Dari semua bagian kulit tubuh, kulit wajah yang paling sering diperhatikan. Setiap pria dan wanita selalu mendambakan kulit wajah sehat, bersih dan bebas penyakit kulit. Makanya tidak heran bila bisnis perawatan wajah di salon mahal dan dokter kecantikan kulit merajalela. Demi mewujudkan kulit wajah yang diimpikan, mereka tidak keberatan mengeluarkan biaya mahal.

Tapi perawatan wajah yang paling bagus dan tidak menyebabkan efek samping maupun efek ketergantungan obat yakni dengan perawatan wajah alami dari dalam dan dari luar tubuh. Perawatan wajah dari dalam tubuh meliputi menjaga asupan nutrisi dengan pola makan dan gaya hidup sehat. Lebih bagus lagi bila menghindari makanan siap saji, minuman berkarbonasi serta makanan dan minuman kemasan.

Percaya atau tidak, makanan berlemak dan berminyak dapat menyebabkan kulit wajah lebih mudah berminyak dan berjerawat. Mengkonsumsi makanan kemasan yang tinggi kadar MSG menyebabkan kulit wajah kering, kusam dan beruntusan. Lantas minuman berkarbonasi (soda & alkohol) akan merusak kolagen kulit sehingga kulit wajah akan cepat mengalami penuaan dini ditandai dengan kerutan halus sekitar dahi, mata dan kerutan bibir. Lalu bila wajah anda terlalu lama terpapar terik matahari langsung, pigmen kulit akan mudah rusak, pori kulit terbuka lebar, sehingga memudahkan debu polusi menempel yang lambat laun menyumbat pori kulit wajah dan menjadi komedo, seperti yang kita kenal.

Sebaliknya, perlu banyak asupan makanan segar alami, sayuran dan buah. Dengan demikian, vitamin yang dibutuhkan kulit seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B kompleks dapat terpenuhi.

Vitamin A sangat mudah ditemukan pada wortel, tomat, selada, minyak hati ikan kod, paprika, bayam, susu, kacang polong, hati sapid an lobak. Dalam vitamin A tinggi akan zat retinol yang sangat bagus untuk kulit. Zat retinol ini biasa terkandung dalam cream malam yang setiap hari kita gunakan. Retinoid, retin-a juga atau retinol, ketiga zat tersebut adalah keturunan dari vitamin A.

Manfaat retinol pada vitamin A untuk kulit wajah, antara lain :

  • Membuat kulit kencang dan sehat tanpa resiko efek samping

Lebih baik konsumsi vitamin A dari sayur dan buah daripada dari obat kemasan.

  • Mencegah Penuaan Dini

Kulit mulai mengalami kerusakan dan penuaan dini pada usia 20-an. Mulai sekarang rajinlah konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A supaya kandungan zat retinol meresap ke dalam kulit untuk memperbaiki sel-sel kulit mati dan menyamarkan kerutan serta garis-garis halus. Maksimalkan dengan rajin minum air putih dan gunakan selalu cream anti surya sebelum terpapar terik matahari.

  • Mampu mencerahkan dan menyamarkan noda hitam di wajah juga menjaga kelembapan kulit dan merangsang pertumbuhan kolagen.

Vitamin C untuk kulit wajah sehat, segar dan bebas jerawat, dapat ditemukan pada jambu biji, kiwi, kelengkeng, papaya, paprika merah, kol, stroberi, kembang kol, cabai, tomat dan apel.

Ternyata bukan isapan jempol belaka, bila vitamin C juga memberi andil penting dalam mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk merawat dan menjaga kulit wajah tetap sehat.

Manfaat vitamin C tersebut diantaranya :

  • Perlindungan dari terik matahari

Kandungan antioksidan dalam Vitamin C dapat  melindungi kulit dari radikal bebas,  radiasi ultraviolet dan paparan sinar matahari.

Radiasi ultraviolet dari sinar matahari berlebih dapat meningkatkan resiko kanker kulit.

  • Meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh

Vitamin C dibutuhkan oleh zat hidroksiprolin dan hidroksilisin  untuk mengikat molekul penghasil kolagen. Produksi kolagen sangat dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kekencangan elastisitas kulit. Kekurangan kolagen menyebabkan kulit wajah tampak kusam.

Bila usia semakin bertambah, produksi kolagen mulai berkurang dan kolagen mulai rusak, dan keriput akan terbentuk. Perbanyak asupan vitamin C untuk mencegah keriput dan memperlambat proses penuaan dini.

  •    Mencegah terjadinya perubahan warna kulit

Vitamin C dapat melindungi DNA kulit dari reaksi fotokimia (photochemical) yang berakibat kulit mengalami perubahan warna, beberapa jenis kanker kulit dan tumor.

