Bukan tidak mungkin perawatan rambut kering pada anak itu perlu dilakukan. Sebab anak tidak mustahil mengalami masalah rambut kering seperti hanya perempuan dewasa. Apalagi, anak memiliki tingkat keaktifan yang luar biasa. Suka bermain di luar rumah, tentu akan menyebabkan banyak masalah rambut muncul.

Selain itu, masalah rambut kering juga biasanya diikuti dengan kondisi rambut yang tipis. Hal ini tak lepas dari seringnya rambut anak mengalami paparan sinar matahari secara langsung. Akibatnya, rambut anak menjadi lembab dan kering. Sehingga anak membutuhkan perawatan tertentu yang bisa membuat rambut anak menjadi lebih sehat.

Bentuk Perawatan Rambut Kering Pada Anak

Karena permasalah rambut kering pada anak lebih banyak diakibatkan oleh aktivitas di luar rumah. Maka cara pertama yang bisa kita lakukan sebagai orang tua adalah melindungi rambut kepala anak dari paparan sinar matahari secara langsung. Kita bisa menggunakan penutup kepala seperti topi atau yang lainya. Selain itu, kalau rambut anak sudah terlanjut kering, ada baiknya kita perhatikan:

  1. Pilihan shampoo

Dalam meilih shampoo untuk anak banyak hal yang harus diperhatikan, diantaranya bahan-bahan dalam sampoo, aroma sampoo dan juga jenis rambut anak. Jangan sesekali menggunakan shampoo untuk orang dewasa kepada anak-anak karena rambut yang awalnya sudah kering maka akan tambah menjadi rusak bahkan akan menimbulkan kerontokan. Untuk rambut kering pilih shampoo yang melembabkan kulit seperti shampoo dengan aroma dan ekstrak buah-buahan.

  1. Perhatikan gaya rambut anak

Bagi orang tua yang mempunyai anak perempuan, biasanya anak perempuan akan kelihatan lebih rapi, lucu dan imut jika rambutnya diikat membentuk suatu pola dengan menggunakan pita yang lucu. Namun hal tersebut bisa menyebabkan rambut anak dari yang awalnya kering menjadi rontok.

Sebaiknya, hindari mengikat rambut anak terlalu ketat. Misalnya, jika anak mengalami masalah rambut kering, hindari mengikat rambut model kepang yang terlalu ketat. Dan untuk anak laki-laki pada saat merapikan jangan menggunakan bahan kimia seperti pomet. Dari segi umur belumlah sesuai, dan dari segi keamanan juga tidak sepenuhnya aman. Pomet bisa memyebabkan rambut anak semakin rusak. Lebih baik menggunakan minyak rambutĀ  yang alami seperti menggunakan minyak kemiri.

  1. Takaran shampoo

Jangan terlalu banyak memberikan shampoo kepada anak saat keramas karena untuk rambut yang kering akan membuat rambut semakin kering bahkan kusam dan rontok. Gunakan shampoo secukupnya saja, sesuai dengan tebal atau tipisnya rambut anak. Serta pilihlah aroma shampoo yang tidak menyengat karena shampoo yang memiliki bau menyengat berarti kadar bahan kimianya lebih banyak dan itu tidak bagus untuk rambut.

  1. Dengan menggunakan madu

Madu sering digunakan sebagai bahan campuran untuk makanan dan bahan kosmetik kecantikan. Ternyata madu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut anak. Madu dapat menjadikan akar rambut semakin kuat, mengurangi kerontokan sekaligus membantu mengurangi masalah rambut yang kering. Caranya juga cukup mudah tinggal dioleskan pada rambut, pijat dengan lembut lalu diamkan hingga kering. Setelah itu bisa langsung kita bilang dengan air bersih atau bisa juga kita bilas dengan shampoo terlebih dahulu. Lakukan 2-3 kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

  1. Dengan menggunakan seledri

Seledri ternyata memiliki manfaat untuk perawatan rambut kering untuk anak. Menggunakan daun seledri untuk perawatan rambut, bisa dikategorikan sebagai bentuk perawatan yang aman karena tidak menimbulkan iritasi dan efek samping. Sehingga para ibu tidak perlu khawatir. Daun seledri bisa untuk memulihkan atau menghilangkan rambut kering, dan bisa juga melebatkan rambut dan menguatkan akar rambut.

Nah itulah beberapa bentuk perawatan rambut kering pada anak yang perlu para bunda perhatikan. Kalau bukan kita yang menjaga anak-anak siapa lagi.

Baca Juga : 7 Bentuk Perawatan Tubuh Setelah Melahirkan Secara Tradisional

Baca Juga : 6 Perawatan Rambut Kering Berketombe Yang Aman