Renang Gaya Dada, Teknik dan Menyehatkan Tubuh

Renang gaya dada menjadi salah satu teknik renang yang banyak dilakukan oleh banyak orang, apalagi bagi sobat Parasayu yang baru saja belajar renang. Renang memang salah satu olahraga yang menyenangkan sehingga banyak orang yang hobi melakukan renang. Lantas, bagaimanakah cara melakukan teknik renang yang benar itu? Apa saja manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh? Untuk mengetahui jawaban selengkapnya, mari simak penjelasan selengkapnya seperti berikut.

Apa sajakah macam teknik yang bagus untuk renang?

renang gaya dada

gambar via google.com

Sobat Parasayu, tahukah Anda bahwa teknik atau gaya renang itu ada beberapa macam? Ya, renang yang menjadi olahraga favorit banyak orang itu terdiri atas beberapa teknik, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Renang Gaya Dada

Berenang dengan teknik ini disebut juga dengan gaya katak. Saat Anda melakukan teknik ini, maka posisi bagian dada Anda akan menelungkup berhadapan dengan permukaan air, sedangkan bagian batang tubuh Anda posisinya selalu tetap. Sementara itu, kedua kaki Anda akan menendang ke arah luar, sedangkan kedua tangan Anda posisinya lurus ke arah depan.

  1. Renang Gaya Bebas

Renang dengan teknik ini dilakukan dengan menelungkupkan tubuh Anda supaya sejajar dan tengkurap di atas permukaan air. Kelebihan renang dengan gaya bebas adalah umumnya gerakannya lebih cepat bila dibandingakan dengan teknik renang lainnya.

  1. Renang Gaya Kupu-Kupu

Pada renang menggunakan teknik ini, Anda dapat menggerakan kedua kaki Anda secara bebas layaknya gerakan gelombang air. Selanjutnya, beberapa bagian tubuh mulai dari sendi pergelangan kaki sampai bagian punggung kaki bertugas untuk mencoba menekan air ke bawah seperti hentakan yang dilakukan dengan kuat dan cepat.

Bagaimana tahapan dalam melakukan teknik renang gaya dada?

teknik renang gaya dada

gambar via google.com

Renang gaya dada disebut juga dalam bahasa Inggris breaststroke swimming. Adapun beberapa tahapan untuk melakukan renang dengan teknik ini, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Cobalah posisikan tubuh bagian depan untuk menelungkup dan berhadapan dengan permukaan air.
  2. Luruskan badan Anda dan cobalah untuk bersikap santai, sementara kedua kaki Anda tetap berada di dalam air.
  3. Coba satukan kedua telapak tangan, lalu dalam sekejap coba luruskan tangan Anda dalam posisi siap meluncur.
  4. Lakukanlah gerakan seperti meluncur secepat mungkin dengan menolakkan telapak kaki Anda yang menempel di bagian dinding kolam renang. Dalam melakukan tahapan ini, Anda bisa membayangkan untuk melakukan gerakan seperti gaya katak berenang.
  5. Cobalah buka kedua telapak tangan Anda ke arah luar hingga posisi tubuh Anda seperti huruf Y. Selanjutnya, putar juga tangan Anda ke dalam sampai kedua tangan Anda bertemu lagi di bagian depan dada Anda.
  6. Masih bersamaan dengan gerakan nomor 5, bukalah kedua paha Anda, kemudian coba tekuk lutut Anda sampai tumit condong ke bagian pantat.
  7. Jika posisi tangan sudah ada di bagian depan dada Anda dan akan membuka lagi, maka silahkan coba angkat kepala dan bagian bahu Anda ke atas air agar bisa menghirup udara.
  8. Sambil tangan Anda membuka lagi, bagian bahu dan kepala Anda juga harus ada di dalam air lagi.
  9. Bila semua gerakan dalam renang gaya ini sudah Anda kuasai, Anda tinggal mengulangi beberapa tahapan renang tersebut berkali-kali hingga Anda puas dalam berenang.

