Tata Cara Sholat Jenazah Laki-laki dan Perempuan

Salah satu kewajiban bagi muslim yang hidup untuk saudara muslim yang sudah meninggal adah mensholatkan. Oleh sebab itu umat muslim harus tahu betul bagaimana tata cara sholat jenazah baik untuk jenazah laki-laki maupun perempuan.

Sebetulnya gerakan atau tata cara dalam mensholati jenazah muslim laki-laki maupun muslim perempuan sama, namun yang membedakan adalah doa dan juga niatnya. Hal tersebut disebabkan karena penyebutan laki-laki dan juga perempuan dalam bahasa arab berbeda. Untuk lebih jelasnya tentang perbedaan doa dan juga niat untuk jenazah laki-laki maupun perempuan kamu dapat langsung mengunjungi web parasayu.

Berikut Ini Tata Cara Sholat Jenazah Laki-laki Maupun Perempuan

Setiap muslim atau muslimah yang meninggal mulai dari bayi sampai orang dewasa wajib untuk di sholatkan. Sebelum jenazah disholatkan maka sebaiknya segala urusan duniawi seperti hutang piutang jenazah diselesaikan terlebih dahulu atau ada yang menanggung. Dimana sholat jenazah ini ada tata caranya, bagaimana tata cara sholat jenazah untuk laki-laki maupun perempuan? Langsung saja perhatikan uraian lengkap berikut ini:

  1. Letakkan jenazah di kiblat

Sebelum melakukan sholat jenazah, terlebih dahulu jenazah baik laki-laki maupun perempuan diletakkan di depan orang yang mensholatkan (di sebelah kiblat) dengan posisi kepala jenazah di sebelah kanan dan kaki jenazah di sebelah kiri. Adapun sholat jenazah dapat dilakukan berjamaah maupun sendiri.

  1. Membaca niat

Sholat jenazah diawali dengan membaca niat dimana untuk niat dalam mensholatkan jenazah laki-laki berbeda dengan niat ketika mensholatkan jenazah perempuan. Sehingga hal tersebut wajib diperhatikan dan jangan sampai keliru bahkan tidak tahu.

Niat merupakan bagian terpenting dalam melakukan segala macam ibadah termasuk juga sholat jenazah. Dimana segala macam perbuatan tergantung pada niatnya, oleh sebab itu pastikan benar dalam berniat.

  1. Takbir pertama

Setelah membaca niat maka sholat jenazah dimulai dengan takbir pertama dimana posisi tangan seperti saat sholat pada umumnya. Pada takbir pertama dalam sholat jenazah membaca surat Al-Fatihah. Ketika melakukan sholat jenazah maka diharuskan untuk berdiri dan bagi yang tidak mampu berdiri maka boleh dengan duduk atau semampunya.

  1. Takbir kedua

Setelah selesai membaca Al-Fatihah maka dilanjutkan dengan takbir kedua dimana saat takbir kedua membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.

  1. Takbir ketiga

Setelah membaca sholawat Nabi Muhammad SAW pada takbir kedua maka dilanjutkan dengan takbir ketiga. Pada takbir ketiga ini membaca doa atau bacaan sholat jenazah dimana ada hal yang perlu di perhatikan yaitu bacaan atau doa antara jenazah laki-laki dan juga jenazah perempuan tidaklah sama. Selain itu bacaan doa sholat jenazah untuk jenazah tunggal (satu) berbeda jika jenazah lebih dari satu.

  1. Takbir keempat

Pada takbir keempat dari sholat jenazah membaca doa yang mana antara jenazah laki-laki dan juga perempuan berbeda. Dimana takbir keempat ini merupakan takbir terakhir dalam melakukan sholat jenazah.

  1. Diakhiri dengan salam

Setelah takbir keempat dan selesai membaca doa maka diakhiri dengan salam yaitu memalingkan wajah ke kanan dan juga ke kiri sambil mengucapkan salam.

Satu hal yang harus difahami oleh umat muslim ketika mensholatkan jenazah yaitu sholat jenazah dilakukan sebanyak 4 takbir seperti yang sudah dijelaskan diatas. Selain itu dalam sholat jenazah dilakukan tanpa sujud dan juga tanpa rukuk.

Demikian itu adalah tata cara sholat jenazah yang wajib diperhatikan oleh seluruh umat muslim terutama doa dalam melaksanakan sholat jenazah. Semoga uraian diatas dapat diambil manfaatnya.

mua parasayu