Pernah nggak sih orang lain berkomentar tentang riasan wajahmu? Kadang berkata, “Menor banget! Kelihatan tua.” Atau “Kamu ini sudah dua puluh tahun masih saja terlihat muda”, “Cuma pake bedang doang. Kaya anak SMP” pernahkah? Mungkin karena kamu make up tidak sesuai dengan usia kamu.

Panduan Makeup Sesuai Usai

Berikut adalah beberapa trik make up yang membuatmu terlihat cantik sesuai dengan usia kamu.

1. Makeup cantik untuk usia 20 tahun ke atas

Penggunaan make up yang berlebihan membuat kamu yang baru memasuki usia wanita muda terlihat boros wajahnya. Membuatmu terlihat seperti ibu-ibu. Oleh karena itu pilihlah riasan wajah yang sederhana, natural dan fresh. Yang pastinya dapat membuat wajahmu tetap imut dan cantik.

Untuk bagian kelopak mata pilihlah warna eyeshadow yang lembut dan segar. Seperti baby blue, pink atau baby purple, lebih baiknya menggunakan warna pastel yang lembut. Gunakan eyeshadow secara merata dengan menggunakan kuas. Untuk membuat mata fresh, terlihat lebih lebar dan pastinya terhindar dari kesan mengantuk, kamu bisa menggunakan pensil eyeliner warna putih. Untuk membuat bingkai dan dimensi pada mata kamu menarik garis tipis eyeliner dengan menggunakan warna hitam yang berbentuk cair (liquid).

Yang terpenting adalah kamu jangan melupakan alismu, bentuk alismu secara natural namun terlihat rapi. Jangan lupa pada pangkal alis kamu baur agar bantuk alismu tidak kaku. Sebaiknya kamu memilih pinsil alis (eyebrown) warna coklat.

Ada yang bilang, percuma menggunakan bedak atau peralatan make up lain kalau lipstik belum menempel di bibirmu artinya kamu belum berdandan. Karena begitu pentingnya lipstik ini membuatmu terlihat lebih bersinar dan cantik. Untuk menghindari kesan menor, lebih baik menggunakan warna – warna soft. Warna pink muda atau warna-warna pastel bisa kamu coba. Apabila kamu mempunyai jenis bibir yang kering dan pecah-pecah sebaiknya gunakan pelembab bibir sebelum menggunakan lipstik. Untuk kamu yang menginginkan bibir terlihat mengkilap bisa menggunakan lipgloss. Lipstik matte juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pada bagian pipi gunakan blush on dengan warna yang soft seperti pink. Caranya dengan mengoleskan blush on pada bagian tengah pipi. Agar wajahmu terkesan tirus, kamu juga bisa memulas ke atas pada tulang pipi sehingga menonjolkan tulang pipi.

Yang terpenting jangan lupa untuk membersihkan make up sebelum tidur agar terhindar dari serangan jerawat. Oh ya jangan terlalu sering pula menggunakan foundation dan concealer karena bisa menyebabkan penumpukan lemak, minyak dan juga komedo.

Baca Juga : Perkembangan Dunia Makeup Dari Masa Ke Masa

Baca Juga : Tips Cantik Untuk Remaja, Harus Kamu Lakukan Tiap Hari

2. Makeup cantik untuk usia 30 tahun ke atas

Semakin usia bertambah wanita akan semakin memperhatikan penampilannya. Pada rentang usia ini akan mulai muncul guratan-guratan yang meninggalkan mimpi buruk seperti kerutan yang mulai muncul di dahi, sekitar mata dan pipi. Untuk itu bantuan make up akan sangat membantu untuk menyembunyikan penampakan buruk itu. Dengan megunakan make up untuk menyamarkan kerutan-kerutan halus, kamu bisa melihatkan bahwa usia 30an masih bisa berpenampilan cantik dan menarik.

Untuk bagian mata jangan lupa untuk menggunakan concealer agar kantung mata dapat tersamarkan. Kamu juga bisa menambahkan eyeshadow berwarna cokelat pada lipatan kelopak mata lalu ratakan. Agar mata terlihat lebih segar, kamu bisa menambahan shimmer tipis warna putih atau emas tipis pada ujung mata.

Pada bibir, wanita berusia 30an lebih cocok dengan warna merah. Menunjukkan kedewasaan seorang wanita. Kamu juga dapat menyempurnakan bentuk bibirmu dengan menggunakan pensil bibir untuk membentuk bingkai bibirmu. Jangan lupa gunakan lipgloss untuk menyempurnakan penampilan.

Pada bagian pipi kamu bisa menggunakan blush on kombinasi warna apricot dan baby pink untuk membuat kesan tirus.

Tips sederhana agar kamu terlihat lebih cerah gunakan concealer satu tingkat lebih cerah dari kulit wajahmu. Agar wajah tak terbakar matahari dan make up tetap tahan tanpa perlu di-touch up berulang kali, jangan lupa gunakan pelembab yang mengandung sunscreen dan squallent.

3. Makeup cantik untuk usia 40 tahun ke atas

Menyandang angka kepala 4 di tubuh seorang wanita akan membawa teman-teman yang menakutkan seperti flek hitam, kulit kering, kulit tak lagi kencang hingga keriput yang sangat mengganggu penampilan. Untuk tetap cantik di usia 40an, kamu harus bisa mengaplikasikan make up agar diusia 40 masih terlihat cantik.

Keriput sangat terlihat jelas di bagian mata saat usia 40an untuk itu gunakan concealer di area mata yaitu pada kantung mata. Agar mata terlihat berkilau dan segar, kamu bisa menambahkan eyeshadow berwarna emas di bagian kelopak mata. Agar kulit mata tidak bergelambir, kamu bisa mengarahkan kuas sedikit ke atas. Setelah itu gunakan maskara.

Untuk pilihan lipstik bagi wanita berusia 40an bisa menggunakan warna merah agar terkesan muda dan segar. Kamu bisa bisa juga menggunakan warna nut agar penampilan kamu terkesan tidak terlalu menor.

Gunakan sedikit concealer di bagian pipi agar terlihat flawless. Agar wajah terlihat kencang, kamu bisa membuhkan blush on berwarna pink. Untuk menunjukkan wajah bersinar, tambahkan blush on pink pada bagian tulang pipi

Itulah makeup sesuai usia yang bisa kamu coba. Sehingga di usia berapapun kamu masih bisa terlihat cantik tanpa merasa minder terlalu tua atau bahkan dengan penampilan seperti anak SMP.

Baca Juga : 10 Tips Cantik Ala Citra Kirana, Ini Rahasia Cantiknya