Cantik di Hari Wisuda? Ini Dia Tutorial Makeup Natural Wisuda

Setiap wanita pasti ingin tampil cantik pada momen-momen bahagia dalam hidupnya. Salah satu moment bahagia yaitu ketia menghadiri upacara kelulusan kuliah atau yang biasa disebut dengan wisuda. Namun tidak semua wanita yang menyukai tampilan makeup yang ful. Tidak sedikit yang menyukai tampilan make up natural, khususnya make up wisuda natural.

Makeup Natural Wisuda

Untuk kamu yang ingin mempercantik diri dihari wisudamu dengan makeup yang terlihat natural, parasayu akan membantu dengan memberikan informasi tentang tutorial makeup natural wisuda. Yuk kita lihat langkah-langkahnya agar kamu terlihat cantik di hari wisuda :

  1. Membersihkan wajah sebelum menggunakan makeup

makeup wisuda

sumber liputan6.com

Langkah pertama make up wisuda yang harus kamu lakukan adalah membersihkan wajah menggunakan facial wash atau sabun cuci muka. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit wajah menjadi bersih sehingga kosmetik makeup akan lebih mudah diaplikasikan, serta untuk mencegah munculnya jerawat.

Dalam membersihkan wajah baiknya kamu menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis wajah kamu. Jika jenis wajah kamu kering, maka gunakanlah facial wash untuk kulit kering agar lebih maksimal dan tidak menimbulkan efek yang negatif.

  1. Agar wajah tidak terlihat kering gunakan moisturizer / pelembab wajah

makeup wisuda

sumber tribunnews.com

Selanjutnya gunakan moisturizer atau pelembab yang berfungsi untuk menyeimbangi kadar kelembaban kulit. Kulit akan terhidar dari kekeringan dan akan tampak lebih cerah. Selain itu pelembab yang mengandung SPF dapat melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV dari matahari dan radikal bebas. Jika kulit wajah kamu sensitif, maka gunakan pelembab wajah untuk kulit sensitif agar tidak menimbulkan efek samping.

  1. Gunakan foundation cair

wanita menggunakan foundation

sumber bisikan.com

Langkah berikutnya yaitu penggunaan foundation. Untuk makeup natural wisuda lebih disarankan menggunakan liquid foundation atau foundation cair karena tekstur dan kandungannya yang ringan namun dapat mencover dengan baik sehingga hasil makeup akan terlihat natural. Aplikasikan foundation menggunakan spon secara merata di seluruh permukaan kulit. Jika kamu bingung dalam menggunakan produk foundation kamu bisa membaca rekomendasi foundation yang bagus untuk kamu gunakan.

Dalam menggunakan foundation baiknya kamu mengetahui warna kulit kamu dan jenis kulit kamu. Jika kulit kamu berwarna sawo matang maka baiknya kamu menggunakan foundation untuk kulit sawo matang dan jika kulit wajah kamu sensitif maka gunakanlah foundation untuk kulit sensitif agar terhindar dari efek negatif seperti jerawat.

  1. Untuk menyamarkan noda diwajah gunakan concealer

Makeup Natural Wisuda

Sumber Gambar : dailymail.co.uk

Setelah itu dilanjutkan dengan penggunaan concealer yang berfungsi untuk menyamarkan noda-noda atau flek hitam seperti bekas jerawat dan kantung mata. Cara pengalikasiannya yaitu tutupi hanya pada bagian kulit wajah yang terdapat flek-flek hitam dan kantung mata, ratakan dengan menggunakan spon atau kuas concealer.

  1. Gunakan loose powder / bedak tabur sesuai dengan warna kulit

wanita menggunakan bedak

sumber tribunnews.com

Langkah makeup natural wisuda berikutnya yaitu menggunaan loose powder atau bedak tabur. Pilihlah warna bedak tabur yang sesuai dengan warna kulitmu. Gunakan spon bedak untuk mengaplikasikannya secara merata di seluruh kulit wajah. Jangan gunakan secara berlebihan untuk mendapatkan hasil yang natural. Jika kamu masih berusia remaja, baiknya kamu menggunakan bedak untuk remaja untuk menghindari efek negatif.

  1. Gunakan compact powder / bedak padat

wanita menggunakan bedak padat

sumber kumparan.com

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan compact powder atau bedak padat. Untuk hasil yang natural serta terlihat halus dan rapi, sapukan dengan menggunakan brush atau kuas secara merata keseluruh permukaan kulit wajah. Jika ingin memberikan efek natural glowing, bisa menggunakan compact powder yang mengandung shimmer. Agar makeup lebih lama pada kulit wajah yang berminyak baiknya kamu menggunakan bedak tahan lama untuk kulit berminyak.

