Tips Makeup Tahan Lama Tanpa Retouch

Ada enggak ya tips makeup tahan lama tanpa poles ulang lagi? Tentu saja ada. Meski kebanyakan makeup memang hanya tampil sempurna pada awal, setelah beberapa jam make up mulai luntur. Jika ingin tampil sempurna lagi biasanya perlu dilakukan retouch. Retouch juga membutuhkan waktu, sehingga terkadang kita malas retouch dan make up kita menjadi tidak cetar.

Tips Makeup Tahan Lama Tanpa Retouch

Tapi tenang saja gilrs, ada kok tips make up tahan lama tanpa retouch atau aplikasi ulang make up yang bisa kamu praktekan. Misalnya dengan 7 cara berikut ini:

  1. Membersihkan wajah

tips makeup tahan lama

sumber wolipop.detik.com

Sebelum mulai make up, kamu harus membersihkan wajah. Kamu bisa menggunakan facial wash yang sesuai jenis kulit untuk membersihkan wajah. Jika kulit kamu kering, gunakan facial wash untuk kulit kering agar maksimal dalam penggunaanya. Kegunaan membersihkan wajah dengan facial wash adalah mengangkat kotoran, debu dan minyak dari permukaan kulit.

Setelah kulit wajah bersih, aplikasikan moisturizer yang sesuai jenis kulitmu. Moisturizer berguna untuk melembabkan kulit wajah. Jangan lupa tambahkan sun screen untuk menghadang paparan sinar matahari jika kamu make up untuk acara siang hari. Minimal menggunakan sunscreen berSPF 30 jika kamu tidak terlalu di ruangan. Jika hanya di dalam ruang, cukup sunscreen berSPF 15 dan jika kulit kamu sensitif gunakan sunscreen untuk kulit sensitif.

  1. Menggunakan primer

tips makeup tahan lama

sumber grid.id

Seringkali orang-orang dalam bermake up melupakan step menggunakan primer. Padahal penggunaan primer sangat penting. Primer membuat kelembaban kulit menjadi lama sehingga tampilan make up nantinya lebih flawless. Jika kamu memiliki wajah dengan pori-pori besar, kamu bisa menggunakan primer yang pore filler. Primer ini mampu menyamarkan pori-pori besar, sehingga kulit wajah terlihat lembut dan halus.

  1. Pilihlah produk make up yang mengklaim tahan lama

produk make up tahan lama

sumber liputan6.com

Jenis produk make up sangat beragam pilihlah kosmetik yang aman. Jika kamu mengkehendaki make up tahan lama, maka pilihlah produk make up mengklaim tahan lama/ staying power yang kuat. Biasanya produk-produk make up yang di labelnya ada keterangan waterproof, water resistant dan long langsting dipercaya mampu bertahan lama. Sedangkan untuk produk lipstik, pilihlah lipstik matte yang menempel lebih lama.

  1. Menggunakan teknik layer dalam bermake up

teknik layer dalam bermake up

sumber fimela.com

Teknik layer dalam bermake up membuat tampilan make up lebih awet dan terkesan natural. Pertama kamu melapisi wajah dengan produk secara tipis, kemudian tambahkan layer lagi diatasnya. Jangan menggunakan produk terlalu banyak karena terkesan tidak natural dan juga tidak awet. Hal ini bisa kamu praktekkan saat mengaplikasikan complexion, riasan mata dan penggunaan lipstik.

  1. Setting semuanya dengan bedak tabur

Setting semuanya dengan bedak tabur

sumber idntimes.com

Setelah complexion wajah terbentuk, maka setting semuanya dengan bedak tabur. Apalagi jika kulit wajahmu cenderung berminyak. Produksi minyak berlebih akan membuat make up menjadi luntur dengan cepat. Kamu bisa mengaplikasikan bedak tabur dengan spoon/kuas agar make up kamu lebih tahan lama. Setelah menggunakan bedak tabur, kamu bisa mengaplikasikan bedak padat agar semakin membuat tampilan make up mu lebih lama.

  1. Semprotkan setting spray

Semprotkan setting spray

sumber wolipop.detik.com

Agar tampilan make up kamu lebih tahan lama, kamu harus semprotkan setting spray. Setting spray berfungsi mengunci make up agar tidak geser sehingga tidak mudah luntur karena formulasi yang khusus. Kamu bisa menggunakan setting spray kesukaanmu yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulimu. Fungsi setting spray hampir sama dengan hair spray pada rambut.

  1. Jangan sering-sering menyentuh wajah

wanita menyentuh wajah

sumber
journal.sociolla.com

Terlalu sering menyentuh wajah akan membuat make up kamu luntur. Selain itu kamu juga tidak tahu apakah jari-jari tanganmu bersih dan tidak ada kuman. Ada baiknya kamu mengurangi kebiasaan menyentuh wajah saat kamu bermake up.

Itulah beberapa tips makeup tahan lama tanpa poles ulang, gampang bukan? Yang penting juga usahakan jangan terlalu berkeringat. Sebab minyak di wajah bisa langsung menghancurkan make up kamu.