Apa saja manfaat renang gaya dada untuk kesehatan tubuh?

manfaat renang gaya dada

gambar via google.com

Banyak orang yang menyukai olahraga karena kesukaan atau hobi pada jenis olahraga ini. Namun, ternyata renang juga memiliki manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Mau tahu kan apa saja manfaatnya? Berikut adalah beberapa manfaat dari olahraga renang tersebut:

  1. Membuat Paru-Paru Semakin Sehat

Saat Anda berenang dengan gaya dada, maka terdapat gerakan yang mengharuskan Anda untuk menghirup napas dan menahan napas dalam air selama berkali-kali. Gerakan ini ternyata cukup bagus untuk meningkatkan kesehatan paru-paru karena organ paru-paru Anda tersebut mendapat banyak pasokan oksigen sehingga tubuh Anda pun terasa lebih segar dan sehat setelah berenang.

  1. Kesehatan Jantung Anda Lebih Terjaga

Renang dengan gaya dada ternyata terbukti efektif untuk melatih kardio atau menjaga jantung Anda supaya tetap sehat dan kinerjanya prima. Renang dengan gaya ini diketahui mampu membuat jantung tampak kuat sehingga bisa bekerja untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh secara sempurna. Di samping itu, renang dengan gaya ini juga bisa membuat kadar kolesterol jahat dalam tubuh (LDL) cenderung turun, bahkan sebaliknya meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Dengan begitu, renang semacam ini juga bisa menghindarkan diri Anda dari resiko terkenla penyakit aterosklerosis yang sering kali menyerang pembuh darah di area jantung.

  1. Melenturkan Otot-Otot Tubuh supaya Tidak Kaku

Bagi Anda yang sehari-harinya bekerja di kantor, terkadang mengharuskan Anda untuk duduk dan diam selama berjam-jam di depan komputer ataupun layar laptop. Jika sudah demikian, otot tubuh sering kali terasa kaku. Nah, untuk mengatasi hal ini cobalah Anda lakukan renang dengan gaya dada sehingga otot tubuh Anda akan terasa lentur kembali dan badan pun akan lebih bugar.

  1. Cukup Efektif dalam Membakar Kalori Tubuh

Berdasarkan penelitian pakar kesehatan, renang menggunakan gaya dada selama kurang lebih 30 menit, ternyata terbukti efekti untuk membakar kalori tubuh sebanyak 200 kalori. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan ataupun menjaga kondisi tubuh supaya tetap langsing. Bayangkan saja, tubuh Anda bisa tetap langsing dan kondisi tubuh Anda pun tetap sehat. Sungguh olahraga yang menyenangkan, bukan?

  1. Ikut Menjaga Kesehatan Mental Anda sehingga Terhindar dari Stres

Menurut pakar kejiwaan, bila seseorang melakukan olahraga secara rutin, maka kesehatan jiwa atau mentalnya bisa semakin baik dan bisa terhindar dari stres, bahkan usianya bisa lebih lama dibandingkan dengan orang lain yang jarang melakukan olahraga renang. Hal ini karena saat berenang, paru-paru Anda akan mendapatkan pasokan oksigen yang banyak. Dengan begitu, organ paru-paru akan menyalurkan oksigen ke pembuluh darah sehingga peredaran darah ke seluruh tubuh makin lancar. Maka dari itu, jika badan Anda ingin sehat, sebaiknya lakukan renang secara rutin.

  1. Dapat Mengatasi Gangguan Radang Sendi

Olahraga renang tak hanya dilakukan oleh anak-anak dan orang dewasa, melainkan juga para orang tua lanjut usia (lansia). Bila para lansia sering melakukan olahraga renang, maka penyakit radang sendi yang sering kali menyerang mereka pun lambat laun bisa sembuh.

Selamat mencoba latihan renang gaya dada. Jika Anda belum mahir dalam berenang, Anda bisa memakai pelampung supaya aman atau mintalah ditemani oleh instruktur renang Anda. Jangan lupa untuk ajak pula keluarga ataupun sahabat Anda supaya suasana saat renang makin menyenangkan.

pop up mua parasayu 02