Hukum, Waktu, Cara dan Manfaat Sholat Tasbih

Seluruh umat muslim, tentu termasuk pembaca setia Parasayu diwajibkan untuk melaksanakan sholat fardhu yaitu dhuhur, ashar, magrib, isya’ dan juga subuh. Namun selain 5 sholat wajib tersebut ada beberapa ritual yang juga dapat dikerjakan oleh umat muslim dan dihukumi sunnah salah satunya yaitu sholat tasbih.

Apa sih sholat tasbih itu? Sholat sunnah tasbih merupakan shalat sunnah yang dilaksanakan sebanyak 4 rakaat dimana sepanjang dilaksanakannya shalat sunnah tasbih dibaca atau membaca kalimat tasbih. Sebetulnya untuk hukum dari shalat sunnah tasbih ini terdapat perbedaan pendapat dikalangan ulama muslim.

Dimana sebagian ulama menjelaskan bahwa hukum dari salat tasbih adalah mubah atau boleh dikerjakan. Namun sebagian besar ulama menjelaskan bahwa hukum dari salat tasbih adalah sunnah yaitu apabila dikerjakan mendapat pahala dan apabila tidak dikerjakan atau ditinggalkan tidak berdosa.

Hukum dan Waktu dalam Melaksanakan Sholat Tasbih

Setelah mengetahui hukum dari sholat sunnah tasbih tidak afdol jika tidak mengetahui kapan waktu yang baik untuk melaksanakan shalat sunnah tasbih. Berikut ini adalah waktu-waktu yang baik melaksanakan ritual sunnah tasbih:

  1. Siang hari

Sholat sunnah tasbih baik dilaksanakan setelah waktu dhuhur dan sebelum ashar. Jika melaksanakan shalat sunnah tasbih ketika di waktu siang hari maka dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunnah tasbih sebanyak 4 rakaat dalam sekali salam.

  1. Malam hari

Sholat sunnah tasbih juga sangat baik dilaksanakan ketika waktu malam hari dimana paling bagus dilaksanakan sebanyak 4 rakaat dengan 2 kali salam. Dimana itu adalah perbedaan ketika melaksanakan sholat tasbih di siang hari dengan shalat sunnah tasbih di malam hari.

Waktu yang Tidak di Perbolehkan

Selain ada waktu yang dianjurkan atau baik untuk melaksanakan shalat sunnah tasbih, ada juga beberapa waktu yang tidak diperbolehkan atau dilarang melaksanakan sholat sunnah tasbih. Berikut ini adalah waktu-waktu yang dilarang melaksanakan shalat sunnah tasbih:

  1. Saat muncul matahari

Waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat sunnah apapun termasuk shalat sunnah tasbih yaitu ketika matahari muncul. Kapan waktu matahari muncul? Waktu matahari muncul yaitu setelah subuh sampai dengan sebelum waktu sholat dhuhur.

  1. Saat matahari terbenam

Waktu yang juga dilarang ketika melaksanakan shalat sunnah tasbih yaitu ketika matahari terbenam. Kapan waktu matahari terbenam? Waktu matahari terbenam yaitu setelah waktu sholat ashar sampai dengan waktu sebelum sholat maghrib.

Selain memperhatikan waktu dalam pelaksanaan shalat sunnah tasbih, ada satu hal lagi yang penting untuk diperhatikan yaitu shalat sunnah tasbih tidak dianjurkan dilakukan secara berjamaah. Sehingga jika melaksanakan sholat sunnah tasbih maka haruslah dilakukan sendiri atau mandiri.

Cara dan Manfaat Melaksanakan Sholat Sunnah Tasbih

Gerakan sholat tasbih sama dengan shalat fardhu maupun shalat sunnah lainnya, namun yang membedakannya adalah ada tambahan bacaan tasbih dalam setiap gerakan shalat. Adapun secara lengkap tata cara dalam melaksanakan shalat sunnah tasbih adalah sebagai berikut ini:

  1. Niat shalat sunnah tasbih.
  2. Takbirotul ikhram kemudian membaca do’a iftitah, Al-Fatihah, surat Al-Quran dan 15 kali bacaan tasbih.
  3. Rukuk, membaca do’a rukuk dan tasbih 10 kali.
  4. I’tidal, membaca do’a I’tidal dan tasbih 10 kali.
  5. Sujud, membaca do’a sujud lanjut tasbih 10 kali.
  6. Duduk diantara dua sujud, membaca do’a dan tasbih 10 kali.
  7. Sujud, membaca do’a sujud lanjut tasbih 10 kali.
  8. Berdiri untuk rakaat kedua.
  9. Duduk takhiyat akhir, membaca 10 kali tasbih sebelum bacaan takhiyat akhir.
  10. Salam setelah 2 rakaat atau setelah 4 rakaat.

Melaksanakan shalat sunnah tasbih dengan istiqomah akan banyak manfaat yang diperoleh. Adapun manfaat dari melaksanakan shalat sunnah tasbih adalah sebagai berikut ini:

  1. Kemudahan dalam setiap ujian atau cobaan.
  2. Dihapuskannya dosa.
  3. Untuk memperberat timbangan amal.

Itu adalah hukum, waktu, tata cara dan juga manfaat yang akan diperoleh bagi siapapun yang melaksanakan shalat sunnah tasbih. Jika ingin mengetahui lebih jelas tentang shalat sunnah tasbih langsung saja kunjungi website parasayu.

mua parasayu