Makeup

Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

tips agar makeup tahan lama

Beraktifitas di luar ruangan memang memerlukan banyak persiapan khusus. Khususnya bagi para wanita yang notabene mesti menjaga riasan. Tentu saja kamu menginginkan makeup tetap tahan lama meskipun digunakan untuk beraktifitas di luar ruangan yang pasti akan menghasilkan keringat dan minyak berlebih di wajah.

Namun dengan beberapa tips berikut ini, kamu akan tetap mendapatkan riasan sempurna dan tahan lama meski digunakan untuk beraktifitas di luar ruangan.

Tips Agar Makeup Tahan Lama

1. Pastikan Sebelum Makeup, Wajah Benar-Benar Bersih

1 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Kerap diremehkan, sebenarnya kondisi wajah yang benar-benar bersih sebelum dirias memiliki andil sangat penting. Wajah yang bersih akan membuat riasan menyatu sempurna di kulit. Tentunya hal ini akan membuat riasan wajah kamu lebih tahan lama.

Bagi yang aktif berada di luar ruangan, pastikan bersihkan wajah secara tuntas dari minyak, debu, dll. Baru setelah itu aplikasikan primer dan rangkaian makeup lainnya. Wajah yang bersih saat awal makeup juga akan sangat membantu kamu dalam membersihkan makeup setelah beraktifitas.

2. Pilih Primer Yang Sesuai Dengan Kondisi Kulit

2 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Primer merupakan produk yang berfungsi sebagai dasar sebelum mengaplikasikan makeup. Karena sebagai dasarnya makeup, maka penggunaan primer wajib diperhatikan. Sebab selain sebagai dasar, primer juga berperan agar makeup tidak mudah luntur.

Maka jika kamu sering beraktifitas di luar ruangan, sebaiknya tips agar makeup tahan lamanya adalah pilih primer yang benar-benar sesuai dengan kondisi kulit. Jika tipe kulit kamu berminyak, gunakan primer yang mampu memberikan hasil akhir matte.

lalu jika kulit agak sensitif dan kemerahan, maka pilihlah primer yang mampu menetralkan warna kulit. Jika penggunaan primer tepat, maka hasil akhir makeup akan lebih sempurna dan tahan lama.

3. Aplikasikan Foundation Dengan Tepat

3 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

MUA Robert Grene mengatakan bahwa penggunaan foundation dapat menjadi bumerang jika pengaplikasiannya kurang tepat. Terlebih jika seseorang aktif berada di luar ruangan. Perias penyanyi Tinashe menyarankan ketika pengaplikasian foundation sebaiknya menggunakan gerakan buffing atau memutar.

Hal ini bertujuan untuk membuat foundation lebih menyatu dengan kulit secara sempurna. Berbeda dengan Robert Grene, Benjamin Puckey memberikan tips yang cukup sedikit lain.

Ia menyarankan penggunaan bedak tabur diantara primer dan foundation. Lapisan bedak diantara dua produk makeup tersebut diklaimnya mampu membuat hasil akhir makeup lebih tahan lama dan flawless.

4. Gunakan Makeup dengan Formula Cream atau Liquid

4 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Benjamin Puckey selaku MUA ternama kerap menyarankan penggunaan makeup dengan formula cream atau liquid. Menurutnya, produk tersebut diklaim dapat bertahan lebih lama di kulit wajah. Terutama bagi yang aktif berada di luar ruangan.

Bahkan tips agar makeup tahan lama ini pernah dipraktekkan oleh vlogger sekaligus MUA ternama Huda Beauty. Melalui instagram pribadinya, ia menambahkan minyak kelapa saat mengaplikasikan highlighter di wajah agar lebih tahan lama.

5. Selalu Sediakan Blotting Paper

5 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Wajah yang berkeringat menjadi hal yang memungkinkan bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan. Agar wajah kamu tetap segar, blotting paper adalah opsi yang tepat untuk digunakan. Blotting paper akan menyerap kelebihan minyak di wajah serta keringat sehingga makeup tetap tahan lama.

Menggunakan blotting paper untuk menyeka keringat juga lebih aman jika dibandingkan dengan tisu. Hal ini juga pernah disarankan oleh Suzy Gerstein, MUA yang pernah bekerjasama dengan Camilla Belle dan Karlie Kloss.

Ia menyarankan penggunaan blotting paper untuk membuat makeup anti luntur. Suzy pun kerap membungkus kertas ‘ajaib’ ini dengan powder puff agar lebih mudah menjangkau sudut-sudut tertentu di wajah. Seperti lipatan mata, hidung, hingga bawah dagu.

6. Gunakan Makeup Waterproof

6 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Tips agar makeup tahan lama berikutnya adalah memilih makeup waterproof. Makeup waterproof bisa menjadi pilihan kamu yang ingin mendapatkan makeup awet. Sifat waterproof yang dimilikinya akan menjaga keawetan makeup dari keringat sehingga cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

Kamu dapat mencoba maskara hingga eyeliner waterproof untuk mendapat riasan mata yang lebih intens.

7. Gunakan Setting Spray

7 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Setelah makeup selesai, jangan lupa gunakan setting spray. Fungsi penggunaannya agar makeup lebih tahan lama dan tidak mudah bergeser. Setting spray juga akan membuat wajah kamu tampak lebih glowing serta makeup terlihat lebih menyatu.

Hasil riasan pun tidak akan tampak cakey serta bergeser meskipun terpapar cuaca yang cukup terik. Pastikan pilih produk setting spray yang sesuai dengan jenis kulit kamu.

8. Siapkan Makeup Untuk Touch-Up

8 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Meskipun kamu sudah menyiapkan makeup agar tahan lama, sebaiknya tetap bawa beberapa produk makeup untuk berjaga-jaga. Kamu bisa menggunakan bedak, maskara, dsb sebagai bahan touch up agar riasan tetap paripurna.

Jangan lupa tetap sediakan sapu tangan, tisu, atau botting paper untuk mengelap keringat, debu, dsb.

9. Lapisi Lisptik

9 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Jangan lupakan area bibir. Sebab, area satu ini seringkali mudah luntur. Maka agar riasan bibir lebih tahan lama, sebaiknya gunakan lip liner yang warnanya senada dengan lipstik. Mulailah dengan membersihkan bibir kemudian bentuk garis dengan lip liner.

Baru setelah itu, aplikasikan lipstik favorit kamu. Dengan melapisi lipstik, riasan bibir akan bertahan lebih lama dan warnanya pun lebih intens.

10. Jangan Terlalu Sering Kontak dengan Tangan

10 - Tips Agar Makeup Tahan Lama Mesti Kerja di Luar Ruangan

Yang satu ini jangan sampai kamu abaikan. Tetap jauhkan tangan kamu dari wajah. Meskipun tangan kamu bersih, ada baiknya jangan terbiasa memegang wajah. Hal ini akan membuat makeup mudah luntur.

Terlebih jika tangan kamu kotor atau berminyak. Potensi meninggalkan jerawat di wajah pun tak dapat dihindarkan. Jadi, pastikan hilangkan kebiasaan memegang-megang wajah kamu. Tentu saja jika memiliki kebiasaan tersebut, makeup akan lebih tahan lama dan wajah juga akan bebas jerawat.

Mudah sekali ternyata tips agar makeup tahan lama walaupun digunakan untuk beraktifitas di luar ruangan. Semoga tips diatas membantu kamu dan selamat mencoba.

Comments are Closed

Theme by Anders Norén