Pengertian Pedagogik Adalah dan 7 Kompetensi Dasarnya

Pedagogik adalah ilmu yang dibutuhkan seorang guru dalam mendidik murid. Beberapa sumber  menyebutkan, bahwa pedagogik ialah kemampuan guru untuk menangkap ilmu atau seni dari murid-muridnya. Pendapat lain menjelaskan, sebagai strategi yang digunakan seorang guru untuk menerangkan teori kepada semua pelajar. Kemampun ini tentu saja perlu diasah terus-menerus, mengingat guru membutuhkan adaptasi terhadap ranah barunya.

Hal tersebut otomatis, membuat kompetensi pedagogik pada guru dan dosen berbeda. Bagi Anda yang mempunyai niat mulai untuk menjadi pengajar, berikut beberapa kompetensi dasar yang wajib dimiliki:

  1. Memahami karakteristik pelajar

Guru dituntut untuk mengidentifikasi  cara belajar setiap muridnya. Selain itu, guru wajib memberikan ruang aktif yang sama bagi semua pelajar. Bahkan kompetensi ini, mengharuskan guru untuk mampu mengatur kelas dan memberikan kesempatan belajar yang sama. Tidak hanya itu, guru juga diminta mengetahui faktor penyimpangan murid. Setelah itu, memberikan kesempatan bagi murid untuk mengembangkan potensinya,

  1. Menguasai teori pengajaran

Guru berada sebagai fasilitator, sehingga Anda dituntut memberi solusi pada murid  untuk menguasai semua materi dengan baik. Bukan hanya menguasai materi, guru juga diminta mengetes pemahaman murid akan teori yang dikuasainya.

  1. Pengembangan kurikulum

Berikutnya, guru wajib merancang silabus teori yang sesuai dengan kurikulum. Selanjutnya, melakukan pengajaran sesuai rancangan silabus. Proses belajar juga dilakukan sesuai urutan materi agar murid menguasai standar yang telah ditetapkan.

  1. Kegiatan belajar yang efektif

Pelaksanaan belajar mengajar dilakukan sesuai rancangan yang telah tersusun. Guru membantu memahamkan materi pelajaran dengan aktivitas belajar yang efektif. Selain itu, pengajar perlu mengkomunikasikan berbagai hal yang baru terkait materi yang diajarkan. Proses pembelajaran harus disesuaikan dengan isi kurikulum yang berlaku. Kegiatan pengajaran juga perlu dilakukan dengan tema bervariatif, sehingga murid tidak mencapai titik jenuh.

  1. Kembangkan potensi pelajar

Aspek yang tidak kalah penting dari kompetensi pedagogik adalah pengembangan potensi murid. Hal ini dapat dilakukan dengan menilai hasil belajar murid, mendukung aktivitas pengajaran sesuai dengan pola pikir setiap murid. Selain itu, hal ini juga bisa dilakukan dengan pembelajaran yang mampu meningkatan kreativitas.

  1. Melakukan komunikasi

Ruang lingkup yang penting, namun sering terlupakan adalah menjalin komunikasi dengan murid. Padahal. Konteks ini krusial untuk menunjang guru dalam menilai pemahaman para pelajar. Caranya mudah, Anda bisa mengajukan pertanyaan. Berikutnya, berikan waktu yang cukup untuk murid menyatakan pemikirannya. Setelah itu, guru menanggapi apa yang dikemukakan pelajar. Pada dasarnya, komunikasi dapat dilakukan dengan beberapa metode sederhana.

  1. Lakukan penilaian serta evaluasi

Penilaian penting bagi pelajar sebagai bentuk hasil belajar. Tetapi tugas guru tidak hanya berhenti pada pemberian nilai. Namun, pengajar juga perlu melakukan evaluasi agar murid paham kompetensi yang belum dikuasainya. Pada tahap ini, guru bisa mendengar masukan dari murid untuk meningkatkan proses pembelajaran berikutnya. Pada intinya, hasil penilaian digunakan sebagai alat ukur yang efektif dalam memulai strategi pembelajaran yang baru.

Kompetensi dasar pedagogik adalah kemampuan pengajar untuk mengembangkan potensi pelajar sesuai kurikulum yang berlaku. Proses belajar dan mengajar bukan satu sistem yang memposisikan guru sebagai maha benar. Pasalnya disini, terjadi pertukaran informasi yang seharusnya mampu ditangkap guru dan murid untuk menyempurnakan sistem pengajaran. Selain itu, guru perlu memastikan semua pelajar mendapat porsi yang sama untuk memperoleh kenyamanan belajar.

mua parasayu