pirang atau kemerahan, tpikal rambut yang lama beruban. Hayo, jangan iri.

Sebelum memulai melakukan perawatan rambut, terlebih dahulu anda harus mengenali jenis rambut seperti apa yang anda miliki supaya tidak salah dalam membeli produk perawatan rambut. Salah dalam penanganan rambut, efek terburuk yang didapat selain rontok parah hingga penipisan adalah kebotakan. Jangan sampai hal itu terjadi dengan simak info berharga berikut :

Cara Mengetahui Jenis Rambut

  • cuci rambut dengan shampo, lalu keringkan dengan tepuk handuk pelan
  • ambil tisu dan tekan pada kulit kepala
  • jika pada tisu terdapat minyak, berarti rambut anda jenis berminyak, namun bila tidak ada minyak, jenis rambut anda kering

Jenis-Jenis Rambut

Rambut Normal

Jenis rambut ideal karena kuit kepala mengeluarkan minyak sesuai kebutuhan.

Ciri rambut normal :

  • Terlihat berkilau jika di bawah sinar matahari
  • Mudah disisir dan tidak gampang kusut
  • Tekstur kuat namun lembut
  • Tidak mudah rontok, pecah-pecah dan bercabang

 Rambut Kering

Kelenjar lemak pada kulit kepala terbatas sehingga rambut kekurangan lemak, yang berfungsi melembutkan rambut.

Masalah rambut kering biasanya terjadi karena menyisir rambut saat basah, terlalu sering menggunakan hair dryer, terlalu lama terkena terik matahari, salah pilih sampo yang tak sesuai jenis rambut, terlalu sering ngucir rambut, menggunakan pewarna rambut kimiawi, kurang asupan nutrisi dan jarang olahraga dan minum air putih.

Ciri rambut kering :

  • Tampak kusam dan mudah kusut
  • Sulit disisir
  • Mudah rontok, mudah patah, ujung rambut bercabang dan pecah – pecah

Rambut Berminyak

Rambut berminyak juga dapat mempengaruhi penampilan wajah. Kulit wajah bisa terlihat kusam dan berminyak. Kulit kepala mengeluarkan minyak berlebih karena ketidakseimbangan aktivitas kelenjar sebaceous yang memproduksi sebum. Sebum adalah lapisan lilin minyak pada kulit. Sebum yang berlebih yang menyebabkan kulit kepala berminyak dan memudahkan debu serta kotoran nempel di kulit kepala yang jika tidak dibersihkan dengan bersih, akan berkerak dan menjadi ketombe.

Penyebab rambut berminyak antara lain, jarang keramas, mengikat rambut saat basah, konsumsi makanan berlemak, sering mengecat rambut berbahan kimia, sering melakukan penataan rambut (cantok, smoothing, rebonding, hair ekstension), terlalu lama terkena terik matahari, hormone, genetic (keturunan), stres dan terlalu sering menyisir.

Ciri rambut berminyak :

  • Terlihat lengket, lepek dan tipis
  • Cepat kotor , bau dan banyak debu menempel
  • Cenderung berketombe

Rambut kombinasi (kering & berminyak) 

Hal ini sering terjadi pada rambut panjang  karena minyak alami kulit kepala (sebum) tidak mencapai seluruh rambut.

Ciri rambut kombinasi :

  • Kulit kepala berminyak, ujung rambut kasar, kering, mudah patah & bercabang
  • Jenis rambutnya sangat halus (tipis)
  • Kulit kepala gampang keringetan

Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat dan Berkilau

Dimulai dari kulit kepala

Cara merawat rambut agar indah dan berkilau dimulai dari kulit kepala. Mengapa? Karena, folikel rambut dipengaruhi oleh kesehatan dan pasokan darah dari jaringan kulit.

Ahli kimia kosmetik menyarankan untuk memilih produk perawatan rambut yang mengandung fatty alcohol atau bertuliskan myristyl, cetyl, dan stearyl. Jangan lupa keramas tiap dua atau tiga hari sekali dan pijat kulit kepala selama 30 detik.

Memijat kulit kepala meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang folikel rambut untuk memproduksi rambut. Oleskan minyak zaitun atau vitamin E di kulit kepala. Serta hindari terik matahari.