Perubahan warna kulit ini seperti bintik hitam pada wajah, dan flek hitam karena paparan sinar matahari juga karena penuaan.

Selain itu vitamin C mampu menghambat produksi Pyrimidine yang menjadi penyebab utama melanoma.

Melanoma adalah  kanker kulit yang berkembang pada melanosit, sel pigmen kulit sebagai penghasil melanin. Melanin berfungsi menyerap sinar ultraviolet dan melindungi kulit dari kerusakan paparan sinar matahari.

  • Membantu menyembuhkan luka

Tubuh membutuhkan asupan vitamin C untuk meningkatkan elastisitas kulit dan membantu pembentukan jaringan parut dan ligamen supaya proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

Sudah banyak iklan tv komersial yang menayangkan manfaat vitamin E bagi kesehatan kulit wajah. Vitamin E banyak ditemukan pada tauge, biji bunga matahari, asparagus, almond, bayam, lobak sayur, buah bit, kale, kacang tanah, cabai, paprika, udang, alpukat, daun bawang, minyak zaitun, buah zaitun, tahu, labu, brokoli, ikan salmon dan kuaci biji labu.

Peranan vitamin E bagi kesehatan kuli terutama kulit wajah di antaranya :

  • Membantu mempertahankan kadar air alami dalam kulit. Sehingga kulit wajah tidak muda kusam dan kering.

Setidaknya konsumsi Vitamin E setiap makan pagi atau malam.

  • Menghambat pertumbuhan sel kanker kulit, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kanker kulit akibat paparan radiasi ultraviolet.
  • Mencegah kulit dari radikal bebas supaya tidak mudah terlihat kusam atau terdapat noda hitam.
  • Menjaga kelembaban kulit agar kulit tidak kering atau pecah-pecah.
  • Mencegah Penuaan Dini

Karena memiliki peranan sebagai antioksidan alami bagi tubuh, vitamin E menjaga kelembaban dan elastisitas kulit sehingga kulit terlihat awet muda.

  • Menyembuhkan Luka Bakar

Untuk menyembuhkan sekaligus menyamarkan luka bakar cukup dengan mengoleskan minyak vitamin E ke area kulit yang terluka.

Minyak Vitamin E yang dimaksud adalah minyak zaitun murni bisa didapat di supermarket besar. Merek yang cukup terkenal seperti Bertoli atau Borges. Selain itu juga bisa dipakai sebagai minyak goreng karena tidak memiliki kadar lemak jenuh.

  • Mencegah Kanker Kulit karena paparan sinar matahari.

Vitamin B komplek bila dikonsumsi dapat meningkatkan kesehatan kulit, juga bermanfaat untuk sistem saraf dan peredaran darah. Vitamin B komplek ini mencakup vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 ​​(piridoksin) dan B12 (cyanocobalamin).

Vitamin B komplek dapat ditemukan pada sayuran asparagus, bayam, sawi hijau, kale, pak choy, brokoli, buncis, kembang kol, seledri, sawi putih, ketimun, daun bawang, paprika hijau, terong, rebung, buah bit, wortel, jagung, lobak, dan jamur jamur, pada buah didapat dari  alpukat, apel, pisang, blueberry dan melon. Sedang dari daging dan olehan hewan terdapat pada, daging merah, dada ayam, susu sapi, telur, dan ikan salmon.

Manfaat Vitamin B komplek antara lain :

  • B1 (Tiamin) : sebagai antioksidan dan anti-aging

Kulit wajah jadi tidak mudah bernoda hitam karena sinar matahari juga tidak cepat mengalami penuaan dini.

  • B2 (Riboflavin) : Menjaga kelembapan kulit

Kulit wajah yang lembap, mudah terhindar dari masalah kulit kering dan kusam.

  • B3 (Niacin) : Mencerahkan kulit wajah sehingga kulit wajah terlihat lebih putih dan bersih, tidak mudah kering dan kusam.

Vitamin B3 sering dijumpai pada kandungan obat jerawat.

  • B5 (Asam Pantotenat) : Mengendalikan pembentukan minyak kulit

Kekurangan Vitamin B5, kulit wajah menjadi berminyak dan jerawat jadi mudah timbul.

  • B6 (Pyridoxin) : Mengurangi kemerahan kulit  akibat inflamasi

Inflamasi adalah peradangan karena iritasi dan infeksi hingga menimbulkan bengkak, lebam, nyeri ataupun kulit kemerahan.

  • B12(Kobalalamin) : membantu mengobati eksim

Eksim  adalah kondisi kelainan kulit yang mudah mengalami peradangan, bengkak, kemerahan, dan rasa gatal.

