Begini Cara Menghitung Siklus Haid yang Benar

Setiap wanita yang belum menopause sudah pasti akan mengalami menstruasi atau datang bulan normalnya setiap sebulan sekali. Namun kapan datangnya menstruasi setiap wanita tentu tidak sama, akan tetapi kapan datangnya haid dapat dihitung atau diprediksikan. Hal tersebut sangat penting terutama bagi yang sedang promil wajib tahu cara menghitung siklus haid. Selain mengetahui siklus haid mengetahui cara menghitung berat badan ideal juga tidak kalah penting karena hal tersebut juga dapat mempengaruhi hormon yang mungkin akan berpengaruh juga terhadap siklus haid.

Mengetahui siklus haid ini memang sangat penting dan tidak hanya ketika sedang program hamil saja, akan tetapi siklus haid juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mendeteksi kesehatan. Salah satu contoh ketika sedang stress tentu saja haid yang dialami berbeda dengan saat sedang bahagia. Nah sebelum penulis berbagi tentang bagaimana menghitung siklus haid alangkah lebih baik jika memahami terlebih dahulu apa itu siklus haid atau menstruasi.

Apa Itu Siklus Menstruasi?

Setiap wanita mempunyai masa menstruasi yang berbeda-beda yaitu 7 hari sampai 15 hari bahkan ada juga yang hanya mengalami masa menstruasi selama 3 hari setiap bulannya. Nah apa sih siklus menstruasi itu? Siklus menstruasi adalah lamanya masa menstruasi sejak hari pertama sampai hari pertama menstruasi di bulan selanjutnya.

Secara normal siklus menstruasi wanita setiap 28 hari namun kembali lagi siklus menstruasi setiap wanita berbeda beberapa wanita mungkin ada yang mengalami siklus menstruasi 21 hari bahkan ada yang 35 hari. Namun semua itu masih tergolong normal akan tetapi sebagai wanita harus paham betul tentang cara menghitung siklus haid.

Bagaimana Menghitung Siklus Haid yang tepat?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa siklus haid adalah hari pertama haid sampai dengan hari pertama haid di bulan selanjutnya. Bagaimana dengan flek yang sering keluar di awal-awal menjelang haid? Apakah itu termasuk dari hitungan menstruasi?

Khusus untuk flek yang biasanya keluar sebelum darah menstruasi tidak termasuk hitungan dalam siklus haid. Adapun contoh cara menghitung siklus haid adalah sebagai berikut ini:

Misalkan pada tanggal 5 Desember Anda mengalami menstruasi dan jika siklus haid Anda 28 hari, maka tanggal 2 Januari seharusnya Anda kembali haid. Sedangkan jika Anda mengalami menstruasi pada tanggal 26 Desember, maka itu artinya siklus haid Anda hanya 21 hari sekali.

Selain itu ada beberapa wanita yang mengalami siklus haid tidak teratur, terus bagaimana menghitung siklus haid yang tidak teratur?

Inilah Cara Menghitung Siklus Haid yang Tidak Teratur

Tidak bisa dipungkiri sebagian wanita ada yang mengalami menstruasi dengan siklus yang tidak rutin bahkan beberapa wanita mengalami menstruasi 2 bulan sekali. Bagaimana cara menghitung siklus haid bagi wanita yang menstruasinya tidak teratur?

Beberapa wanita ada yang mengalami siklus haid setiap 30 hari sekali, 25 hari bahkan 35 hari. Sekilas menghitung siklus menstruasi yang tidak teratur memang ribet namun pada dasarnya sama saja. Lalu seperti apa hitungan siklus bagi wanita yang menstruasinya tidak teratur?

Perhitungan siklus menstruasi wanita yang tidak teratur diambil rata-rata dari total siklus menstruasi yang terjadi selama 6 bulan atau setengah tahun. Misalkan siklus menstruasi Yuni selama 6 bulan 25 hari, 35 hari, 25 hari, 30 hari, 25 hari dan pada bulan keenam 35 hari maka siklus menstruasi yang sebenarnya adalah total siklus hari (25+35+25+30+25+35) : 6 = 29,17 hari. Jadi dari ilustrasi tersebut dapat diambil kesimpulan siklus menstruasi Yuni adalah sekitar 29 hari.

