7 Tata Cara Mandi Wajib Atau Junub

Setiap muslim yang sudah baligh dan sedang dalam kondisi hadas besar maka diwajibkan untuk mandi wajib atau junub. Karena hukumnya yang wajib maka sudah seharusnya umat muslim harus tahu tentang tata cara mandi wajib atau junub. Nah penjelasan lengkapnya kamu juga dapat membaca dari website parasayu yang memang sangat lengkap menjelaskan tentang bagaimana tata cara untuk melakukan mandi wajib.

Kapan sih umat muslim yang sudah baligh diwajibkan untuk melakukan mandi wajib? Seluruh muslim maupun muslimah harus paham nih kapan saja diharuskan untuk mandi wajib atau junub. Mandi wajib atau junub dilakukan disebabkan karena beberapa hal yaitu selesai masa menstruasi atau haid, seusai nifas, keluarnya mani baik disengaja maupun tidak disengaja (mimpi basah), dan setelah bersenggama atau melakukan hubungan suami istri. Bagaimana cara melakukan mandi wajib agar suci dari hadas besar maupun kecil?

Tata Cara Mandi Wajib agar Suci dari Hadas Besar

Bagi seluruh muslim baik laki-laki maupun perempuan sangat penting memperhatikan bagaimana tata cara mandi wajib agar terbebas dari najis akibat hadas besar. Berikut ini adalah tata cara atau tahapan dalam melakukan mandi wajib:

  1. Membaca Niat

Pertama kali yang harus dilakukan ketika melakukan mandi wajib atau junub adalah niat dimana niat ini harus disesuaikan dengan hadas besar yang akan dibersihkan dimana niat mandi wajib untuk bersih dari hadas besar haid berbeda dengan niat mandi wajib bersuci dari nifas.

  1. Membersihkan tangan, kemaluan dan dubur

Setelah niat maka yang dilakukan adalah membersikan kedua telapak tangan sebanyak 3 kali kemudian dilanjutkan dengan membersihkan bagian kemaluan dan juga dubur. Saat membersihkan kemaluan dan juga dubur jangan lupa menggunakan tangan kiri ya dan pastikan lagi jika kedu atangan sudah bersih.

  1. Berwudhu

Setelah memastikan anggota badan yang kotor bersih kamu dapat melakukan tahapan selanjutnya yaitu berwudhu. Berwudhu dalam mandi wajib ini sama dengan saat kamu wudhu sebelum melakukan sholat ya yaitu mulai dari membasuh wajah, kedua tangan sampai siku, mengusap kepala dan telinga kemudian diakhiri dengan membasuh kaki hingga mata kaki.

  1. Membilas bagian kepala

Setelah rentetan ritual wudhu dilakukan maka kamu dapat melanjutkan dengan membasahi bagian kepala sampai ke pangkal rambut. Bagaimana cara melakukannya? Siram kepala dengan air bersih dan suci sebanyak tiga kali, pastikan rambut atau kepala basah hingga ke pangkalnya ya. bagi perempuan yang memiliki rambut panjang boleh menyanggul atau membiarkannya tetap terurai.

  1. Mengguyur seluruh tubuh

Setelah menyiram bagian kepala dan juga rambut maka langkah selanjutnya yang juga sangat penting ketika melakukan mandi wajib adalah mengguyur atau menyiram seluruh anggota tubuh. Saat menyiram seluruh tubuh dimulai dari bagian tubuh sebelah kanan terlebih dahulu kemudian lanjut ke bagian tubuh sebelah kiri.

  1. Memastikan semua bersih

Setelah semua rangkaian diatas dilakukan maka pastikan seluruh anggota badan terutama bagian lipatan-lipatan kulit salah satunya ketiak tersiram dengan air dan sudah benar-benar bersih.

  1. Berwudhu sebelum selesai mandi

Sebenarnya setelah semua tubuh bersih tidak perlu untuk berwudhu namun jika setelah melakukan semua prosesi mandi wajib diatas dan kamu menyentuh kemaluan maka diharuskan untuk kembali berwudhu. Sedangkan jika prosesi mandi wajib sudah dilakukan dan tidak menyentuh bagian kemaluan maka tidak diharuskan untuk berwudhu.

Bagaimana setelah membaca uraian tentang tata cara mandi wajib atau junub di atas sekarang kamu sudah paham bukan? Nah setelah mengetahui tata caranya jangan lupa diterapkan ketika melakukan mandi wajib ya. Semoga bermanfaat dan menjadi amal ibadah kita semua.

mua parasayu