7 Cerita Inspiratif yang Akan Mengubah Cara Anda Memandang Dunia

Motivasi hidup bisa berasal dari manapun. Salah satunya dari cerita inspiratif. Seringkali dengan mendengar maupun membaca kisah-kisah yang penuh inspirasi tersebut, orang-orang dapat mengubah pandangan mereka terhadap dunia.

Bahkan tidak sedikit kisah-kisah seperti itu yang dituangkan ke dalam film. Biasanya film-film tersebut dilabeli dengan istilah based on true story. Apa saja kisah hidup baik berdasarkan film maupun bukan film yang bisa menginspirasi banyak orang untuk memandang dunia? Pembaca Parasayu, yuk simak ulasan berikut ini.

Cerita Inspiratif untuk Kehidupan Lebih Baik

Selain dengan mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, mendengarkan cerita inspiratif tentu bisa membuat Anda termotivasi. Kadang cerita-cerita semacam itu bisa menjadi air penyejuk di kala diri terjebak dalam kekeringan dunia.

Cerita inspiratif akan memberikan nuansa berbeda bagi Anda dalam memaknai kehidupan dunia. Percayalah bahwa ada banyak bintang di antara kegelapan malam. Artinya, Anda masih bisa berbahagia dan menjalani hidup dengan lebih baik walau terkadang jalan hidup bisa cukup terjal.

7 cerita inspiratif yang Akan Mengubah Cara Anda Memandang Dunia

  1. Stephen Hawking

Kisah hidup dari ilmuwan yang dilahirkan pada 8 Januari 1942 di Inggirs ini nampaknya bisa mengubah cara pandang Anda terhadap dunia. Anak pertama dari empat bersaudara pasangan Frank dan Isobel Hawking ini dikenal cerdas namun pemalas ketika masih menjadi murid.

Kemalasan Stephen Hawking sirna ketika ia bertemu dengan guru matematiknya yang bernama Dikran Tahta. Guru tersebut mengubah matematika yang sulit menjadi menyenangkan. Melihat kecerdasan Stephen Hawking, lantas orangtuanya menyarankan untuk berkuliah di Oxford.

Setelah lulus, ia melanjutkan pendidikan dengan jurusan kosmologi di Universitas Cambridge. Sayang sekali, ketika menginjak usia 21 tahun ia didiagnosa terkena penyakit ALS yang mampu melemahkan otot dan fungsi otak.

Akhirnya ia merasa frustasi dan depresi. Namun, orang-orang di sekitarnya sungguh baik. Lewat semangat dan dukungan orang-orang terdekat akhirnya membuat Stephan Hawking bisa bangkit dan menelurkan banyak karya bagus di bidang ilmu pengetahuan. Salah satunya teori bigbang.

  1. Oprah Winfrey

Oprah Winfrey merupakan presenter sekaligus pebisnis sukses yang hidup di Amerika Serikat. Di balik kesuksesannya saat ini, ia pernah mengalami kepahitan hidup yang luar biasa. Perceraian kedua orangtuanya membuat ia harus hidup bersama sang nenek.

Saat tinggal bersama sang nenek, Oprah kecil harus hidup dengan keras. Akan tetapi, berkat didikan yang keras tersebut akhirnya membuat ia mampu berbicara dan selalu berani tampil di depan banyak orang. Kemudian, ia kembali bisa tinggal dengan sang ibu.

Pada usia 9 tahun, Oprah kecil mengalami pelecehan seksual selama beberapa kali. Sampai akhirnya di usia 14 tahun ia hamil. Ia berjuang sendiri untuk melahirkan sang bayi. Namun, seminggu setelah dilahirkan bayi tersebut meninggal dunia.

Titik balik kehidupannya terjadi saat tinggal bersama ayahnya. Ketegasan dan kedisiplinan sang ayah membuat Oprah berhasil memperoleh beasiswa kuliah. Kemudian ia bekerja di radio lokal dan ditarik sebagai presenter wanita di TV setempat. Akhirnya, karirnya terus meroket tanpa batas.

  1. Raeni

Bagi penjelajah jagat maya tentu sudah tidak asing dengan berita anak seorang tukang becak yang berhasil jadi dosen. Ia adalah Raeni. Walaupun berasal dari keluarga dengan perekonomian kurang mampu, tidak lantas membuat Raeni menyerah.

Perempuan cerdas dan cantik itu terus belajar dan berusaha untuk pergi ke bangku kuliah. Sampai akhirnya ia berhasil masuk ke Jurusan Pendidikan Akuntansi di UNES. Ia terus tekun belajar sampai mencapai IPK sempurna.

Tidak sampai disitu saja usaha Raeni. Berikutnya ia mendaftar beasiswa LPDP guna melanjutkan studi S2 di Brimingham, Inggris. Ketika memperoleh gelar magister, kemudian Raeni diangkat menjadi tenaga pengajar di kampusnya.