Ketika keramas

Disarankan memilih sampo sesuai dengan jenis rambut (normal, berminyak, kering, kering & berminyak) dan sesuai masalah rambut yang dialami (ketombe, bercabang, rontok).

Hindari penggunaan sampo yang mengandung bahan keras, seperti ammonium lauryl sulfate atau sodium lauryl sulfate. Lebih bagus lagi gunakan sampo yang kadar alkoholnya rendah seperti sampo bayi. Pakai kondisioner untuk menjaga rambut tetap lembut, berkilau, dan mudah ditata.

Sesudah keramas

Rambut masih basah lebih rentan mengalami kerusakan. Disarankan untuk tidak menyisir atau menggosok rambut basah dengan handuk. Lebih baik sisir rambut ketika sudah 90 persen kering dan biarkan kering dengan sendirinya.

Sehari-hari

Minimalkan penggunaan aksesoris rambut. Jangan terlalu sering menguncir atau mengepang, dan  menyisir rambut. Kurangi pemakaian produk rambut berbahan kimiawi dan penataan rambut (catok,smoothing,rebonding,hair ekstension)

Makanan Dan Vitamin Rambut

Dianjurkan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein (telur, kacang, susu, ikan unggas, daging), zat besi (kacang-kacangan, kerang, tiram,bayam), asam lemak omega-3 (keju, yoghurt, salmon, sarden,).

Cara Merawat Rambut Berminyak

  • Keramas setiap hari fokus bersihkan kulit kepala
  • Usai keramas 2 -5 menit sebelum dibilas
  • Pilih sampo kadar alcohol rendah seperti sampo bayi atau sampo untuk rambut berminyak
  • Gunakan toner atau penyegar rambut
  • Jika pakai conditioner, jangan dioles dari dasar rambut melainkan dari pertengahan rambut
  • Kurangi konsumsi makanan berminyak dan berlemak
  • Jangan terlalu sering menyisir rambut

Cara Merawat Rambut Kering

  • Keramas tiap 2 atau 3 hari sekali
  • Pilih shampo yang ringan seperti sampo bayi atau sampo untuk rambut kering
  • Gunakan conditioner sesuai jenis rambut kering
  • Jangan terlalu sering mengecat rambut
  • Hindari pemakaian hair dryer

Cara Merawat Rambut Kombinasi (kulit kepala berminyak, ujung rambut kering, kasar, kusam dan rusak)

  • Jangan gonta ganti sampo
  • Pakai sampo untuk rambut normal atau sampo bayi
  • Bilas rambut dengan air hangat
  • Jika pakai conditioner dari tengah rambut hingga ujung rambut
  • Pada keadaan rambut kering, jika malas keramas, pakai Minyak zaitun sebagai pengganti conditioner dengan cara mengoleskan pada bagian rambut kering. Bungkus 2 jam baru bilas air
  • Gunting ujung rambut tiap 2 bulan sekali

Cara merawat rambut paling mudah memang pergi ke salon. Cukup duduk santai dan biarkan penata rambut mengurusi kemauan kita. Hanya saja setiap perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia, memiliki efek samping jangka panjang dan efek ketergantungan. Selain uang yang dikeluarkan untuk biaya perawatan rambut tidak sedikit, biaya untuk mengobati kerusakan rambut jauh lebih mahal.

Menata rambut untuk tampilan trendy mengikuti jaman memang tidak ada salahnya. Tapi akan bermasalah bila kulit kepala terlalu sering terkena bahan kimia maupun panas tinggi dari alat penata rambut. Tidak hanya masalah dengan pertumbuhan rambut saja. Kulit kepala juga menjadi mudah rapuh sehingga akar rambut yang semula tumbuh kuat, menjadi mudah patah sebelum panjang, selain itu rambut jadi cepat kering, kusam hingga kerontokan parah dan berujung kebotakan.

Perawatan rambut yang pas tanpa efek samping dan efek ketergantungan yakni menggunakan bahan alami di sekitar kita. Meski cukup merepotkan proses pembuatannya. Tapi percayalah, anda akan puas dengan hasil yang didapatkan.

