Memiliki rambut indah sehat berkilau merupakan dambaan bagi setiap orang. Namun, banyak yang mengeluhkan akibat rambutnya rusak ataupun bermasalah sehingga kurang percaya diri dalam tampilan di depan umum. Padahal, rambut entah itu berjilbab atau bahkan yang tidak mengenakan jilbab, bisa dikatakan sebagai ikonya perempuan. Merawat rambut sangatlah penting untuk dilakukan. Sayangnya, rambut mudah sekali mengalami kerusakan dan pengobatanya harus dilakukan sesuai dengan kerusakan yang dialami rambut.

Mengenal Jenis-Jenis Kerusakan Rambut

Ada banyak jenis kerusakan rambut yang bisa saja kamu alami. Dan pengobatanya harus sesuai gejala. Apa saja sih jenis-jenis kerusakan rambut? Dan bagaimana cara mengatasinya? Ini dia beberapa jenis kerusakan rambut dan tips untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Rambut Berketombe

Jika rambutmu berketombe, pasti sangat mengganggu aktivitas yang kamu kerjakan. Dimana rambut tersebut kadang menyebabkan gatal, terkadang kamu tidak tahan untuk menggaruknya, sehingga menyebabkan kulit kepalamu semakin luka ataupun terinfeksi.

Untuk mengatasi rambut berketombe, kamu bisa menggunakan shampoo anti ketombe secara rutin 2 kali sehari. Bisa juga dengan obat alami seperti gel daun lidah buaya.

Baca Juga : Bahaya Rebonding Yang Tidak Disadari dan Cara Perawatan Rambut Akibat Rebonding

2. Rambut Mudah Patah

Rambut mudah patah sering dialami oleh sebagian orang, pasalnya karena salah dalam memilih shampoo ataupun kurang perawatan. Memang masalah yang satu ini banyak dialami wanita. Nah bagaimana cara mengatasi rambut mudah patah ini?

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan condisioner yang mengandung banyak pelembab. Serta hindari juga pengeritingan dan mewarnai rambut. Atau dengan cara mencampurkan yogurt tawar, putih telur satu butir, dan satu sendok makan madu.

3. Rambut Sulit Diatur

Jenis kerusakan rambut berikutnya adalah rambut yang sulit sekali diatur. Rambut selalu saja tidak bisa rapi. Jika rambutmu sulit diatur, mudah kusut dan juga tidak tertata rapi, sebaiknya kamu membuatkan conditioner sendiri dengan bahan-bahan alami.

Oleh karena itu, buatlah campuran air jeruk lemon, 2 buah butir telur, dan seperempat gelas minyak zaitun kemudian aduk hingga rata. Setelah itu oleskan secara merata pada rambut kamu, kemudian diamkan agar kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan hal tersebut 1 minggu 2 kali agar rambut kamu tidak mudah kusut dan dapat ditata dengan rapi kembali.

4. Rambut Kering

Memiliki rambut kering, mudah rontok dan rambut menjadi mengembang, ini menyulitkan kamu dalam menatanya. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan rambut kamu bisa habis alias gundul karena rontok..

Untuk itu sering-seringlah menggunakan condisioner rambut yang cocok secara rutin, agar rambut kamu menjadi sehat dan juga mengkilap. Serta gunakan produk shampoo dan condisioner yang banyak mengandung vitamin E, karena baik juga untuk kesehatan rambut.

5. Rambut Berminyak

Rambut berminyak ini ada banyak faktor yang mempengaruhi, seperti karena keturunan dan jarang mencuci rambut. Sehingga rambutmu menjadi lepek dan juga berminyak

Tentunya sangat tidak nyamankan dikulit kepala? Makanya gunakan shampoo yang ringan dan khusus untuk rambut berminyak. Cucilah rambut secara rutin dan hindari membilas dengan air hangat. Kamu juga dapat menggunakan condisioner untuk ujung-ujung rambutmu agar rambut dapat terjaga kelembapannya.

6. Kerusakan Rambut Bercabang

Bagi kamu yang memiliki rambut bercabang, mungkin sangat kebingungan dan menocba berbagai cara agar rambutmu kembali normal pada umumnya. Rambut bercabang ini banyak disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kurang perawatan, salah memakai produk rambut dan terlampaui sering kena sinar matahari secara langsung.

Cara merawatnya untuk rambut bercabang, gunakan condisioner yang banyak mengandung pelembab, rajin memotong jika bagian ujung sudah terlalu panjang dan gunakan produk khusus untuk rambut bercabang.

7. Kerusakan Rambut Beruban di Usia Muda

Terkadang ada orang yang usianya masih muda, namun rambutnya sudah beruban, hal ini kadang membuat orang tersebut merasa dikucilkan dan malu untuk tampil di muka umum.

Rambut beruban ini biasanya disebabkan oleh faktor makanan yang di konsumsi serta produk rambut yang tidak cocok bagi penggunanya. Oleh karena itu tumbuhlah uban dalam usia muda. Ada alternatif mengatasi hal tersebut, anatara lain melakukan pijatan ringan, sering mengkonsumsi makanan yang baik untuk rambut seperti jus wortel, bayam, wijen dan sebagainya.

Itulah jenis-jenis kerusakan rambut, dan cara mengatasinya yang biasanya terjadi pada sebagian orang. Cara alami, bisa saja menjadi cara terbaik untuk mengatasinya. Agar terhindar dari kerusakan, kamu harus benar-benar melakukan perawatan rambut dengan baik yah.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut