Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan perawatan rambut rontok bagi yang berjilbab. Mulai dari perawatan dengan metode alami atau tradisional maupun dengan metode modern dengan bahan-bahan kimia. Semuanya sangat efektif untuk mengatasi rambut rontok kamu karena hijab kamu.

Perawatan Rambut Rontok Bagi hijabers

Jadi kamu para hijabers, jangan takut dengan rontoknya rambut karena hijab yang kamu kenakan. Nah, karena saking banyaknya metode yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok kamu, dalam artikel ini akan diulas sebagian. Tetapi tentu yang paling efektif dan ampuh untuk mengatasi rambut rontok karena hijab. Yuk, simak artikel berikut dengan seksama.

  1. Hindari menarik satu belahan rambut

Sering kali kita menggunakan gaya atau belahan rambut hanya dengan satu bentuk. Misalnya belahan rambut tengah, pinggir ataupun tanpa belahan. Ternyata hal ini kurang baik untuk rambut kita sobat.

Jadi disarankan, untuk menggunakan belahan yang berbeda-beda atau jangan gunakan belahan yang sama pada rambut kamu dalam waktu yang cukup lama. Karena ini dapat memicu terjadinya kerontokkan rambut.

  1. Konsumsi makanan bergizi

Selain merawat rambut dari luar tubuh, kamu juga bisa memberikan perawatan untuk rambut sehat kamu dari dalam diri atau tubuh kamu loh. Bagaimana caranya wahai para hijabers?

Caranya cukup mudah, konsumsilah banyak makanan yang mengandung vitamin B6, vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan juga protein, dimana makanan tersebut dapat menyehatkan rambut kamu. Sehingga rambut rontok kamu dapat diminimalisir oleh kandungan gizi  yanga ada pada makanan tersebut.

Beberapa tanaman juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi rambut rontok kamu, misalnya kamu bisa mengoleskan tanaman lidah buaya ke rambut kepala kamui.

  1. Rehatkan rambut sejenak

Untuk memberikan nafas terbaik bagi rambut yang kamu miliki, sebaiknya kamu perlu merehatkan sejenak rambut kamu saat berada di dalam rumah.

Yaitu dengan melepas jilbab yang kamu gunakan ketika berada dalam rumah, agar rambut kamu dapat bernafas dengan baik dan juga tidak selamanya terbungkus rapat oleh hijab kamu.

  1. Pakailah minyak alami

Dalam merawat rambut, sebaiknya dalam seminggu sekali kamu meluangkan waktu untuk memakaikan minyak alami seperti minyak zaitun dan minyak kelapa pada rambut kamu.

Dengan mengoleskan minyak tersebut dari akar rambut hingga ujung, setelah itu diamkan beberapa menit kemudian baru kamu bilas dengan air bersih. Cara ini sudah terbukti ampuh untuk mengatasi rambut rontok.

  1. Pakai sisir yang bergigi lebar

Ketika rambut kamu dalam keadaan basah, sebaiknya jangan menyisirnya. Karena pada saat itu rambut kamu akan sangat rapuh. Jika terpakasa kamu akan menyisir rambut. Sebaiknya gunakan sisir yang memiliki gigi lebar.

Dengan menggunakan sisir bergigi lebar, ini akan memudahkan kamu dalam menyisir, serta mampu mengurangi kerontokkan rambut yang kamu miliki.

  1. Jangan ikat rambut terlalu kencang

Mengikat rambut terlalu kencang, juga dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Cara untuk merawat rambut agar tidak mudah  rontok yaitu salah satunya dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang.

Karena hal yang demikian dapat membuat trauma pada kulit kepala dan rambut. Dimana hal tersebut dapat memicu kerontokkan rambut semakin menjadi parah.

  1. Hindari penggunaan hijab saat rambut basah

Selain perawatan diatas, tips terakhir untuk merawat rambut para hijabers yaitu jangan memakai jilbab jika keadaan rambut kamu sedang basah. Hal ini dapat meningkatkan kelembaban rambut sehingga mudah rontok.Selain itu, rambut basah yang ditutupi jilbab ataupun lainnya akan mudah lepek dan dapat menyebabkan bau yang tidak sedap.

Nah itulah beberapa cara perawatan rambut rontok yang berjilbab yang bisa kamu lakukan. Ingat bahwa mengenakan jilbab memiliki efek positif bagi rambut, terutama menjadikan rambut lebih bersih karena terhindar dari debu yang menempel.

Baca Juga : Perkembangan Hijab Dari Sebagai Indentitas Sampai Menjadi Trend Fashion