Ketika berhias, tipe kulit wajah berminyak akan menimbulkan banyak sekali persoalan. Selain wajah terlihat menkilat karena produksi minyak yang berlebihan, tipe kulit wajah berminyak juga mudah sekali ditumbuhi jerawat. Satu persoalan lain yang tak kalah merepotkan adalah ketika diberi makeup, jenis kulit wajah berminyak lebih mudah luntur ketimbang jenis kulit wajah lain. Untungnya kamu yang punya tipe kulit wajah berminyak, masih bisa mengakalinya dengan berbagai cara. Termasuk juga soal mengaplikasikan bentuk make up.

Cara Membuat Makeup Tahan Lama Bagi Pemilik Kulit Wajah Berminyak

Pernah mengalami make up luntur karena jenis kulit wajah berminyak? Kamu tak perlu khawatir lagi. Karena ada beberapa panduan praktis make up yang tahan lama untuk kulit wajah berminyak. Jadi, kamu nggak perlu touch up berkali-kali agar riasan wajahmu awet.

  1. Gunakan primer pada zona T sebelum memulai merias wajah

Zona T (dahi, hidung, dan dagu) dalah zona yang sangat jelas memperlihatkan kondisi wajah yang berminyak. Begitu mengkilap dan sangat tidak nyaman. Pemilik wajah berminyak, khususnya di Zona T kelenjar sebasea pada jaringan kulit bekerja terlalu aktif sehingga memproduksi minyak yang sangat berlebih.

Untuk itu bagi kamu yang memiliki wajah yang berminyak persiapkan selalu primer dan oleskan pada Zona T. Setelah itu baru kamu gunakan foundation, bedak, dan produk-prodk lainnya. Pastikan saat menggunakan primer, wajah kamu dalam kondisi bersih.

Kamu bisa mencuci wajahmu dengan facial foam yang memiliki kandungan gycolic acidz atatu salicylic acid. Keduan kandungan itu mampu mengurangi produksi minyak berlebih di wajah.

Baca Juga : 5 Pilihan Merek Bedak Yang Bagus Produksi Lokal

Baca Juga : Begini Cara Tampil Percaya Diri Dengan Makeup Natural Wajah Bulat
  1. Gunakan teknik dalam memakai tabir surya

Tabir surya wajib kamu pakai untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV. Sayangnya, untuk pemilik kulit wajah berminyak terkadang penggunaan tabir surya pada wajah malah akan membuat wajah terlihat makin berminyak.

Jadi kesannya seperti selamat dari got tapi malah terpeleset dan basah kuyub. Meski demikian, kamu jangan khawatir. Kamu masih bisa mencoba teknik menggunakan tabir surya dengan cara menekan bagian wajah yang sudah diolesi tabir surya dengan tisu. Lalu setelah itu, silakan kamu merias wajah sesukamu.

  1. Hindari penggunaan concealer pada kelopak mata

Semakin lama riasan wajah pada bagian kelopak mata sering terlihat ada kerak. Seperti tanah yang retak-retak. Hal itu terjadi karena penggunaan concealer pada kelopak mata.

Untuk itu hindari penggunaan concealer pada area kelopak mata dan beralihlah pada primer khusus kelopak mata. Sehingga eyeshadow yang kamu gunakan akan menyatu dengan kelopak mata secara sempurna. Agar eye shadow tahan lama, kamu bisa menggunakan produk-produk eye shadow yang tahan air.

  1. Pilih pelembab bertekstur ringan

Ada berbagai pelembab yang bisa kamu gunakan. Mulai dari krim hingga serum. Sayangnya ada beberapa produk pelembab yang membuat kilap karena minyak di siang hari atau setelah lama diaplikasikan pada wajah.

Untuk itu sangat disarankan bagi kamu yang memiliki kulit wajah berminyak menggunakan pelembab bertekstur ringan seperti serum. Karena pelembab bertekstur serum tetap bisa melembabkan wajah tanpa terlihat berminyak.

  1. Gunakan bedak secukupnya saja

Penggunaan bedak yang terlalu banyak dapat memicu pori-pori kulit wajah dalam memproduksi minyak yang berlebihan.

Maka cara berikutnya agar bisa membuat make up yang tahan lama adalah dengan mengaplikasikan bedak yang tidak terlalu tebal. Kamu cukup menggunakan bedak tabur secukupnya saja.

  1. Siapkan kertas minyak dimanapun dan kapanpun

Penggunaan kertas minyak yang benar bisa menyelamatkan wajahmu dari serangan minyak berlebih. Gunakanlah kertas minyak dengan cara menekan pada bagian wajah yang berminyak. Jangan sekali-kali menggosok-gosok kertas minyak pada wajah. Cukup menekannya saja dan biarkan kertas tersebut menyerap minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea.

Meski kulit berminyak terkadang membuat wajah terlihat kilap kamu juga harus bersyukur. Karena dengan adanya minyak yang melembabkan membuat wajahmu tak cepat keriput. Untuk menghindari berbagai masalah yang ditimbulkan wajah berminyak saat kamu make up, kamu bisa mencoba panduan praktis membuat makeup yang tahan lama pada wajah berminyak di atas. Juga pastikan untuk selalu membersihkan wajah sebelum dan sesudah tidur.

Baca Juga : Perkembangan Dunia Makeup Dari Masa Ke Masa