  1. Sempurnakan bentuk wajah dengan teknik shading  pada bagian hidung

Makeup Natural Wisuda

Sumber Gambar : elbashayeronline.com

Shading berfungsi untuk membantu menyempurnakan bentuk wajah. Pada makeup natural wisuda gunakan shading pada bagian hidung untuk memberikan kesan hidung mancung, di bawah tulang pipi untuk memberi kesan tulang terlihat lebih menonjol dan bagian rahang untuk memberikan kesan wajah tirus.

  1. Gunakan eyeshadow dengan warna pastel agar terlihat natural

Makeup Natural Wisuda

Sumber Gambar : nerdygirlmakeup.com

Untuk makeup natural wisuda, gunakan eyeshadow dengan pilihan warna-warna pastel yang terkesan natural dan lembut seperti warna cokelat muda, pink muda dan warna peach pada kelopak matamu. Untuk sudut mata luar gunakanan eyeshadow warna cokelat tua, baurkan dengan rapih menggunakan brush. Berikan higlight pada bagian tulang alis atau di bawah alis.

  1. Mempertajam bagian mata dengan eyeliner

bentuk mata

Sumber Gambar : pinterest.co.uk

Langkah selanjutnya yaitu penggunaan eyeliner. Eyeliner berfungsi untuk mempertajam dan memperbesar tampilan mata. Untuk hasil makeup natural wisuda kamu bisa mengamplikasikan eyeliner dengan bentuk garis lurus tipis, bentuk winged (garis lurus yang kemudian semakin melebar) dan bentuk cat eye. Jika bingung menggunakan produk eyeliner, kamu bisa membaca pilihan eyeliner favorit agar lebih maksimal.

  1. Berikan mascara pada bagian bulu mata agar tampilan lebih bervolume

wanita menggunakan maskara

sumber tribunnews.com

Fungsi mascara yaitu untuk memberikan tampilan bulu mata lebih bervolume. Sebelum menggunakan mascara, terlebih dahulu jepit bulu mata  agar menjadi lebih lentik. Kemudian tambahkan dengan penggunaan bulu mata palsu, pilihlah bulu mata yang tidak terlalu tebal agar terlihat natural. Setelah itu aplikasikan mascara agar bulu mata palsu dan asli menyatu dan lebih bervolume. Jika kamu belum bisa menggunakan maskara, kamu bisa membaca ulasanya cara pakai maskara yang baik dan benar dan produk maskara yang bagus.

  1. Tahapan selanjutnya membentuk alis

alis mata

Sumber Gambar : youtube.com

Membentuk alis merupakan hal yang penting dalam proses makeup karena alis merupakan bingkai wajah. Pada makeup natural wisuda, bentuklah alismu secara natural. Pertama bingkai alis terlebih dahulu menggunakan eyebrow atau pensil alis yang bagus, kemudian isi alis menggunakan eyebrow powder, lalu baurkan dengan rapi pada bagian pangkal alis agar terlihat natural.

  1. Berikan kesan kesegaran pada wajah dengan blush on

wanita menggunakan blush on

sumber makassaroishi.com

Berikutnya adalah penggunaan blush on yang berfungsi untuk mencerahkan, menyegarkan dan meronakan pipimu. Untuk mendapatkan hasil yang natural, pilihlah blush on dengan warna pink muda dan peach. Aplikasikan blush on pada bagian tulang pipi dengan menggunakan brush, caranya disapukan dan dibaurkan dengan rapih.

  1. Bagian terakhir yaitu gunakan lipstik

wanita menggunakan lipstik

sumber liputan6.com

Langkah terakhir untuk makeup natural wisuda adalah penggunaan lipstik. Untuk hasil yang natural, gunakan lipstik warna natural seperti pink muda, peach dan lipstik warna coklat muda atau warna yang sama dengan warna bibir. Untuk kamu yang memiliki bibir kecil gunakan lipstik glossy, sedangkan untuk kamu yang memiliki bibir tebal gunakan lipstik matte.

Nah itulah langkah-langkah tutorial make up natural wisuda yang dapat kamu lakukan agar kamu bisa tampil cantik di hari wisudamu. Mudah bukan? Selamat mencobanya yaa..