 Perawatan wajah dari luar paling sering dilakukan oleh tiap pria dan wanita yang peduli penampilan. Karena perawatan ini sangat mudah dilakukan dan dipraktekkan daripada perawatan wajah dari dalam dengan menjaga pola makan sehat.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk perawatan wajah. Mulai dari pergi ke salon atau dokter kecantikan, memakai produk perawatan wajah, hingga menggunakan bahan tradisional.

Sebelum anda memulai mekakukan perawatan wajah, lebih baik mengenali dulu jenis kulit wajah anda. Sebab setiap jenis kulit harus mendapat perlakukan berbeda agar tak mengalami gangguan seperti iritasi ataupun alergi.

Adapun jenis-jenis kulit antara lain:

1. Kulit normal

Beruntunglah anda yang memiliki kulit normal, sebab kulit tidak kering dan tidak berminyak sehingga tidak membutuhkan perhatian ekstra.

Ciri kulit wajah normal :

  • Kulit tidak mudah sensitif
  • Pori – pori kulit wajah normal, tidak membesar
  • Warna kulit merata, tidak ada noda hitam
  • Hampir tidak ada flek hitam dan garis kerutan
  • Kulit wajah mulus, bersih bebas dari jerawat dan beruntusan

Perawatan untuk kulit wajah normal diantaranya :

  • Rajin membersihkan kulit wajah setiap mandi pagi dan sore dengan sabun gliserin atau sabun bayi.
  • Biasakan membersihkan make up terlebih dahulu hingga sangat bersih sebelum mulai membersihkan wajah dengan sabun atau menggunakan masker wajah
  • Pada malam hari hendak tidur gunakan pelembab ringan berbasis minyak seperti minyak zaitun.
  • Masker wajah anda seminggu 3x untuk menjaga kelembaban, eslastisitas dan kekenyalan kulit. Masker wajah bisa menggunakan masker instan yang banyak dijual online ataupun di took kosmetik. Alangkah bagusnya bila masker wajah yang digunakan terbuat dari bahan alami di sekitar kita, yang mudah ditemukan dengan harga terjangkau.

2. Kulit kering

Adalah tipe kulit dengan kadar kelembaban rendah. Minyak pada wajah sangat sedikit..

Ciri kulit wajah kering :

  • Pori wajah tidak terlihat
  • Kulit wajah cenderung kusam, kasar dan beruntusan
  • Ada bercak merah karena iritasi kulit
  • Kelembaban kurang, kulit jadi tidak kenyal dan elastis
  • Mulai terlihat garis kerutan halus

Bila terlalu sering berada di ruangan ber AC, tinggal di daerah pegunungan dan terpapar sinar matahari, kulit wajah kering tidak bisa dihindari.

Jika kulit anda kering, kulit akan tampak kasar dan bersisik. Resiko gatal dan alergi sangat tinggi, bila anda mengabaikan perawatan kulit.

Perawatan kulit wajah kering, antara lain :

  • Jangan mandi terlalu lama. Mandi terlalu lama dapat mengikis kadar minyak kulit.
  • Pilih sabun pembersih wajah yang tidak banyak mengeluarkan busa, seperti sabun bayi.
  • Oleskan cream pelembab tiap selesai mandi
  • Bila berada di ruangan ber AC, jaga suhu tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas

3. Kulit Berminyak

Kulit wajah berminyak memiliki kandungan minyak berlebih pada wajah. Meski sesudah mandi atau membersihkan wajah pun, kulit wajah kembali dipenuhi oleh minyak.

Kulit berminyak bisa terjadi karena genetik (keturunan) , produksi kelenjar minyak berlebih saat pubertas, stres berat dan terlalu lama terkena sinar matahari atau berada pada ruangan bersuhu lembab.

Ciri kulit wajah berminyak :

  • Kadar minyak terlihat pada area T zone (hidung, dahi dan dagu)
  • Kulit wajah kusam dan mengkilat
  • Pori wajah besar
  • Banyaknya komedo pada hidung
  • Timbulnya jerawat

Perawatan kulit wajah berminyak yaitu :

  • Rajin bersihkan wajah setiap kali beraktifitas berat atau berkeringat dengan tisu atau sapu tangan halus
  • Pilih sabun pembersih wajah yang ringan dan jangan menggosok wajah
  • Jangan memencet atau memecahkan jerawat dengan tangan, sebab dapat menimbulkan iritasi kulit dan memperbanyak jerawat timbul
  • Pilih produk berlabel “bebas komedo”. Karena produk seperti itu tidak menyumbat pori kulit ketika digunakan

4. Kulit Sensitif

Jika kulit wajah sensitif, kenali terlebih dahulu penyebabnya, sehingga anda bisa menghindarinya.

