Indonesia memang kaya akan kebudayaannya, salah satu kekayaan budayaan Indonesia adalah seni tari. Banyak terdapat beragam seni tari-tarian, salah satu yang terkenal adalah tari Bali. Tentunya banyak yang menjadi perhatian di dalam seni tari Bali yaitu busananya, asesorisnya dan makeup tari Bali.

Tips Menggunakan Makeup Tari Bali

            Untuk kamu yang tertarik dengan seni tari Bali, khususnya untuk makeup tari Bali kamu harus mengetahui ciri-ciri dari makeup tari Bali. Karena pada dasarnya makeup tari Bali sangat berbeda dengan makeup pada umumnya. Untuk itu yuk kita lihat tips menggunakan makeup tari Bali agar wajah cantik dan memukau.

  • Menggunakan Compact Foundation
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : id.priceaz.com

Tips menggunakan makeup tari Bali yang pertama adalah menggunakan compact foundation atau foundation padat. Beberapa merk jenis foundation padat yaitu kryolan, naturactor, octard dan derma colour. Jenis compact foundation ini dapat mencover permukaan kulit wajah dengan baik. Pilihlah warna foundation satu tingkat lebih putih dari warna kulit wajahmu.

Baca Juga : Tips dan Turorial Menggunakan Makeup Lamaran Di Hari Bahagia Kamu

Baca Juga : Agar Tampil Cantik Yuk Ikuti Tutorial Makeup Natural Ke Kampus Ini
  • Gunakan Loose Powder Agar Makeup Tahan Lama
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : tokopedia.com

Selanjutnya pada makeup tari Bali gunakanlah loose powder atau bedak tabur yang berfungsi agar makeup dapat tahan lama. Pilihlah warna bedak tabur dengan shade merah muda atau pink sebagai dasar. Setelah itu tambahkan bedak dengan shade yang lebih terang dari warna kulit wajahmu, fungsinya sebagai highlight pada bagian dahi, bawah mata, hidung dan dagu.

  • Aplikasikan Eyeshadow 3 Warna
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : instagram.com @yoga_purwaja

Terdapat 3 warna utama pada eyeshadow makeup tari Bali yaitu warna biru, merah dan kuning. Cara pengaplikasiannya yaitu pada bagian kelopak mata menggunakan eyeshadow warna biru, kemudian pada bagian sekitar cengklongan tulang mata menggunakan warna merah, dan pada bagian di bawah alis mata menggunakan warna kuning.

  • Menggunakan Eyeliner Warna Hitam
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : instagram.com @bintang_laksmi

Ciri khas dari makeup tari Bali yaitu tampilan mata yang telihat mencolok. Untuk membuatnya kamu perlu menggunakan eyeliner pensil dan eyeliner cair atau liquid eyeliner berwarna hitam yang bersifat waterproof. Gunakan eyeliner cair untuk membingkai mata agar tampak tegas dan terlihat besar, sedangkan eyeliner pensil untuk mengisi bagian yang sudah dibingkai.

Baca Juga : 7 Tips Cantik Perempuan Asia Yang Tidak Banyak Diketahui

Baca Juga : 4 Bentuk dan Tips Eyeliner Cantik Ala Korea Yang Bisa Buat Matamu Lebih Indah
  • Gunakan Bulu Mata Yang Tebal atau Cetar
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : instagram.com @by_dewiratih.collection

Untuk menyempurnakan tampilan mata pada makeup tari Bali yang tajam dan mencolok, gunakanlah bulu mata. Pilihlah bulu mata yang tebal atau cetar agar bulu mata terlihat bervolume dan agar seimbang dengan riasan eyeshadow dan eyeliner. Gunakan mascara agar bulu mata asli dan palsu dapat menyatu dengan baik.

  • Menggunakan Pensil Alis Berwarna Hitam
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : instagram.com @mahaganimakeup

Berbeda dengan makeup pada umumnya, pada makeup tari Bali untuk membentuk alis digunakan pensil alis berwarna hitam. Bentuklah alis melebihi bentuk alis asli dengan bentuk alis yang terlihat tegas. Selain untuk membuat alis, pensil alis hitam juga berfungsi untuk membuat cundang. Cundang adalah segitiga hitam meruncing yang ada pada bagian dahi.

  • Aplikasikan Shading dan BlushOn
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : instagram.com @mahaganimakeup

Shading merupakan bagian penting dalam makeup tari Bali, fungsinya untuk mempertegas bentuk wajah. Aplikasikan shading pada bagian hidung, dibawah tulang pipi dan rahang. Khusus pada bagian hidung, shading dibuat lebih tegas dari pada bagian lainnya. Untuk blush on, pilihlah blush on warna merah yang diaplikasikan pada tulang pipi agar tampak lebih menonjol.

  • Pilihlah Lipstik Warna Merah
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : diahcerita.blogspot.com

Makeup tari Bali memiliki ciri khas tampilan warna bibir yang merah, untuk itu gunakanlah lipstik warna merah. Hindarilah penggunaan lipstik yang bersifat matte atau kering. Bingkai bentuk bibirmu terlebih dahulu setelah itu warnai bagian dalamnya.

Baca Juga : Cara Mudah Makeup Imut Seperti Girlband Korea

Baca Juga : Tips Langkah Mudah Makeup Untuk Kulit Berminyak
  • Gunakan Body Painting Warna Putih
Makeup Tari Bali

Sumber Gambar : instagram.com @chicamua93

Langkah terakhir pada makeup tari Bali yaitu membuat gecek. Gecek adalah titik putih yang terdapat pada dahi ( diatas cundang ), pada pelipis di dekat alis, dan pada dada ( tergantung dengan jenis tarianya ). Membuat gecek menggunakan body painting warna putih.

            Nah itulah tips menggunakan makeup tari Bali agar wajah cantik dan memukau. Karena pada dasarnya makeup tari Bali sudah memilik ciri khasnya sendiri.