Rambut merupakan mahkota bagi wanita, namun apa jadinya jika rambut kita kering dan kusam? Tentunya membuat kita kurang nyaman dan kurang percaya diri ya. Rambut kering dan kusam terjadi karena rambut kurang nutrisi dan vitamin, hal itu disebabkan oleh banyak hal seperti terlalu sering menggunakan pelurus rambut, sering berganti-ganti warna rambut dan sebagainya. Ketika rambut sudah rusak tentunya akan menjadi pekerjaan yang tidak mudah bagi kita untuk mengembalikan kesehatan rambut. Berikuti ini ada beberapa tips perawatan untuk rambut kering dan kusam yang bisa kamu coba, yuk semak selangkapnya dibawah ini.

Perawatan Untuk Rambut Kering dan Kusam

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk perawatan rambut kering dan kusam yaitu memberi nutrisi dan vitamin kepada rambut, ada beberapa bahan alami yang dapat memberikan nutrisi dan vitamin pada rambut diantaranya sebagai berikut.

  1. Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang baik untuk rambut, kandungan yang terdapat pada lidah buaya dapat memberi nutrisi dan dapat menguatkan rambut. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya dipercaya dapat mengatasi masalah yang terjadi pada rambut. Cara penggunaan lidah buaya untuk merawat rambut kering dan kusam juga cukup mudah, siapakan lidah buaya secukupnya, belah lidah buaya tersebut, pisahkan gel dari lidah buaya. Gel lidah buaya tersebut yang kita pakai untuk merawat rambut kering dan kusam. Oleskan gel lidah buaya pada bagian kulit rambut dan rambut, pijat secara lembut, diamkan beberapa saat, kemudian bilas bersih.

Baca Juga : Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Akibat Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Baca Juga : 4 Jenis Minyak Perawatan Rambut Rontok Dan Kering
  1. Menggunakan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah dikenal sejak dulu mempunyai banyak khasiat, selain untuk kecantikan dan kesehatan minyak zaitun juga baik untuk perawatan rambut. Kandungan yang terdapat dalam minyak zaitun dapat memberi nutrisi pada rambut dan juga melembabkan rambut sehingga jika kamu ingin melakukan perawatan rambut kering dan kusam sangat baik menggunakan minyak zaitun. Cara melakukan perawatan menggunakan minyak zaitun juga cukup mudah yaitu pertama-tama basahi terlebih dahulu rambut kamu, oleskan minyak zaitun pada bagian kulit rambut dan rambut, pijat dengan lembut agar minyak zaitun meresap.

  1. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa sudah sejak dahulu digunakan untuk perawatan rambut, kandungan yang terdapat pada minyak kelapa dipercaya dapat melembabkan rambut dan member nutrisi bagi rambut sehingga terhindar dari rambut kering dan kusam. cara penggunaan minyak kelapa sebagai perawatan rambut juga cukup mudah, basahi rambut kamu terlebih dahulu, kemudian oleskan minyak kelapa dikulit kepala dan rambut, pijat secara lebut agar meresap pada kulit kepala.

  1. Menggunakan Buah Alpukat dan Madu

Buah alpukat sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat produk kecantikan, tidak heran memang jika buah alpukat sering di gunakan sebagai bahan untuk kencatikan karena banyak khasiat yang terkandung didalam buah alpukat yang bagus untuk kecantikan. Buah alpukat juga baik untuk perawatan rambut kering dan kusam karena pada buah alpukat dapat memberi nutrisi dan melembabkan rambut dan serta mengkilaukan rambut. Cara melakuakn perawatan untuk rambut kering dan kusam mengunakan buah alpukat yaitu pertama-tama siapkan buah alpukat yang sudah masak, haluskan buah alpukat tersebut, campurkan buah alpukat dengan madu, aduk hingga merata, kemudian oleskan alpukat yang sudah halus tadi pada bagian rambut, pijat dengan lembut, kemudian diamkan beberapa saat, setelah itu keramas dengan shampoo agar bersih dari sisa-sisa alpukat tadi

  1. Menggunakan Yogurt dan Madu

Yogurt sering kita jumpai sebagai minuman yang menyegarkar, selain baik untuk sistem pencernaan dan usus kita, yogurt juga baik untuk merawat rambut kering dan kusam. Asam folat, probiotik dan mineral alami yang terkandung dalam yogurt sangat baik untuk rambut. Cara merawat rambut kering dan kusam menggunakan yogurt sangan mudah sekali yaitu, siapkan yogurt secukupnya, campurkan yogurt dan madu, aduk hingga merata, setelah itu oleskan yogurt tersebut pada bagian kulit kepala dan rambut, pijat secara lembut, diamkan beberapa saat, setelah itu keramas menggunakan shampoo untuk menghilangkan sisa-sisa yogurt pada kulit rambut dan rambut.

Nah itu dia beberapa tips perawatan untuk rambut kering dan kusam yang bisa kamu coba dan praktekan dirumah, lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : 5 Pilihan Tips Cantik Gaya Rambut Simple Ala Princess