Berikut beberapa tips alami untuk mengatasi berbagai masalah rambut anda :

Cara Mengatasi Ketombe

  • Cuka
  1. Siapkan cuka putih secukupnya
  2. Keramas terlebih dulu sebelum oleskan cuka di kulit kepala
  3. Untuk hasil terbaik, pijat selama 5 menit lalu diamkan selama 30 menit
  4. Jika proses sudah selesai, lakukan keramas kembali hingga ketombe rontok
  • Baking Soda
  1. Siapkan baking soda 1 sdm dan air hangat secukupnya
  2. Campur kedua bahan, agak sedikit encer
  3. Oleskan adonan baking soda  merata ke kulit kepala
  4. Diamkan 30 menit, lalu bilas air hangat
  • Lidah Buaya
  1. Ambil lidah buaya yang masih segar, lalu patahkan jadi dua
  2. Kupas kulit lidah buaya hingga terlihat gelnya
  3. Olesk gel lidah buaya merata ke kulit kepala
  4. Pijat lembut selama 5 menit lalu diamkan selama 30 menit
  5. Bilas dengan air dingin
  • Lemon
  1. Siapkan 1 buah lemon segar, belah jadi 2, peras dalam wadah
  2. Oles perasan lemon merata ke kulit kepala
  3. Pijat lembut selama 5 menit, lalu diamkan 30 menit
  4. Bilas air lemon dengan keramas
  • Minyak Zaitun
  1. Siapkan minyak zaitun secukupnya, cari minyak zaitun murni seperti borgess atau bertolli
  2. Keramas dulu hingga bersih
  3. Selesai keramas, oles minyak zaitun merata ke kulit kepala
  4. Pijat selama 5 menit, diamkan 30 menit lalu bilas
  • Daun Pandan
  1. Siapkan 5-8 lembar daun pandan, cuci bersih semuanya
  2. Remas daun pandan hingga hancur, lalu seduh dengan air hangat
  3. Oleskan air seduhan ke seluruh kulit kepala
  4. Pijat 5 menit, diamkan 30 menit, bilas air

Ketombe muncul karena ada pengelupasan sel-sel kulit mati secara berlebihan di kulit kepala. Sehingga muncul sel-sel kulit mati berwarna putih pada bagian kulit kepala.

Munculnya ketombe dapat disebabkan karena banyak faktor. Paling sering ketombe muncul disebabkan fungi atau jamur. Jamur bermunculan pada mereka yang jarang keramas. Selain jamur, penggunaan produk perawatan rambut yang tidak cocok juga dapat menimbulkan ketombe.

Cara Mengatasi Rontok Parah

  • Putih Telur

Pisahkan putih telur dengan kuning telur. Aduk putih telur hingga menjadi bentuk pasta. Lalu oleskan merata pada kulit kepala

  • Tomat dan Minyak Zaitun

Hancurkan satu tomat tambahkan satu sendok minyak zaitun. Lalu, panaskan campuran ini hingg hangat. Oleskan pada kulit kepala, diamkan 30 menit.  Lalu keramas

  • Bawang Merah

Buat jus bawang merah kemudian saring. Setelah jadi, oleskan pada kulit kepala sekitar sepuluh menit. Setelah itu, bersihkan kepala dengan menggunakan air hangat.

  • Santan

Parut kelapa, didihkan selama lima menit lalu saring. Diamkan santan ke suhu normal, lalu selanjutnya oles santan ke kulit kepala, diamkan 30 menit, bilas air.

Rontok dianggap normal jika hanya 50 – 100 helai dalam sehari, tapi jika lebih dari itu dapat menimbulkan kebotakan. Rambut rontok berlebihan terjadi karena stress berat, perubahan hormone seperti wanita hamil, sedang diet, menderita kanker atau penyakit hati, mengalami demam tinggi, anemia parah, kurang zat besi, zinc dan protein dalam tubuh serta kurang aktifitas kelenjar tiroid.

Cara Menghitamkan Uban

  • Kembang sepatu

Siapkan 10 – 15 helai kembang sepatu, lalu remas sampai keluar lender. Oles lender tadi ke kulit kepala. Diamkan 30 menit lalu bilas air. Lakukan setiap seminggu sekali.

  • Kelapa hijau

Kerok daging kelapa hijau, campur dengan air kelapa hijau tadi dan 1sdm garam. Diamkan 30 menit, lalu peras daging kelapa yang sudah direndam tadi. Lantas diamkan selama 24 jam. Air perasannya dipakai buat keramas setiap hari selama 7 hari berturut – turut.

