Ada banyak tipe perawatan rambut kering yang kita lakukan. Bisa perawatan rambut kering berketombe, perawatan rambut kering bercabang, perawatan rambut kering rontok dan lain sebagainya. Permasalah rambut kering memang kerap memunculkan atau bersamaan dengan masalah rambut yang lainya.

Perawatan Rambut Kering Berketombe Yang Aman

Rambut kering merupakan ciri paten rambut tidak sehat. Selain itu, kebanyakan kasus rambut kering justru bisa mengundang ketombe pada rambut. Sehingga rambut akan menjadi gatal dan rusak. Kali ini kita akan bahas mengenai bentuk-bentuk perawatan rambut kering dan berketombe yang pastinya sangat bermanfaat buat kamu. Dengan langkah-langkah praktis, kamu bisa dengan mudah mengaplikasikannya ke rambutmu. So guys, let your precious crown shining..

  1. Menggunakan Pace atau Mengkudu

Siapa sangka, buah berbau kurang sedap ini memiliki khasiat sebagai penghilang ketombe dan juga bisa mengatasi kerusakan rambut.  Pace bisa langsung digunakan pada kulit kepala atau bisa juga untuk masker rambut.

Caranya ialah, kamu hanya perlu menggosokkan buah pace yang dikelupas sedikit, gosokkan pada rambut sebagai masker. Kita bisa langsung menggunakan pace pada kulit kepala. Atau kalau tidak, kita juga bisa menjadikanya sebagai masker rambut. Setelah menggunakannya, diamkan rambutmu selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air dan keramaslah. Lakukan selama kurang lebih satu minggu sekali agar hasil yang didapatkan maksimal.

Baca Juga : 5 Cara Alami Mengatasi Rontok Bagi Wanita Berhijab
  1. Minyak Kelapa

Minyak yang terbuat dari sari kelapa ini ternyata juga bisa mengatasi rambut yang rontok, kering, dan juga berketombe. Bahkan bahan yang satu ini telah lama di kenal di kalangan masyarakat jawa.

Kamu hanya perlu menggunakannya setidaknya satu kali dalam sehari, agar ketombe bersih dan rambut rontok bisa berkurang. Minyak kelapa juga dipercaya bisa menguatkan rambut dan membuat rambut berkilau. Banyak sekali manfaat dari minyak kelapa sehingga tak heran, banyak masyarakat yang memanfaatkannya.

  1. Yoghurt

Yoghurt merupakan olahan susu yang difementasikan. Hasil olahan susu ini ternyata memiliki khasiat yang baik untuk mengatasi rambut rontok dan kering. Yogurt bisa menjadi alternatif alami sebagai masker agar rambut terjaga kekuatan dan kesehatannya. Kamu bisa menggunakan yogurt dua kali dalam seminggu ataupun dua hari sekali untuk hasil yang maksimal.

  1. Jeruk Nipis

Cara mengatasi rambut kering dan berketombe lainnya ialah dengan menggunakan air perasan jeruk nipis. Kamu cukup mencampurkan perasan jeruk nipis dengan air hangat atau air dingin. Lalu jadikan masker untuk rambutmu dan diamkan selama 30 menit. Setelah 30 menit, kamu bisa membilasnya. Untuk hasil lebih baik, dianjurkan bilas menggunakan sampo agar rambut bisa benar-benar bersih.

  1. Perbanyak minum air putih

Meski klise, nyatanya memang memperbanyak minum air putih merupakan cara jitu dan mudah meyelesaikan masalah kekeringan pada tubuh. Selain menyegarkan untuk tubuh, minum air putih juga mampu menyegarkan rambut dan kulit kepala. Minum air putih secara rutin minimal 8 gelas belimbing dalam sehari, maka rambut dan kulitmu akan menjadi lebih segar dan yang pastinya bebas kering.

  1. Hindari penggunaan hair styling

Hair styling seperti pelurus ataupun pengeriting rambut memang bisa mengubah penampilan kamu jadi lebih elegan. Namun, harus kamu tahu, menggunakan produk styling tersebut justru akan membuat rambut kering karena panas yang dihasilkan. Dan, menggunakan produk tersebut bisa merusak folikel rambut secara permanen. Rambut yang panas bisa mengakibatkan kulit rambut menghasilkan ketombe. So.. hindari penggunaan produk styling ya, lebih baik menikmati hasil alami sebagai tanda syukur ke Tuhan bukan?

Jadi tidak ada salahnya kita mencoba berbagai cara perawatan rambut kering berketombe di atas, toh caranya cukup murah dan aman untuk dilakukan. Cara nomor 5 juga baik untuk kesehatan kita.

Baca Juga : Cara Mengetahui Jenis Rambut dan Tips Untuk Mengurangi Kerusakan Rambut

Baca Juga : 6 Cara Modern Mengatasi Rambut Rontok Akibat Pewarna