Sungguh prestasi yang luar biasa dan bisa diambil hikmahnya. cerita inspiratif dari Raeni tentu dapat membuat Anda ikut termotivasi untuk tidak menyerah dalam menggapai mimpi-mimpi. Pada hakikatnya segala tujuan bisa dicapai apabila terus berusaha dengan tekun.

  1. Nanda Mei Sholihah

Perempuan muda dan cantik yang biasa disapa Nanda ini merupakan seorang atlet dari Sragen dengan keterbatasan fisik. Ia hanya memiliki sebelah lengan tangan saja. Kondisi yang dialami oleh Nanda tidak serta merta membuat perempuan berparas Jawa ini putus asa.

Perempuan kelahiran 1999 ini menerima tawaran dari Ketua National Paralympic Committe saat duduk di bangku kelas 5 SD. Karmani menawari Nanda untuk menjadi atlet paralimpik dengan cabang atletik. Nanda bertekad dengan sungguh-sungguh untuk mengejar mimpinya.

Sampai pada akhirnya Nanda berhasil memperoleh 3 medali emas di ajang ASEAN Para Games 2015 Singapura. Kemudian tahun 2017 Nanda berhasil mendapatkan 3 medali emas di ajang serupa negara Malaysia.

  1. Reza Nurhilman

Kisah Reza Nurhilman sebagai pengusaha keripik Maicih kiranya juga bisa membuat Anda termotivasi. Sebelum menjadi pebisnis suskes seperti sekarang ini, rupanya jalan yang ditempuh Reza tidaklah mudah. Banyak usaha yang sudah digeluti oleh Reza namun selalu saja gagal.

Padahal ia sangat membutuhkan dana untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sampai suatu hari ia diajak oleh temannya untuk mampir ke Cimahi. Ia kemudian diberi keripik pedas oleh seorang nenek yang cukup enak. Kemudian ia bertanya dan meminta izin kepada si nenek untuk memasarkannya.

Dengan modal 15 juta saja, ia memberanikan diri memulai usaha keripik tersebut. Ia memasarkan produknya baik secara manual maupun menggunakan media online layaknya Facebook dan Twitter. Ia juga membuat variasi level kepedasan bagi keripik buatannya.

Menariknya lagi, Reza juga memiliki jargon tersendiri untuk berkomunikasi dengan konsumen secara online. Hal ini juga bagian dari strategi marketing yang bisa kian menyukseskan bisnisnya sampai sekarang. Dengan ketelatenannya mengurusi bisnisnya, ia berhasil meraup omset sampai 30 juta setiap harinya.

  1. Malala Yousafzai

Pada 2009 Malala Youfzai secara anonim menulis blog terkait kehidupan masyarakat Pakistan. Malala Youfzai menyuarakan agar perempuan yang ada di Pakistan bisa diizinkan untuk bersekolah. Ia begitu keras menyuarakan hal tersebut.

Akan tetapi, pada akhirnya hal tersebut berhasil diketahui oleh kelompok Taliban. Kemudian pada 2012, kelompok tersebut menembak kepala Malala dan melakukan penganiayaan. Karena perbuatan tersebut menyebabkan kondisi Malala kian parah dan dilarikan ke rumah sakit yang ada di Inggris.

Kejadian itu pun menyita perhatian dunia secara luas. Semua orang mengutuk kelompok ekstremis tersebut dan memberikan dukungan kepada Malala. Dukungan tersebut terus berlanjut sampai Malala dijadikan sebagai Duta Perdamaian PBB tahun 2017.

  1. Jack Ma

Pria ini berasal dari keluarga kurang mampu yang akhirnya bisa menjadi pebisnis sukses dunia. Sejak kecil ia belajar bahasa Inggris secara otodidak melalui radio. Bahkan ia juga rajin ke Distrik West Lake untuk bertemu turis asing dan menawarkan diri sebagai pemandu wisata.

Saat mendaftar perguruan tinggi, Jack Ma sering ditolak dimana-mana. Sampai akhirnya ia bisa masuk ke Hangzhou Teachers Institute 1988. Tahun 1995 Jack Ma pergi ke Amerika untuk menjadi penerjemah. Di sana ia bertemu teman yang mengenalkannya tentang internet.

Sampai akhirnya ia berani mendirikan perusahaan yang memberikan layanan pembuatan web yaitu China Pages. Ia juga sempat bekerja di departemen di bawah naungan Kementrian Luar Negeri Tiongkok namun mengundurkan diri. Hingga akhirnya ia membuat perusahaan Alibaba yang terkenal sampai sekarang.

Beberapa cerita inspiratif tersebut kiranya bisa mengubah cara pandang Anda terhadap dunia. Nyatanya banyak hal-hal yang memotivasi Anda untuk hidup lebih baik lagi. Janganlah putus asa karena hidup terlalu berharga untuk disia-siakan begitu saja.

mua parasayu