Cantik, Udah Tahu Belum 7 Rahasia Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan?

Beberapa tahun terakhir, banyak orang menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kecantikan. Kenyataannya, minyak ini memang memiliki banyak manfaat yang sungguh-sungguh luar biasa. Makanya tak mengherankan kalau rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan sudah digunakan sejak zaman romawi kuno.

Perlu kamu ketahui, minyak zaitun itu mengandung lemak, vitamin E, antioksidan dan vitamin K. Semua kandungan itu sangat penting bagi kulit. Bahkan penelitian menyatakan, kandungan yang terdapat pada minyak zaitun dapat mencegah penuaan dini, serta membuat rambut dan kulit semakin sehat.

Rahasia Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kecantikan

Nah dari pada bingung dan penasaran sama rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan itu apa aja, berikut ulasan lengkapnya:

1. Perawatan Rambut Sebelum Keramas

rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan

Sebagai pelembab alami, minyak zaitun merupakan bahan alami untuk mengatasi rambut kering. Perawatan rambut dapat dilakukan sebelum keramas.

Panaskan minyak zaitun, kemudian oleskan merata dari kulit kepala hingga ujung rambut. Biarkan 10 hingga 20 menit, lalu keramas. Cara ini dapat melembutkan dan menguatkan akar rambut. Minyak zaitun dapat digunakan untuk semua jenis rambut.

2. Scrub untuk Bibir Kering

rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan

Rahasia manfaat minyak zaitun bagi kecantikan juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah? Cobalah menggunakan bahan alami untuk mengatasinya. Buat scrub bibir dari minyak zaitun yang dicampur dengan gula pasir, gula merah, dan madu.

Kombinasi bahan alami ini dapat mengangkat sel kulit mati, menghaluskan, dan mencerahkan bibir. Gosokkan bahan alami pada bibir untuk mendapatkan bibir yang lembut. Jangan menggosok terlalu kasar.

3. Menghilangkan Jerawat

Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan anti-bakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat. Dengan demikian akar permasalahan dari jerawat dapat dihentikan, sehingga jerawat tidak muncul lebih banyak.

Selain anti-bakteri, minyak yaitun juga mengandung anti-inflamasi. Kandungan ini berfungsu untuk menghilangkan rasa nyeri akibat peradangan jerawat.

Siapkan minyak zaitun, pastikan telapak tangan bersih. Lalu, oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan kulit wajah. Pijat dengan lembut seluruh area wajah.

Lakukan pemijatan selama kurang lebih 2 menit, diamkan sekitar 20 hingga 20 menit. Basuh dengan air hangat. Perawatan rutin ini ampuh mengecilkan jerawat, mencegah munculnya jerawat baru, dan menghilangkan beakas jerawat.

4. Membasmi Ketombe

Minyak zaitun merupakan solusi terbaik untuk ketombe yang sangat parah. Oleskan minyak zaitun ke kulit kepala, pijat dengan lembut. Biarkan semalaman. Jangan lupa tutup dengan shower cap supaya minyak zaitun tidak mengotori bantal atau baju.

Pastikan keesokan harinya langsung keramas agar rambut tidak lepek sepanjang hari. Selain ketombe hilang, secara alami perawatan ini dapat melembabkan kulit kepala.

5. Melembabkan Kulit

Menggunakan minyak zaitun setiap hari dapat membuat kulit lembab alami. Kandungan antioksidan dalam minyak zaitun membantu kulit semakin sehat. Minyak zaitun juga dipercaya dapat mengatasi kulit bersisik, mengangkat sel kulit mati, mencerahkan kulit, serta melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar matahari.

Perawatan kulit dapat dilakukan dengan mengoleskan minyak zaitun secukupnya di bagian wajah. Sebelum mengaplikasikan minyak zaitunĀ  pastikan wajah dalam keadaan yang bersih. Oleskan juda dibagian lengan, dan kaki. Kemudian bilas menggunakan air bersih. Lakukan perawatan alami ini setiap hari.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lain minyak zaitun untuk kecantikan yaitu membuat wajah tampak lebih muda. Antioksidan dalam minyak zaitun berfungsi sebagai perawatan anti-penuaan untuk merevitalisasi kulit yang mengalami penuaan dini.

Antioksidan ini termasuk vitamin E dan polifenol yang membantu pengumpulkan dan menetralkan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Memijat wajah dengan minyak zaitun sebelum tidur merupakan cara terbaik untuk mencegah keriput dan garis-garis halus disekitar kulit. Minyak zaitun juga dapat dicampur dengan bahan alami lainnya seperti jus tomat, gula, atau minyak jojoba.

7. Remover Make Up Secara Alami

Nutrisi serta berbagai zat yang terkandung dalam minyak zaitun snagta baik dalam mengangkat sel kulit mati dan mengangkat noda yang menempel pada wajah.

Oleh sebab itu, sangat disarankan membersihkan sisa make up menggunakan minyak zaitun. Tekaturnya yang lembut mampu mengangkat sisa make up dengan sempurna.

Caranya seperti membersihkan make up pada umumnya, basahi dengan minyak zaitun, olesakan secara merata ke area wajah hingga leher. Pijat dan gosok perlahan hingga make up benar-benar luntur. Setelah yakin semua make up terhapus, bersihkan wajah dengan pembersih wajah untuk hasil yang lebih bersih.