Kecantikan

Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Madu merupakan bahan alami yang diklaim memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, perawatan kulit serta perawatan kecantikan. sejak jaman dahulu, bahan ini memang sudah digunakan untuk pengobatan ataupun perawatan kecantikan. Di dalam madu terdapat sejumlah kandungan yang sangat bagus untuk kulit.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Jika kamu memperhatikan gerai-gerai skincare atau kebutuhan perawatan kulit lainnya, tentu kamu akan dengan mudah menemukan berbagai macam produk yang berkomposisikan madu sebagai bahan utama produk tersebut. Dan memang ada banyak sekali manfaat madu untuk kecantikan, misalnya:

1. Membantu melembapkan kulit secara menyeluruh

1 6 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Alasan mengapa madu sering dijadikan sebagai bahan dasar dalam berbagai produk kecantikan adalah karena madu berfungsi untuk melembabkan kulit. Kandungan enzim pada madu dapat meresap sempurna ke dalam kulit.

Kamu bisa mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan ini dengan cara menjadikan sebagai masker. Tinggal oleskan saja madu pada kulit keringmu, dan diamkan sekitar 15-20 menit. Kemudian bilaslah dengan air. Bila ingin kulit selalu terasa lembab, gunakanlah secara rutin.

2. Menghilangkan jerawat

2 5 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Jerawat membandel dapat disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Kalau kamu takut mencoba berbagai obat jerawat berbahan kimia, kamu dapat menggunakan madu asli sebagai alternatif.

Madu mengandung antiseptik yang dapat bekerja sebagai pembersih wajah untuk menyerap kotoran pada pori-pori dan menenangkan kulit wajah. Kamu dapat mengoleskan madu secara tipis pada wajah agar tidak menetes di leher. Diamkan selama 30 menit, lalu bilaslah dengan air.

Tapi, kamu juga harus memastikan terlebih dahulu apakah kulitmu mempunyai alergi dengan madu, ya. Kamu dapat mengetes dengan mengaplikasikan sedikit saja madu pada rahang dan diamkan 30 menit. Jika tidak terjadi reaksi, maka kulitmu tidak alergi dengan madu.

3. Membantu memperbaiki garis-garis halus

3 5 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Madu mengandung humectant alami, yaitu zat yang berfungsi untuk melembabkan  permukaan kulit. Manfaat kelembapan ini dapat membantu memperbaiki garis-garis halus di wajah.

Tak hanya itu, humectant dapat menenangkan kulit kering, iritasi dan sensitif. Madu juga dapat menjadi alternatif untuk menunda penuaan karena mengandung antioksidan.

Untuk membuat DIY masker anti-aging, kamu dapat mencampurkan satu sendok madu dengan buah pepaya secukupnya, susu atau yogurt. Aplikasikan campuran tersebut pada wajah dan diamkan 30 menit. Bersihkan masker dengan air hangat.

4. Membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat blackheads

4 5 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Memiliki kandungan antiseptik, antioksidan, serta bersifat anti-bakteri, mengantarkan madu sebagai bahan yang mempunyai berbagai macam manfaat untuk kulit. Salah satunya, sebagai pembersih pori-pori sekaligus mengangkat komedo atau blackheads.

Untuk penggunaan madu sebagai pembersih pori-pori, kamu dapat mencampurkan satu sendok madu asli dengan dua sendok Jojoba Oil atau Coconut Oil.  Aplikasikan tanpa perlu membasuh wajah terlebih dahulu, pijat perlahan secara melingkar. Hindari area mata. Kemudian bilaslah dengan air dingin.

5. Merawat kulit kering

5 4 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Kandungan antioksidan yang tidak hanya untuk memudarkan garis-garis halus, juga dapat membantu merawat kulit kering. Dengan kandungan humectant, yang melembabkan serta menenangkan kulit, juga berfungsi melembutkan, dan mencerahkan kulit secara alami.

Madu dapat bekerja lebih efektif jika dikombinasikan dengan yogurt plain. Keduanya sama-sama bersifat antibakteri yang membersihkan kulit secara menyeluruh.

Untuk membuat mendapatkan manfaat madu untuk kecantikan yang satu ini, kamu dapat mencampurkan satu sendok yogurt plain dengan setengah sendok madu. Lalu aplikasikanlah ke wajah dan diamkan 15 menit. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat, ya.

6. Membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir

6 5 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Bagi sebagian wanita, penampilan akan terasa kurang jika tidak menggunakan lipstik. Tapi, kamu sadar tidak, jika penggunaan lipstik dapat membuat kulit bibir menghitam?

Nah, sebelum hal itu terjadi, kamu bisa menggunakan scrub alami yaitu dengan mencampurkan madu dan gula pasir. Kemudian aplikasikan pada bibir, sambil memijatnya perlahan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air. Jika kamu menggunakannya secara rutin, dapat membuat bibir menjadi lebih sehat.

Selain sebagai scrub, kamu juga dapat mengaplikasikan madu pada bibir sebelum kamu tidur. Madu akan menyerap ke kulit bibir dan membuatnya lebih lembut.

7. Membantu meng-exfoliate kulit

7 6 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Salah satu musuh terbesar kulit adalah penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan iritasi serta timbul rasa gatal pada permukaan kulit. Untuk mengatasi hal ini, madu dapat menjadi pilihan kamu sebagai bahan alami untuk meng-exfoliate kulit.

Berbeda dengan bahan yang lain, madu lebih lembut untuk permukaan kulit sehingga tidak menimbulkan iritasi pada saat kamu memijat-mijat pelan area wajah.

Kamu dapat mencobanya dengan menuangkan sedikit madu pada tangan, suhu tubuh dapat membantu menghangatkan madu tersebut. Kemudian, aplikasikan pada kulit dengan gerakan melingkar atau memijat-mijat. Diamkan sejenak, lalu pijat kembali menggunakan handuk basah.

8. Sebagai anti-aging

8 6 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Sebagai bahan alami yang memiliki probiotik, antioksidan, nutrisi serta enzim, madu dapat bekerja secara sempurna sebagai anti-aging bagi kulit. Selain itu madu juga dapat mencegah kulit kamu dari paparan radikal bebas.

Kandungan ini juga dipercaya dapat mempertahankan tingkat kelembapan kulit, tanpa membuat kulit kamu berminyak loh. Efek menenangkan yang dihasilkan pun, membantumu terhindar dari tanda penuaan dini.

Rutin mengaplikasikan madu sebagai masker untuk wajah dapat membuat wajah memiliki kulit yang elastis sehingga terlihat lebih awet muda.

9. Membantu meredakan kulit yang terbakar karena sinar matahari

9 6 - Semanis Rasanya, 9 Manfaat Madu untuk Kecantikan Kulit Kamu

Madu merupakan salah satu bahan alami yang menjadi solusi untuk mengobati luka bakar. Madu dapat menyembuhkan serta mengurangi peradangan pada kulit yang terbakar.  Selain itu, madu juga dapat menutrisi jaringan-jaringan kulit yang rusak.

Jika ingin menggunakan madu sebagai solusi kulit terbakar karena matahari, campurkan satu sendok madu murni dengan aloe vera gel secukupnya. Kemudian, oleskan perlahan pada kulit yang terbakar.

Well, itu dia manfaat madu untuk kecantikan, luar biasa sekali bukan? Dan itu sudah terbukti secara ilmiah.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén