Bukan Hanya Soal Harga, Ini 7 Tips Memilih Cincin Pernikahan Yang Tepat

Bukan sekedar aksesoris, cincin pernikahan adalah simbol ikatan suci buat kamu yang sudah menikah. Ia melambangkan cinta yang menjadi pengikat antara suami dan istri. Oleh sebab itu, pemilihan cincin kawin tidak boleh sembarangan. Selain cantik dan menawan, cincin pernikahan juga sebaiknya nyaman dipakai. Ada baiknya bila kamu perhatikan beberapa tips memilih cincin pernikahan berikut ini:

Tips Memilih Cincin Pernikahan

1. Mulai Mencari Dari Jauh Hari

tips memilih cincin pernikahan

Jangan mencari cincin kawin secara dadakan. Sebaiknya kamu mulai mencari dan membeli cincin pernikahan dari jauh hari. Minimal 6 bulan sebelum hari pernikahan. Memang, banyak hal yang harus kamu persiapkan menjelang hari pernikahan.

Tapi meluangkan waktu untuk cincin pernikahan juga tak kalah pentingnya, sebab cincin ini akan kamu pakai dalam jangka waktu yang tak sebentar. Jangan hanya mematok cincin dari bentuk standar dan harga yang sesuai budget.

Namun perhatikan pula variasi model, bahan, ukuran, hiasan, atau juga detail unik cincin tersebut. Jika kamu mencarinya dari jauh hari, kamu dan pasangan bisa santai memilih dan menemukan cincin yang benar-benar cocok untuk kalian berdua.

Selain itu, toko perhiasan membutuhkan waktu 2 minggu hingga 1 bulan untuk membuat cincin baru dengan desain yang kamu mau. Apalagi jika kamu dan pasangan menambahkan aksen personalilasi seperti ukiran nama atau detail unik lainnya.

2. Sesuaikan Cincin Nikah dengan Karaktermu

tips memilih cincin pernikahan

Dalam memilih model cincin pernikahan, jangan hanya terpaku pada trend saat ini serta budget yang kamu alokasikan. Pilihlah model cincin pernikahan yang sesuai dengan karakter dan kepribadian kamu dan pasanganmu. Kamu perlu berkonsultasi dengan pasanganmu mengenai hal ini.

Bukan hanya terlihat cocok digunakan, cincin pernikahan yang tepat juga memberikan kesan anggun pada pemakainya. Memang gampang-gampang sulit untuk bisa menemukan desain cicin pernikahan yang bisa sesuai dengan karakter kamu dan pasanganmu yang berbeda.

Namun bukan tidak mungkin untuk menemukan cincin yang tepat dan kalian berdua sukai. Selain karakter, sesuaikan pula cincin pernikahan dengan gaya hidupmu dan pasangan. Untuk pasangan yang setiap hari berkerja di kantor, mungkin bebas memilih model desain cincin seperti apapun.

Namun untuk pekerja lapangan, atau yang sering travelling ke medan ekstrim sebaiknya cari desain cincin yang simple dan sederhana, dan dari bahan yang tahan gores adalah pilihan terbaik.

3. Pilih Model yang Timeless

tips memilih cincin pernikahan

Seperti sudah disinggung sebelumnya, saat memilih cincin pernikahan jangan hanya terpaku pada model cincin wanita yang elegan dan sedang trend saat ini saja. Ingat kamu akan menggunakan cincin tersebut dalam waktu yang panjang, bahkan mungkin hingga akhir hidupmu. Jadi, pilihlah model yang tak lekang dimakan waktu.

Ada baiknya kamu tidak mengutamakan desain yang trendy, mungkin akan lebih baik jika mempertimbangkan desain klasik yang simple. Namun tetap terlihat stylish hingga bertahun-tahun kedepan. Selain itu perhatikan pula faktor kenyamanan memakainya.

Untuk membuatnya lebih personal, kamu bisa menambahkan detail unik pada cincin pernikahan kalian berdua. Misalnya berupa kalimat grafir, inisial, atau tanggal istimewa yang menandakan cicin tersebut hanya milik kalian. Hal ini juga akan menambahkan nilai historis dan kesan istimewa pada cincin pernikahan kalian.

4. Pertimbangkan Bahan Cincin

tips memilih cincin pernikahan

Ada banyak pilihan bahan dasar pembuat cincin pernikahan, mulai dari emas, perak, titanium, platinum, atau bahan logam lainnya. Umumnya cincin pernikahan yang dipilih berbahan dasar emas, dan berbentuk bulat mulus. Menurut budaya Jawa cincin semacam ini melambangkan pernikahan yang mulus.

Namun jangan tertutup pada kemungkinan untuk memilih bahan lain. Sesuaikan dengan selera, karakter, serta gaya hidup kamu. Misalnya untuk kamu para pekerja lapangan, atau hobi bepergian ke medan yang ekstrim; maka cincin dengan bahan dasar platina akan cocok untukmu. Sebab bahan ini lebih tahan gores dan tidak mudah kusam warnanya.

Jika kamu dan pasanganmu menyukai bahan yang berbeda, pikirkan untuk menyatukan keduanya. Cari benang merah dari cincin pernikahan tersebut, misalnya dengan memilih ornamen yang senada, atau bahkan menggabungkan kedua bahan logam tersebut dalam satu cincin.

Contohnya berikan sentuhan emas pada cicin berbahan perak pilihanmu. Sebaliknya berikan sentuhan perak pada cincin emas pilihan pasanganmu.

5. Ukuran Cincin

tips memilih cincin pernikahan

Ukuran yang tepat dan pas adalah point yang sangat penting dalam memilih cincin pernikahan. Jadi pastikan lebar serta diameter cincin [ernikahan yang kalian beli sesuai dengan ukuran jari serta selera kalian. Jangan sampai cincin terlalu besar sehingga merepotkan atau malah terlalu kecil hingga sulit digunakan.

Ini berlaku juga untuk kamu yang membeli cincin secara online. Pastikan kamu menerima cincin pernikahan pesananmu tidak terlalu mepet waktunya dengan hari pernikahan.

Sehingga kamu bisa mengecek ukuran cincin tersebut, dan mempunyai waktu untuk melakukan pengembalian dan meminta pengiriman ulang ketika cincin tidak sesuai.

6. Sesuaikan dengan Cincin Tunangan

tips memilih cincin pernikahan

Tips memilih cincin pernikahan berikutnya berhubungan dengan cincin tunangan kamu. Jika sebelumnya kamu bertunangan, kamu bisa memakai cincin pernikahan yang dilanjutkan dari cincin tunangan. Namun dengan penambahan ornamen tertentu agar tampak berbeda dan lebih elegan.

Kamu juga bisa menggunakan cincin baru, namun memiliki model yang senada dengan cincin tunanganmu. Dengan demikian kamu memiliki dua cincin, cincin pernikahan dan cincin pertunangan yang serasi.

7. Perhatikan Kualitas Cincin Pernikahan

tips memilih cincin pernikahan

Kamu juga harus memperhatikan kualitas cincin pernikahanmu, pertama dengan memastikan kualitas toko perhiasan tempat kamu membuat dan membeli cincin pernikahan. Pilih toko perhiasan yang memiliki track record baik.

Pastikan pula di bagian dalam cincin nikahmu terdapat tanda pembuat cincin, serta tanda kualitas cincin. Cincin pernikahanmu juga harus dilengkapi dengan surat keterangan dari toko serta sertifikat. Untuk memastikan kualitas dan keasliannya.

Itulah beberapa tips memilih cincin pernikahan yang tepat. Jadi bukan hanya soal harganya yang selangit saja ya.