  • Biji papaya

Siapkan 30 biji papaya yang sudah disangrai tanpa minyak sebelumnya, lalu tumbuk sampai halus. Setelah halus tambahkan 1sdm minyak kelapa. Campur rata, oleskan pada kulit kepala secara merata. Diamkan 30 menit, bilas air.

  • Alpukat

Ambil 1 buah alpukat dan sendok isinya, tambahkan perasan air lemon. Campur rata, oleskan pada semua kulit kepala. Diamkan selama 1 jam dengan menutupi kepala dengan topi mandi. Lalu bilas air.

  • Air teh

Ambil 2sdm teh tubruk (bukan teh celup), rebus dengan air hingga mendidih, lantas diamkan selama 24 jam. Air rebusannya tadi dipakai untuk membasahi kulit kepala setiap pagi selama 2minggu berturut – turut.

Jika cara tadi dianggap terlalu rumit, anda dapat menggantinya dengan konsumsi minyak zaitun murni 1sdm satu kali sehari setiap hari. Minyak zaitun murni tersebutbisa dibeli di supermarket dengan merek borgess atau bertolli. Lalu ganti sampo anda dengan sampo bayi yang mengandung minyak kemiri. Lakukan rutin cara tradisional dan terapi minum minyak zaitun ini dengan sepenuh hati.Hasil yang didapat, uban akan mengalami perubahan warna menjadi keabuan atau kemerahan baru selanjutnya akan menghitam sempurna mengikuti siklus pertumbuhan rambut.

Uban muncul terlalu cepat bisa terjadi kepada setiap pria dan wanita. Uban usia dini muncul disebabkan oleh banyak hal seperti stres yang berlebihan, pola makan tidak sehat, tidur kurang cukup, terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut dan gonta ganti gaya rambut sehingga rambut kehilangan melanin juga faktor terakhir karena keturunan.

Cara Menumbuhkan Rambut Botak

  • Telur

Pijat julit kepala selama 10 hingga 15 menit dengan kuning telur. Selesai pijat diamkan 30 menit, baru bilas air.

  • Minyak kelapa

Rutinkan memakai minyak kelapa setiap pagi setiap hari dengan cara mengolesnya pada kulit kepala dan pijat selama 15 menit.

  • Teh hijau

Seduh teh hijau selama 20 menit, lalu tuang rebusan teh hijau pada handuk bersih. Gunakan handuk tadi untuk menutupi kepala  selama 20 menit.

  • Kulit apel

Haluskan kulit apel hijau, lalu oleskan pada kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan selanjutnya bilas air.

  • Kemiri

Bakar atau sangria kemiri hingga minyaknya muncul. Jika minyaknya sudah muncul, hancurkan kemiri sangria atau bakar tersebut hingga halus. Bubuhkan pada kulit kepala secara merata. Pakai ketika malam hendak tidur saja, lantas esok paginya keramas hingga bersih.

  • Minyak Zaitun

Oleskan minyak zaitun murni merek borgess atau bertolli yang bisa anda temukan di supermarket secara merata ke semua kulit kepala. Gunakan ketika malam hendak tidur dan biarkan hingga pagi. Esok paginya keramas hingga bersih.

Kebotakan di usia muda terjadi karena pola makan tidak sehat seperti makanan yang berlemak, berminyak, berkolestrol tinggi (daging kambing, jeroan, santan 2x masak), makanan siap saji, makanan pedas, makanan kemasan, minuman berkarbonasi, alkohol, stress berat, kurang tidur, kurang air putih, kurang asupan protein, terlalu sering kena produk perawatan rambut berbahan kimia serta kebotakan terjadi karena keturunan.

Memiliki rambut sehat, tebal, lebat dan berkilau memang tidak mudah. Bila anda merasa sangat susah melakukan perawatan rambut secara alami, mulai sekarang, saatnya anda mengganti pola makan anda dengan menu sehat dan rubah gaya hidup anda. Jangan malas keramas. Dan jangan lupa, keramas hanya focus di kulit kepala saja bukan rambut. Sebab, letak masalah rambut berada pada kulit kepala. Jika kulit kepala bersih, tidak aka nada masalah rambut yang berat.