5 Tips Cara Menggunakan Makeup Natural Yang Tahan Lama

Umumnya banyak wanita yang suka menggunakan makeup dalam kegiatan kesehariaanya. Tentunya makeup yang digunakan harus sesuai dengan setiap kegiatan para wanita tersebut. Pada umumnya banyak wanita yang lebih menyukai tampilan dengan make up natural, karena makeup natural merupakan pilihan yang tepat dan aman agar kita tetap terlihat cantik natural. Dengan banyaknya kegiatan maka diperlukan juga makeup natural yang tahan lama untuk menunjang penampilan.

Dengan makeup natural yang tahan lama tentunya membantu kamu tetap terlihat cantik seharian walaupun dengan semua kegiatan, sehingga kamu tidak perlu repot selalu membetulkan dan merapikan makeup. Untuk mendapatkan hasil makeup natural diperlukan tips-tips tertentu. Inilah tips makeup natural yang tahan lama agar kamu tetap terlihat cantik seharian :

  1. Bersihkan Kulit Wajah Sebelum Makeup

Makeup Natural Yang Tahan Lama

sumber lifestyle.kompas.com

Tips makeup natural yang tahan lama yang pertama yaitu bersihkan kulit wajah sebelum makeup. Bukan rahasia lagi jika salah satu kunci keberhasilan dari makeup adalah makeup dilakukan pada kulit wajah yang bersih. Kulit wajah yang bersih mampu menyerap kosmetik makeup dengan maksimal sehingga hasil makeup akan terlihat lebih sempurna dan tentunya kulit wajah juga terlindungi dari malasah-masalah seperti jerawat atau iritasi.

Dalam membersihkan kulit wajah, kamu bisa mencuci wajahmu menggunakan sabun cuci muka atau facial wash, usahakan penggunaan facial wash sesuai dengan jenis kulit wajah. Misal jenis wajah kamu kering, maka akan lebih baik menggunakan facial wash untuk kulit kering. Jika dalam keadaan tertentu, kamu juga bisa menggunakan susu pembersih atau milk cleanser untuk membersihkan kulit wajahmu sebelum mulai bermakeup. Atau kamu juga bisa menggunakan air mawar viva yang bermanfaat membersihkan wajah dari kotoran yang suling dibersihkan.

  1. Gunakan Pelembab Wajah

Makeup Natural Yang Tahan Lama

sumber prelo.co.id

Setelah kulit wajahmu sudah bersih langkah tips makeup natural yang tahan lama selanjutnya adalah menggunakan pelembab wajah. Oleskan pelembab tipis-tips pada seluruh permukaan kulit wajah. Fungsi dari penggunaan pelembab wajah yaitu agar kulit wajahmu terjaga kelembapannya sehingga tetap terlihat cerah dan segar. Gunakan pelembab sesuai jenis kulit wajah, jika kulit kamu sensitif maka gunakan pelembab wajah untuk kulit sensitif.

Jika kamu lebih sering beraktivitas di luar ruangan atau outdoor kamu bisa mengganti penggunaan pelembab dengan menggunakan sunsceam wajah agar kulit wajahmu tetap sehat dan terhindar dari radiasi sinar matahari atau sinar UV dan radikal bebas yang dapat merusak kulit wajah. Jika kulit wajah kamu sensitif baiknya kamu menggunakan sunscreen untuk kulit sensitif agar lebih maksimal dalam penggunaannya.

  1. Gunakan Foundation dan Powder Sesuai Jenis Kulit

mascara

sumber idntimes.com

Tips berikutnya yaitu menggunakan foundation dan powder sesuai jenis kulit. Setelah selesai menggunakan pelembab wajah, selanjutnya gunakan foundation. Untuk makeup natural sebaiknya pilihlah liquid foundation atau foundation cair karena lebih ringan di kulit wajah jika dibandingkan dengan foundation cream dan padat sehingga cocok untuk makeup natural.

Untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak sebaiknya pilih foundation yang berbahan dasar air atau water base untuk dapat mengontrol kadar minyak di kulitmu. Cara pengaplikasian foundation yaitu oleskan tipis-tips secara merata pada seluruh permukaan kulit wajah dengan menggunakan spon kemudian haluskan dengan menggunakan brush atau kuas khusus foundation untuk mendapatkan hasil yang natural.

Pilih foundation sesuai dengan warna dan jenis, jika warna kulit kamu sawo matang maka gunakan foundation untuk kulit sawo matang. Apabila wajah kamu sensitif maka gunakan foundation untuk kulit sensitif agar tidak menimbulkan efek samping.

Setelah penggunaan foundation dilanjutkan dengan powder atau bedak. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah berminyak gunakanlah loose powder atau bedak tabur karena tekstur dan kandungannya ringan dan sangat cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan kamu yang memiliki kulit wajah kering, pilihlah compact powder atau bedak padat karena dapat menyeimbangi tekstur kulit wajahmu yang kering.

Cara pengaplikasiannya adalah ratakan powder ke seluruh permukaan kulit wajah dengan menggunakan spon lalu sapukan dengan brush agar hasilnya terlihat lebih halus dan natural. Dengan menggunakan foundation dan powder yang sesuai dengan jenis kulit wajahmu maka akan membuat hasil makeup natural yang tahan lama.

  1. Gunakan Eyeliner dan Mascara Waterproof

Gunakan Eyeliner dan Mascara Waterproof

sumber cantik.tempo.co

Selanjutnya gunakan eyeliner dan mascara waterproof untuk membuat hasil makeup natural yang tahan lama. Yang dimaksud dengan waterproof adalah tahan air, sehingga dengan menggunakan eyeliner dan mascara waterproof akan membuat hasilnya lebih awet dan tahan dari minyak dan keringat pada kulit wajah. Jadi walaupun digunakan seharian hasilnya akan tetap aman.

Cara pengaplikasiannya yaitu setelah kamu selesai merias bagian kelopak mata dengan eyeshadow warna natural lalu lanjutkan penggunaan eyeliner dengan membentuk garis lurus tipis untuk mendapatkan hasil yang natural dan bentuk winged untuk mendapatkan hasil mata terlihat lebih lebar dan tegas namun tetap natural. Untuk pengaplikasian mascara, jepit terlebih dahulu bulu matamu agar terlihat lebih lentik kemudian diberikan mascara agar bulu mata terlihat lebih bervolume.

  1. Gunakan Lipstik Yang Tahan Lama

Gunakan Lipstik Yang Tahan Lama

sumber kawaiibeautyjapan.com

Tentunya lipstik memiliki peranan penting dalam penampilan seorang wanita. Untuk itu penggunaan lipstik perlu diperhatikan agar dapat menghasilkan makeup natural yang tahan lama. Untuk amannya kamu bisa menggunakan matte lipstik karena pada dasarnya matte lipstik akan lebih awet dan tahan lama di bibir kita.

Untuk mendapatkan hasil makeup yang natural maka cara pengaplikasiannya yaitu pilihlah matte lipstik dengan warna-warna yang terkesan natural seperti warna cokelat muda, pink muda, peach dan warna yang mirip dengan warna bibirmu. Jika kamu memiliki bibir yang kering kamu bisa mengoleskan pelembab bibir agar bibirmu terlihat segar.

Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan bibir kamu agar nyaman sama digunakan. Jika kamu bingung mencari warna lipstik yang cocok untuk bibir hitam maka kamu sesuaikan saja dengan tema saat kamu berpergian. Jika kamu berani mencoba hal baru, kamu bisa menggunakan lipstik warna coklat.

Nah itulah beberapa tips makeup natural yang tahan lama agar kamu tetap terlihat cantik seharian. Dengan menerapkan tips-tips diatas akan membantumu tampil cantik seharian dengan segala aktivitas tanpa harus repot membenarkan atau merapikan makeupmu.