PARASAYU

KARENA PENAMPILAN YANG PERTAMA

Umum

Nail Art, Seni Mewarnai Kuku yang Indah

Nail art seni mewarnai kuku yang digemari oleh kaum hawa saat ini, karena penampilan fisik merupakan sesuatu yang penting terutama pada perempuan selain kecantikan psikisnya (inner beauty), dari ujung rambut sampai ujung kuku menjadi perhatian. Hal itu tentu tidak terlepas dari keberadaan seorang perempuan yang sering dikaitkan dengan penampilan fisiknya. Kecantikan fisik seorang perempuan seperti kecantikan wajah, postur tubuh, keindahan tatanan rambut dan kebersihan tubuhnya. Dengan fisik yang cantik maka penampilan seorang perempuan akan menjadi lebih menarik.

Berbagai upaya dilakukan perempuan agar tampil menarik, mulai dari perawatan tubuh secara rutin sampai kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk mempercantik diri seperti make up, penataan rambut dan penggunaan asesoris.

Nail Art, Seni Mewarnai Kuku

Bagi sebagian besar wanita penampilan fisik merupakan sesuatu yang penting. Berbagai upaya dilakukan para wanita agar bisa tampil semenarik mungki. Zaman modern ini banyak wanita yang tertarik untuk mempercantik kuku dengan mewarnai kuku. Pewarnaan kuku atau yang lebih sering disebut dengan nail art adalah kegiatan mewarnai kuku dengan teknik dan desain sesuai keinginkan penggunanya yang bertujuan untuk mempercantik tampilan kuku.

Nail art memiliki banyak jenis gambar desain. Gambar desan pada nail art tidak terbatas sesuai selara penggunanya. Gambar desain nail art seseorang dapat mencerminkan pribadi penggunanya dan dapat mengetahui karakteristik penggunanya. Dalam melakukan pewarnaan kuku ( nail art ) tidak terlepas dari kegiatan perawatan kuku. Sebelum melakukan pewarnaan kuku biasanya dilakukan terlebih dahulu perawatan kuku agar hasil lebih maksimal.

Dengan nail art, kuku – kuku yang sudah dirawat diberi pewarnaan dengan motif – motif yang indah, dengan teknik air brush, nail art, atau nail extention. Beberapa macam teknik mewarnai kuku yaitu manual paint, stiker, crytal dan gliter. Sebenarnya selain keempat teknik tersebut masih ada beberapa teknik lainnya yaitu teknik Swarovski French yaitu nail art dengan perpaduan warna yang satu lebih menonjol dari warna lain dan menggunakan  batu – batu swarovski, Mix ( campuran ) yaitu teknik yang menggabungkan beberapa teknik dalam satu nail art.

Contoh Nail Art Pada Kuku Tangan

Teknik Nail Art Pewarnaan Kuku

Kegiatan pewarnaan kuku semakin berkembang dengan berbagai macam teknik yang digunakan. Beberapa macam teknik mewarnai kuku yaitu manual paint, stiker, crytal dan gliter. Sebenarnya selain keempat teknik tersebut masih ada beberapa teknik lainnya yaitu teknik Swarovski French yaitu nail art dengan perpaduan warna yang satu lebih menonjol dari warna lain dan menggunakan  batu – batu swarovski, Mix ( campuran ) yaitu teknik yang menggabungkan beberapa teknik dalam satu nail art.

1.  Manual Paint

Contoh Nail Art Manual Paint

Manual paint adalah teknik pewarnaan kuku dengan cara menggambar atau melukis yang dilakukan secara langsung pada kuku. Manual paint adalah cara yang paling banyak digunakan karena paling mudah dan efisien. Peralatan yang digunakan hanya kuas dan cat kuku. Kuku akan diolesi dengan base coat yang mengandung vitamin E untuk menghindari masalah kuku. Kemudian diberi warna dasar yang disesuaikan dengan pilihan. Lalu, kuku dapat langsung dilukis sesuai motif yang diinginkan. Setelah kering, kuku diolesi dengan top coat untuk mengawetkan lukisan sekaligus mengilatkan warna kuku. Teknik ini menggunakan banyak pola yang lebih bervariatif dibandingkan dengan teknik yang lain.

Baca Juga : Alasan Mengapa Wanita Sholeahah Menjadi Damba'an Para Pria

2. Stiker

Contoh Nail Art Sticker

Menempelkan stiker adalah salah satu teknik yang terfavorit karena mudah dan sederhana. Sebelum stiker ditempel, kuku akan diolesi base coat terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan pewarna kuku. Kemudian, stiker dapat langsung ditempel dengan bantuan nail glue di atas warna dasar kuku. Cara ini juga diakhiri dengan pemberian olesan top coat. Teknik ini banyak disukai oleh wanita remaja karena pengerjaannya tidak terlalu rumit. Harga stiker untuk satu kukunya cukup terjangkau merupakan salah satu alasan mengapa teknik menempel stiker termasuk yang populer.

3. Crystal dan Gliter

Contoh Nail Art Crystal dan Gliter

Teknik pewarnaan kuku dengan teknik crytal dan gliter caranya hampir sama dengan penggunaan stiker. Batu kristal yang dipilih disesuaikan dengan warna cat kuku. Bentuknya bermacam – macam, ada yang berbentuk bunga, hati atau dedaunan. Teknik ini kurang popular karena kuku akan terasa berat karena ornamen – ornamen yang terdapat didalamnya. Biasanya teknik ini dilakukan pada acara – acara tertentu seperti fashion show, nail art show, dan pada orang – orang tertentu seperti kalangan selebritis

4. Gel

Contoh Nail Art Gel

Caranya hampir sama dengan manual paint, tapi manual paint identik dengan banyak motif didalammya sedangkan teknik gel bermain dengan satu warna. Sebelum mengolesi kuku dengan base coat terlebih dahulu kuku diolesi dengan nail bonder untuk mempengaruhi hasil nail art agar lebih berkilau. Selain itu yang membedakannya adalah jenis kosmetik kuku yang digunakan. Pewarnaan kuku dengan teknik gel menggunakan UV gel nail polish. Ini dilakukan karena pada proses pengeringan kuku menggunakan UV lamp sehingga membuat hasil nail art seperti gel yang berkilau. Pada teknik ini setelah kuku di olesi top coat dan dikeringkan selanjutnya diolesi lagi alkohol. Pengolesan alkohol berfungsi untuk membuat hasil nail art tahan lama. Saat ini teknik ini sangat popular karena hasil nail art lebih bagus dan tahan lama walaupun harganya dapat terbilang cukup mahal

Baca Juga : 5 Jenis Pekerjaan Yang Tidak Lazim Bagi Wanita, Tapi Tetap Dikerjakan

Baca Juga : Tips Utama Belajar Message Tubuh Bagi Pemula

1 Comment

  1. Archie

    Makasih info artikelnya ?

Comments are Closed

Theme by Anders Norén