Kamu pasti sangat jengkel saat rambutmu berminyak plus mengalami rontok pula. Padahal segala macam cara telah kamu gunakan untuk mengatasi masalah itu. memang rambut berminyak dan rontok akan mengurangi penampilanmu. Juga bisa membuat kamu tidak nyaman.

Perawatan Rambut Rontok Berminyak

Tapi kamu jangan khawatir lagi akan permasalah rambutmu yang mudah sekali rontok sekaligus juga berminyak. Soalnya kamu bisa mengatasi permasalah rambut rontokmu dengan perawatan rambut yang tepat. Apa saja yang bisa kamu lakukan? Berikut beberapa langkah perawatan rambut rontok berminyak berikut ini:

  1. Mencuci rambut

Bila biasanya kamu mencuci rambutmu menggunakan shampoo yang biasa. Ada baiknya kamu mulai meninggalkannya. Ganti shampoomu menjadi shampoo herbal dan shampoo bayi. Sebab kedua jenis shampoo tersebut mampu menjaga kebersihan rambutmu tanpa menggunakan bahan kimia yang berlebihan. Usahakan kamu mencuci rambutmu hingga bersih setiap dua hari sekali.

Setidaknya dengan lebih sering mencuci rambut, minyak di rambut akan menghilang. Pastikan jika tidak ada sisa shampoo yang tertinggal. Sisa shampoo yang tertinggal akan menyebabkan ketombe. Ketombe merupakan salah satu penyebab rambut rontok.

Baca Juga : 7 Bentuk Perawatan Rambut Kering Dan Ikal Secara Tepat

Baca Juga : 7 Cara Perawatan Rambut Rontok Pada Ibu Menyusui
  1. Tidak menggunakan kondisioner lebih dahulu

Jenis rambut berminyak dan lepek sebaiknya kamu hindari menggunakan kondisioner sehabis berkeramas untuk sementara waktu. Pasalnya kondisioner membuat kondisi rambutmu akan semakin berminyak dan lepek. Ataupun jika terpaksa menggunakan kondisioner. Gunakan hanya pada ujung-ujung rambut saja. Pastikan juga tidak ada sisa kondisioner yang akan menyebabkan terjadinya ketombe.

  1. Memijat kulit kepala dengan minyak alami

Cara lain untuk mengatasi rambut rontok berminyak yaitu Memijat kulit kepala dengan minyak alami. Kamu bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa yang bagus untuk kesehatan rambut. Caranya panaskan minyak alami beberapa saat hingga menjadi hangat. Lalu oleskan secara merata pada seluruh bagian kulit kepala dan rambut. Lakukan pemijatan secara lembut agar minyak alami menyerap sempurna. Diamkan beberapa menit sebelum dibilas bersih menggunakan air dingin.

  1. Tidak menggunakan gel atau serum rambut

Cobalah untuk merawat rambut rontok dan berminyak tanpa menggunakan gel atau serum rambut. Soalnya gel atau serum rambut hanya akan menambah tingkat produksi minyak dan kelepekan pada rambutmu. Aturlah rambutmu dengan tatanan yang natural dengan cukup menyisir rapi.

  1. Merawat rambut dengan jeruk nipis

Kamu juga bisa merawat rambut rontok berminyak dengan memanfaatkan jeruk nipis. Air jeruk nipis mengandung bahan alami yang bernutrisi bagi kulit kepala dan rambutmu. Kamu hanya perlu membilas rambutmu dengan perasan air jeruk nipis setelah keramas. Hati-hati untuk tidak mengenai bagian kepala yang sensitive saat membilasnya tersebut. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Yang Berlebihan

Baca Juga : 6 Bentuk Perawatan Rambut Rontok dan Berketombe Lengkap Dengan Caranya
  1. Tidak sering menyisir rambut

Menyisir rambut terlalu sering pada rambut rontok berminyak tidak baik dilakukan. Karena menyisir rambut akan mendorong kulit kepala untuk memproduksi minyak berlebih. Tentunya rambutmu akan menjadi semakin berminyak dan mudah rontok. Hindari juga menyisir saat rambut masih basah, karena akan membuat rambut tambah rontok.

Terakhir, langkah perawatan rambut rontok berminyak adalah dengan mengidentifikasi apa penyebabnya. Jika kerontokan rambut yang kamu alami adalah karena obat yang kamu gunakan karena saat ini kamu sedang dalam masa pengobatan, maka tidak ada yang bisa kamu lakukan. Nanti rontok dan berminyaknya baru akan sembuh begitu kamu menghentikan pengobatan. Jadi jangan kawatir dengan masalah rambut rontoh dan berminyak ya ladies.