Wajah merupakan aset berharga yang kita miliki, sudah selayaknya kita menjaga dan merawat wajah sebaik mungkin. Mempunyai wajah yang bersih merupakan dambaan bagi setiap manusia, namun terkadang ada saja kendala seperti jerawat yang terdapat pada diwajah. Jerawat merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada bagian wajah kita. Jerawat pada umumnya terjadi dikarenakan oleh banyak faktor, faktor dalam tubuh maupun faktor dari luar dapat menjadi menyebab jerawat. Pada kesempatan ini, kita akan membahas beberapa faktor penyebab jerawat yang terdapat pada wajah. Untuk lebih lengkapnya simak dibawah ini ya.

  1. Menggunakan Kosmetik Yang Tidak Cocok Terhadap Kulit Kita

Jenis kulit yang berbeda-beda menjadikan kita harus selektif dalam menggunakan perawatan wajah, alih-alih ingin mendapatkan wajah yang baik malah yang terjadi adalah hal sebaliknya. Menggunakan kosmetik sering dilakukan oleh kita untuk mendapatkan penampilan maksimal, namun bagi sebagian wanita mengunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit dapat menjadikan wajah menjadi bermasalah. Jerawat merupakan salah satu efek negatif yang sering terjadi saat menggunakan kosmetik yang tidak cocok. Selektiflah dalam menggunakan kosmetik sesuai jenis kulit kita dapat menghidarkan kita dari masalah jerawat.

  1. Hormon Yang Tidak Stabil

Perubahan hormon dapat terjadi pada setiap orang dewasa, terlebih pada wanita dewasa. Hormon yang tidak stabil bisa terjadi pada setiap wanita, terlebih pada saat-saat tertentu seperti hamil. Pada masa hamil perubahan hormon sangat signifikan, hal ini terjadi karena wanita hamil mengalamii sindrom ovarium polikistik yang dapat menimbulkan jerawat dan naiknya berat badan.

Baca Juga : 7 Bahan Alami Ini Dapat Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Baca Juga : 9 Manfaat Daun Sirih Untuk Perawatan Wajah Yang Harus Kamu Ketahui
  1. Dalam Masa Puber

Pada masa remaja seorang akan mengalami masa transisi perubahan hormon. Produksi minyak berlebih diwajah menyebabkan munculnya bintik-bintik jerawat diwajah. Hal itu memang wajar, namun alangkah baiknya jika sudah merasakan gejala seperti ini kita melakukan perawatan wajah yang mengontrol produksi minya diwajah yang berlebih.

  1. Faktor genetik

Mempunyai gen turunan yang rentan akan jerawat memang membuat kita lebih mudah terserang jerawat diwajah. Sebenarnya belum ada penelitian yang  mengutarakan gen khusus yang mudah terkena jerawat, namun memang gen mempengaruhi tingkat sensitif kulit wajah, dengan mempunyai gen turunan yang rentan akan terkena jerawat maka kekuatan kulit untuk merespon bakteri diwajah akan sulit.

  1. Efek Samping Obat

Obat bukan hanya dapat menyembuhkan penyakit yang diderita oleh sesorang, dibalik itu obat juga mempunyai efek negatif yang salah satunya dapat menyebabkan jerawat. Bagi seseorang yang tidak cocok mengkonsumsi obat tersebut akan bedampak timbulnya jerawatan diwajah. Obat-obatan seperti suplemen yang mengandung vitamin B2, B6, dan B12 akan mengakibatkan jerawat bagi yang tidak cocok.

  1. Banyak Pikiran atau Stress

Beban pikiran yang sangat besar biasanya akan menimbulkan stress bagi seseorang. Dampak dari stress yang dialami oleh sesorang tidak hanya terlihat dari raut wajahnya saja, namun dapat juga menimbulkan jerawat diwajah. Hal itu terjadi dikarenakan metabolisme kita yang berubah saat stress melanda, dengan metabolisme yang terganggu menyebabkan jerawat timbul diwajah.

  1. Polusi

Lingkungan yang tidak sehat tidak hanya menimbulkan efek negatif terhadap kesehatan kita. Lingkungan yang berpolusi juga akan menyebabkan wajah kita berjerawat, kotoran yang menempel pada wajah secara terus-menerus akan menimbulkan jerawat.

  1. Air Kurang Bersih

Air merupakan sarana kita dalam membersihkan tubuh dan wajah, dengan menggunakan air yang bersih kotoran diwajah akan mudah dibersihkan tanpa menimbukan penyakit. Namun diberbagai daerah yang mempunyai kualitas air yang kurang baik akan menyebabkan rentan menimbulkan jerawat diwajah.

  1. Berlebih Dalam Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Yang Manis

Mengkonsumsi makan dan minuman yang manis terkadang membuat kita lupa diri akan hal negatif yang ditimbulkan. Mengkonsumsi yang manis-manis secara berlebihan tidak hanya tidak baik untuk kesehatan, mengkonsumsi yang manis-manis secara belebihan juga akan memicu insulin dalam tubuh, insulin dapat meningkatkan hormon dengan cepat, hal itu dapat menimbulkan masalah diwajah seperti jerawat.

  1. Pada Saat Menstruasi

Sudah hal lumrah jika menstruasi yang dialamin oleh wanita dapat menimbulkan mood yang tidak stabil. Perubahan hormon pada saat menstruasi juga dapat menimbulkan jerawat diwajah kamu, hal ini memang sering terjadi pada saat menstruasi dan bersifat musiman bagi wanita. Dengan rajin membersihkan kotoran diwajah dan mengkonsumsi makanan yang sehat kita dapat meminimalisir jerawat pada masa menstruasi.

Semoga dengan kita mengetahui penyebab jerawat, kita dapat meminimalisir jerawat yang terjadi pada wajah. Melakukan perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit kita juga akan menghindarkan kita dari jerawat diwajah. Semoga informasi ini bermanfaat ya dan sampai jumpa pada pembahasan kita selanjutnya.

Baca Juga : 12 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dengan Cepat, Mudah dan Praktis