Produk Perawatan Wajah Berminyak Yang Cocok Untuk Pria

Nyatanya produk perawatan wajah tidak hanya identik dengan kaum hawa saja. Hampir semua kaum pria memilikinya, terutama mereka yang masih tergolong anak muda. Minimal seorang pria punya sabun khusus muka dalam melakukan perawatan wajah pria. Nah kalau kamu pria yang baru rajin-rajinya merawat wajah, tetapi kulit kamu tergolong berminyak, maka ada beberapa rekomendasi produk.

Produk Perawatan Wajah Berminyak

Kamu bisa dengan mudah mendapatkanya di pasaran, tetapi yang paling penting menyesuaikan bahan dengan kondisi kulit kamu. Berikut rekomendasi 5 produk perawatan wajah berminyak yang cocok untuk kaum pria:

  1. Produk facial wash

cara perawatan wajah

Sumber baldingbeards.com

Facial wash adalah produk untuk mencuci muka agar muka terbebas dari kotoran, debu, dan kuman. Poin penting yang harus digaris bawahi dalam penggunakan facial wash adalah harus mengetahui jenis kulit dahulu baru bisa menentukan. Jika kulitmu merupakan kulit berminyak, maka gunakan produk facial wash yang cocok untuk kulit berminyak.

Wajah yang kotor terkena debu saat aktivitas di luar ruang, perlu dibersihkan sebanyak 2 kali yaitu pagi dan sore hari. Mencuci wajah terlalu sering menggunakan facial wash juga tidak baik untuk wajah, karena wajah menjadi terlalu kering dan tidak lembab.

  1. Toner wajah

Wajah Pria

Sumber productnation.co

Produk selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara merawat wajah adalah toner. Toner digunakan untuk menyeimbangkan pH wajah dan mengontrol minyak yang ada di kulit wajah. Pilihlah toner wajah yang mengandung kandungan tea tree. Tea tree dipercaya sangat bagus untuk merawat kulit berminyak. Penggunaan toner wajah adalah setelah membersihkan wajah.

  1. Pelembab wajah atau moisturizer

Wajah pria tampan

Sumber lifestyle.kompas.com

Jangan kira kulit yang berminyak tidak membutuhkan produk moisturizer. Justru kulit berminyak juga membutuhkan moisturizer untuk melembabkan kulit wajah sehingga tidak kusam. Moisturizer berguna untuk mengurangi garis-garis halus/ kerutan pada wajah yang berminyak.

Penggunaan moisturizer adalah saat kulit wajah kamu agak kering/ lembab. Biasanya sehabis mandi atau saat kamu sehabis mencukur jenggot/ kumis. Pilihlah pelembab yang cocok untuk kulit berminyak, jika kulit wajah kamu sensitif, baiknya kamu menggunakan pelembab wajah untuk kulit sensitif.

  1. Sun protection

perawatan wajah pria

Sumber klikdokter.com

Tahukah kamu bahwa sinar UV matahari memperburuk kesehatan dari kulit wajah. Paparan sinar UV yang terlalu tinggi juga berefek pada pembentukan keriput, bintik-bintik hitam hingga yang paling berat yaitu kanker kulit. Oleh karena itu, ada baiknya bagi kamu untuk menggunakan sun protection.

Minimal SPF yang harus ada pada sun protection adalah 30 jika aktivitas kamu tidak terlalu sering di luar. Sedangkan spf 50 jika aktivitas kamu sering di luar ruangan. Dan paling sedikit spf 15 untuk kamu yang aktivitas di dalam ruangan.

Produk sun protection bisa berupa sunblock maupun sunscreen. Untuk kulit berminyak, cari produk yang berbentuk gel. Oleskan sun protection pada kulit wajah, tangan, dan kaki agar terhindar dari paparan sinar UV secara optimal. Jika kamu ingin fleksibel gunakanlah produk sunblock untuk wajah dan badan, namun jika kulit kamu berjenis kombinasi agar lebih maksimal maka gunakan sunscreen untuk kulit kombinasi.

  1. Scrub wajah

perawatan wajah

Sumber liputan6.com

Produk perawatan wajah berminyak terakhir yang harus dipunya kaum pria untuk merawat wajah kulit berminyak adalah scrub. Scrub memiliki fungsi untuk melakukan eksfoliasi kulit mati sehingga kulit wajah mengalami regenerasi/ peremajaan kulit. Penggunaan scrub cukup hanya 2 kali dalam seminggu. Jangan terlalu berlebihan menggunakan scrub karena akan membuat kulitmu menjadi sensitif.

Scrub yang cocok untuk kulit berminyak adalah scrub yang mengandung oat meal. Kandungan oat meal dipercaya bagus untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat. Tentunya wajah kita menjadi lebih bersih jika terawat dengan baik.

Itulah beberapa produk perawatan wajah yang cocok untuk kaum pria dengan tipe kulit berminyak. Tentu diluar sana ada banyak sekali lainya. Tetapi tetap hati-hati dalam memilihnya.