Menghitung dan mencatat siklus menstruasi setiap bulan ini menjadi sangat penting terutama bagi wanita yang siklus menstruasinya kurang teratur. Dengan selalu rajin mencatat dan menghitung siklus menstruasi maka dapat mengetahui bagaimana kondisi dari kesehatan.

Penting Mengetahui Siklus Menstruasi Bagi yang Ingin Program Kehamilan

Setiap wanita yang sudah menikah tentu saja ingin memiliki buah hati dan setiap perempuan tentu saja memiliki tingkat kesuburan yang tidak sama bahkan waktu subur wanita tidak sama. Mempunyai catatan tentang siklus menstruasi ini sangat penting bagi yang ingin melakukan program kehamilan terutama yang menginginkan program kehamilan secara alami. Sehingga mengetahui cara menghitung siklus haid ini memang sangatlah penting bagi semua pasangan suami istri.

Bagi yang ingin cepat memiliki buah hati, maka hendaknya pembuahan dilakukan saat masa subur karena ketika masa subur diyakini dapat memudahkan sel sperma dapat membuahi sel telur atau ovum. Kapan sih masa subur atau tanggal-tanggal subur dari seorang wanita?

Secara pastinya masa subur seorang wanita tidak dapat diketahui hanya saja dapat dibuat perkiraan dari patokan siklus menstruasi. Jika Anda ingin mengetahui perkiraan drai masa subur Anda, maka perlu perhatikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Masa subur seorang wanita diperkirakan terjadi pada 14 hari sebelum haid bulan berikutnya datang. Sehingga atas dasar tersebut memiliki catatan tentang siklus haid sangat perlu.
  2. Tambah satu hari sebelum dan setelah perkiraan tanggal masa subur, dimana dapat diartikan masa subur dari seorang wanita hanya 3 hari setiap satu siklus haid atau menstruasi.

Agar apa yang penulis jelaskan diatas lebih jelas sebaiknya Anda menyimak ilustrasi penting ini. Misalkan Molly memiliki siklus haid yang normal yaitu 28 hari dimana hari pertama Molly haid adalah tanggal 1 Desember maka berdasarkan siklus haid Molly, Molly akan mengalami menstruasi kembali pada tanggal 29 desember. Nah kapan masa subur dari Molly? Karena masa subur adalah dihitung dari 14 hari sebelum masa haid bulan selanjutnya, maka masa subur Molly jatuh pada tanggal 16 Desember dan juga sehari sebelum tanggal 16 yaitu 15 Desember serta satu hari setelah tanggal 16 yaitu 17 Desember.

Setelah mengetahui perkiraan dari masa subur maka dapat memaksimalkan proses pembuahan pada waktu tersebut jika ingin segera memiliki momongan. Sebaliknya bagi yang ingin menunda momongan perlu menunda proses pembuahan saat di 3 hari tersebut.

Selain masa subur dapat diprediksi sebetulnya ada beberapa tanda-tanda khusus bagi wanita yang sedang pada masa subur, apa saja tanda-tandanya? Bagi wanita yang sedang berada pada masa subur biasanya mengalami nyeri dibagian tubuh tertentu seperti pinggul, payudara dan juga mengalami keputihan yang berlebih dari biasanya.

Setelah mengetahui uraian lengkap tentang cara menghitung siklus haid, kira-kira Anda termasuk yang mana apakah termasuk wanita yang mengalami siklus menstruasi secara normal atau sebaliknya masuk dalam kategori wanita dengan siklus haid yang tidak teratur. Sebetulnya teratur atau tidak siklus Anda yang penting masih dalam batas normal atau wajar, namun jika Anda mengalami siklus haid yang tidak wajar dan disusul dengan kondisi kesehatan yang kurang bagus sebaiknya segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan.

mua parasayu