Memiliki wajah yang terlihat putih, bersih, dan bercahaya adalah dambaan setiap kaum perempuan. Namun banyaknya kriteria jenis wajah setiap orang yang berbeda membuat cara perawatan yang digunakan juga berbeda agar memperoleh hasil yang diinginkan. Lalu apakah kosmetik yang anda gunakan untuk perawatan wajah sudah tepat dan cocok?

Cara Memilih Kosmetik Yang Tepat

Karena kosmetik adalah alat yang digunakan untuk membuat wajah agar terlihat lebih cantik maka jangan sampe kosmetik yang anda gunakan justru akan membuat keindahan wajah anda rusak maupun menjadi berubah. Maka perlu diperhatikan terlebih dahulu bagaimana cara memilih kosmetik yang baik.

  1. Pahami jenis kosmetik yang beredar

          Kosmetik yang beredar di pasaran sangat beragam baik merek, jenis, kegunaan maupun warna dan bentuknya, sehingga sering membingungkan konsumen dalam pemilihan kosmetik. Tranggono (2007:8) mengatakan bahwa penggolongan kosmetik menurut penggunaannya bagi kulit terbagi dalam 2 jenis yaitu : (1) kosmetik untuk perawatan kulit, merupakan kosmetik untuk memelihara, merawat dan mempertahankan kondisi kulit. (2) kosmetik riasan, merupakan kosmetik untuk memperindah wajah.

  1. Pahami jenis kulit kamu

          Dalam melakukan perawatan wajah dengan manggunakan kosmetik perlu dianalisis terlebih dahulu jenis kulit yang dimiliki. Karena baik kosmetik untuk perawatan wajah maupun untuk riasan wajah memberikan pengaruh positif dan negatif. Hayatunnufus (2009:37-38) menjelaskan akibat atau pengaruh yang ditimbulkan kosmetik terhadap kulit, untuk pengaruh positif, pemakaian kosmetik diharapkan kulit menjadi bersih dan segar serta menjadi lebih muda dengan syarat jika kosmetik yang dipilih sesuai dengan jenis kulit wajah dan digunakan secara benar.

          Pengaruh negatifnya adalah timbulnya kelainan pada kulit bisa jadi kulit menjadi gatal-gatal, kemerahan, bengkak ataupun timbul noda hitam. Oleh sebab itu harus diusahakan agar pengaruh negatif tersebut tidak muncul. Jenis kulit dibedakan sebagai berikut: kulit normal/kombinasi, berminyak, kering, sensitif. Namun pada dasarnyua kulit akan berubah seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

  1. Untuk Jenis kulit normal, pilih kosmetik ini

Jenis kulit normal memiliki keseimbangan yang baik serta kadar air dan minyak yang tepat. Ciri-cirinya adalah berikut ini :

  • Tidak memiliki atau hanya sedikit memiliki noda
  • Tidak memiliki sensitivitas yang parah terhadap zat tertentu
  • Pori-pori hampir tak terlihat
  • Tampak bercahaya

Jenis kulit normal umumnya dapat menggunakan kosmetik apasaja asalkan memiliki kandungan yang baik karena kulit normal apabila terpengaruh hal negatif dari kosmetik akan cepat pulih dan itu sangat memudahlan dalam perawatan kulit. Perawatan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana seperti cukup menggunakan pembersih wajah, dan bedak ataupun foundatios secukupnya.

  1. Untuk Jenis kulit kombinasi, Pilih ini

Jenis kulit kombinasi, bisa kering dan bisa normal di beberapa area wajah dan dapat pula berminyak diarea lain. Area kulit yang berminyak berada di area hidung, dahi dan dagu sehingga pada area itu harus benar-benar diperhatikan karena selain faktor tersebut kulit kombinasi juga dapat disebabkan karena faktor cuaca. Berikut merupakan ciri-ciri dari kulit kombinasi :

  • Pori-pori yang terlalu melebar
  • Terdapat komedo
  • Kulit terlihat mengkilap

Jenis kulit kombinasi umumnya dapat menggunakan jenis produk kosmetik untuk perawatan wajah yang berbeda dimasing-masing area agar hasil yang diperoleh memuaskan. Seperti pada daerah yang berminyak gunakan kosmetik yang mengakibatkan wajah terlihat tidak terlalu mengkilap dan cari kosmetik yang telsturnya dapat memadatkan. Agar dapat menutup pori-pori yang terlihat lebar.

  1. Jenis kulit kering, pilih kosmetik ini

Beberapa ciri-ciri jenis kulit kering sebagai berikut :

  • Pori-pori hampir tak terlihat
  • Kulit terlihat kusam dan kasar
  • Terdapat bercak merah
  • Elastisitas kurang
  • Garis-garis halus pada wajah lebih terlihat

Jenis kulit kering umumnya pilihlah pelembab yang dapat benar-benar menyerap ke pori-pori kulit dan oleskan sepanjang hari sesuai dengan kebutuhan. Pilihlah pelembab yang berbentuk pasta atau krim karena dapat bekerja lebih baik dan hindari kosmetik yang memiliki kandungan bahan yang dapat mengakibatkan efek panas karena itu akan membuat kulit seperti terbakar. Serta untuk produk pembersih pilihlah produk pembersih yang alami seperti: bengkoang dan lain-lain

  1. Jenis kulit berminyak, pilih kosmetik ini

Jenis kulit berminyak dapat berubah sesuai dengan faktor cuaca dan usia. Berikut ciri-cirinya:

  • Pori-pori membesar
  • Kulit terlihat kusam atau mengkilap, kulit tebal
  • Terdapat komedo, bintik-bintik atau nioda lainnya.

Jenis kulit berminyak umumnya memilih kosmetik seperti pembersih muka yang lembut dan gunakan produk yang berlabel “noncomedogenic” karena jenis ini akan menyumbat pori-pori. Dan jangan terlalu tebal dalam menggunakan pelembab.

Baca Juga : Perkembangan Dunia Makeup Dari Masa Ke Masa

Baca Juga : 8 Merek Kosmetik Lokal Yang Bagus