Banyak hal yang bisa menyebabkan kulit wajah sensitif, diantaranya :

  • Alergi debu
  • Alergi terik matahari
  • Terlalu sering ganti kosmetik dan produk pembersih wajah
  • tidak cocoknya kulit pada kosmetik berbahan kimia terlalu tinggi seperti penggunaan cream pagi dan malam

Ciri kulit wajah sensitif :

  • Kulit terlihat sangat tipis hingga jaringan terdalam ikut terlihat
  • Mudah terkena alergi seperti alergi debu maupun terik matahari
  • Pembuluh darah tampak jelas
  • Mudah terkena iritasi
  • Kulit wajah kemerahan
  • Mudah gatal
  • Sensitif terhadap kosmetik
  • Mudah bereaksi pada lingkungan
  • Siang hari kulit wajah terlihat bersisik kasar
  • Sulit menghilangkan bekas luka

Perawatan kulit wajah sensitif antara lain :

  • Pilih sabun pembersih wajah yang tidak mengandung alkohol, seperti sabun bayi yang padat, supaya kulit tidak mudah iritasi
  • Rajin bersihkan wajah tiap kali memakai make up. Sebab jika anda malas dan sampai terbawa tidur, beberapa bahan kimia berat yang terkandung dalam kosmetik akan terserap kulit dan menjadikan kulit anda iritasi
  • Hindari pemakaian scrub, bahkan mencuci muka sekalipun
  • Gunakan tabir surya yang bebas dari bahan asam, kandungan minyak dan wewangian

Jika mencari tabir surya yang dapat melindungi kulit dari kedua jenis UV, periksalah ketiga bahan ini di ingredientnya,  seperti Parsol 1789 (avobenzone), titanium dioksida, danzinc oxide. Sebab ketiga bahan ini dapat meminimalkan efek buruk sinar UV.

  • Pilih produk perawatan dan kosmetik wajah yang mengandung Antioksidan dan  bahan anti peradangan. Jangan pilih produk perawatan  mengandung wewangian, karena wewangian merupakan faktor iritasi kulit. Gunakan Serum CCE yang  mengandung vitamin C sebagai anti oksidan.
  • Jaga asupan makan dengan rempah anti peradangan

Seperti, jahe, kunyit, kayu manis dan lada hitam. Rempah – rempah ini dapat mengatasi peradangan dan garis keruta halus di wajah.

Banyak  anggapan pria yang rajin merawat wajah adalah pria yang memiliki kelainan seksual. Pria juga membutuhkan penampilan yang luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Wanita enggan mendekati pria yang tidak menarik secara fisik dan penampilan. Dengan memiliki penampilan wajah yang bersih dan tidak kusam, seorang pria akan disegani dan disenangi oleh para wanita.

Merawat wajah sangat penting untuk kesehatan kulit agar tidak terjadi penuaan dini juga jerawat tidak mudah timbul. Apalagi pria yang bekerja dan beraktifitas terlalu lama di luar ruangan, menyebabkan minyak wajah, debu dan kotoran menempel. Bila tidak segera dibersihkan, pori kulit wajah akan tertutup komedo dan jerawat.

Apabila masker wajah masih dianggap tabu oleh sebagian pria. Ada banyak cara yang bisa dilakukan pria untuk menampilkan kulit wajah yang sehat, bersih, segar dan bebas jerawat dan komedo, diantaranya :

  • Jangan malas membersihkan wajah setiap mandi pagi dan sore dengan produk pembersih wajah sesuai jenis kulit.
  • Jangan mandi dengan air yang terlalu panas

Mandi terlalu lama dengan air terlalu panas dapat sebabkan kulit menjadi kering dan bersisik

  • Selalu lembabkan kulit wajah

Meski pria memiliki kulit wajah yang cenderung berminyak, pria membutuhkan pelembab yang mengandung tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

  • Pilih pembersih wajah yang tepat

Pilih pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit wajah yang sensitif hindari pembersih wajah yang mengandung sodium lauryl sulfate, dimana kandungan ini akan membuat kulit anda menjadi semakin kering.

Carilah pembersih wajah yang mengandung ceramide, glycerin, sunflower dan pelembab petrolatum untuk mengembalikan kelembaban kulit sesaat setelah membersihkan wajah.

  • Gunakan cream cukur yang cocok dengan jenis kulit

Jagalah kelembaban kulit sebelum bercukur untuk mencegah iritasi kulit saat bercukur dengan mengoleskan gel foam terlebih dulu.

  • Jangan menggosok wajah

Setelah membasuh muka dengan pembersih wajah dan bercukur, jangan menggosok kulit wajah keras – keras dengan handuk. Cukup tepuk pelan saja supaya tidak iritasi.

Bagi kaum pria mulai sekarang jangan takut dibilang tidak macho. Yakin deh tampilan wajah yang bersih, segar, bebas jerawat, komedo dan keriput akan mengundang perhatian banyak wanita.

Mulai sekarang, mari kita sadar diri menjaga dan merawat kulit wajah anugerah Tuhan.