Perawatan rambut rontok dan kering tidaklah mudah. Butuh ketekunan dan kesabaran. Sebab rambut rontok dan kering adalah kondisi dimana rambut kekurangan nutrisi, dan memasukkan nutrisi ke rambut bukanlah pekerjaan mudah yang sehari teratasi. Salah-salah, malah akan menimbulkan masalah baru.

Masalah rambut rontok dan kering, jika tidak ditangani dengan benar, lama kelamaan bisa menyebabkan masalah kebotakan permanen. Hal ini tentu akan mengikis kepercayaan diri, terutama bagi mereka yang masih muda. Terutama bila mengatasinya menggunakan bahan kimia.

Jenis Minyak Untuk Mengatasi Rambut Rontok dan Kering

Banyak beredar pula produk-produk shampoo, atau perawatan yang canggih dan mahal untuk mengatasi masalah yang satu ini. Namun pernahkah Anda berpikir jika ada cara alami untuk perawatan rambut rontok dan kering? Jika belum, mungkin tidak ada salahnya Anda mencoba salah satu cara yang akan dibahas berikut ini. cara berikit menggunakan minyak atau ekstrak yang di dapat dari bahan alami.

1)    Minyak Zaitun

Yang pertama adalah dengan menggunakan minyak zaitun, minyak zaitun berasal dari buah zaitun, yang minyaknya bisa kita olah menjadi ramuan yang sangat bermanfaat sekali. Minyak ini menjadi terkenal dan banyak pula yang menjualnya. Nah minyak zaitun ini, selain bisa berguna untuk kesehatan, juga berguna untuk kesehatan rambut, terutama rambut yang rontok.

Caranya, Anda cukup mengoleskan minyak zaitun secara merata ke bagian rambut Anda, dan tunggu beberapa jam, setelah itu dibilas. Untuk hasil maksimal, ada baiknya bila kita Lakukan perawatan ini setiap hari.

Baca Juga : Perawatan Rambut Kering, Kusam Dan Bercabang Yang Bisa Jadi Alternatif Ampuh

Baca Juga : 5 Pilihhan Tips Cantik Gaya Rambut Ala Princess

2)    Minyak Lavender

Selanjutnya adalah perawatan dengan minyak lavender. Anda pernah melihat tanaman lavender? Ya, tanaman lavender ini memiliki warna ungu. Tanaman ini sudah terkenal sekali untuk mengusir nyamuk. Namun tahukah Anda jika minyak lavender memiliki khasiat yang baik untuk rambut yang rontok?

Hal ini dikarenakan, minyak lavender mengandung banyak sekali senyawa yang baik untuk kesehatan rambut seperti antioksidan, sehingga baik digunakan untuk rambut. Karena untuk mendapatkan minyaknya, harus melalui proses tertentu, maka Anda hanya bisa mendapatkan minyak lavender ini di took-too herbal. Cara pemakaiannya mudah, Anda bisa balurkan minyak ini pada rambut Anda, dan lakukan gerakan pemijatan. Lebih baik lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3)    Minyak Kelapa

Berikutnya adalah masih menggunaakan minyak, namun kali ini adalah minyak kelapa. Ya, memang minyak kelapa ini sudah sangat sering digunakan oleh masayarakat Indonesia, karena khasiatnya yang banyak.

Cara pemakaiannya adalah sama dengan cara diatas yaitu dengan mengoleskannya pada rambut Anda secara merata. Maka jika dilakukan setiap hari secara rutin, Anda pasti akan menemukan perubahan pada rambut Anda yaitu rambut menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah untuk rontok.

4)   Minyak Kemiri

Bahan yang satu ini mungkin lebih banyak dikenal sebagai bumbu suatu masakan. Namun kemiri juga bisa digunakan untuk merawat rambut yang rontok agar bisa menjadi kuat kembali. Ada dua cara, pilihlah yang Anda anggap paling mudah.

Cara yang pertama yaitu kemirinya dibakar dan kemudian ditumbuk sehingga akan mengahasilkan minyak. Yang kedua adalah kemirinya direbus dan jika sudah matang, minyaknya akan mengapung. Ambil minyak tersebut dan gunakan pada rambut dengan cara mengusapkannya secara merata. Atau jika Anda langsung ingin mendapatkan minyak itu Anda bisa langsung saja di toko-toko herbal.

Nah demikianlah cara perawatan rambut rontok dan kering menggunakan berbagai jenis minyak. Ingat, setiap perawatan pasti punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, maka pilihlah cara yang menurut Anda paling mudah dan cepat. Selain itu, lakukanlah perawatan tersebut secara rutin, dan bersabarlah untuk diberikan hasil yang terbaik.

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak