Tidak Harus Sekolah, Ini Tips Menjadi Makeup Artis Secara Otodidak

Merintis karier dalam bidang makeup bukanlah hal yang mudah sehingga kebanyakan orang mencari tips menjadi makeup artis yang terkenal. Sebagian orang memilih belajar di sekolah makeup. Namun, kamu bisa serius merintis karier di bidang ini secara otodidak jika mengikuti tips menjadi makeup artist berikut ini :

  1. Belajar Tutorial dari Internet

Belajar makeup hingga menjadi makeup artis profesional dapat dilakukan tanpa menyentuh bangku sekolah makeup sedikitpun. Memang dengan menjadi lulusan sekolah makeup, kamu akan mendapatkan sertifikat hingga pelajaran yang lebih spesifik.

Tetapi lulusan sekolah makeup juga memiliki kekurangan, yaitu terlalu berpegang pada pakem sekolah tersebut hingga susah untuk bereksperimen.  Bagi kamu yang belajar secara otodidak, kamu dapat memanfaatkan video tutorial dari media sosial, seperti Youtube dan Instagram. Ilmu makeup dapat kamu pelajari dari sana, terutama untuk ilmu dasar.

  1. Rajin Ikut Workshop

Setelah sekian lama belajar dari media sosial, kamu mungkin telah menguasai ilmu dasar dari makeup. Untuk tahap yang lebih lanjut, kamu mungkin ingin mengetahui rahasia dari makeup artis yang telah terkenal.

Jika seorang makeup artis mengadakan workshop, cobalah untuk mengikutinya. Dari sana, kamu bisa mempelajari ilmu baru yang tidak kamu dapatkan dari Youtube dan Instagram. Jangan takut karena ilmu kamu masih cetek, di workshop tersebutlah kamu mencari ilmu.

  1. Pintar Memilih Produk

Salah satu kegalauan seorang makeup artis adalah produk yang akan digunakan karena klien biasanya mengukur kualitas makeup artis melalui produknya. Jika kamu tidak memiliki produk yang mahal, klien jarang ada yang mau.

Tidak semua orang yang baru merintis karier sebagai makeup artis mampu membeli produk yang mahal. Karena itu, pintar dalam memilih produk. Jika memiliki budget, lebih baik membeli primer, foundation, dan bedak yang lebih mahal karena biasanya klien lebih peduli terhadap dasar makeup.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Di zaman yang penuh dengan media sosial ini sangat mudah sekali untuk memasarkan hasil makeup. Kamu bisa memanfaatkan Instagram, Facebook, dan Twitter untuk memajang hasil karya makeup kamu.

Tidak perlu difoto menggunakan kamera yang mahal, foto saja menggunakan kamera hp. Tentu saja dengan sedikit teknik fotografi yang baik, yaitu dengan pencahayaan yang natural dan titik yang pas.

  1. Buat Portofolio Dengan Maksimal

Portofolio dapat berupa hasil makeup di Instagram atau Facebook karena orang akan menilai kualitas kamu dari foto yang terpampang di media sosial. Foto kamu juga akan langsung keluar di hp mereka saat kamu posting.

Karena itu, pintar dalam mengatur waktu posting juga sangat penting. Jangan upload foto saat weekend karena banyak sekali saingan hingga foto kamu mungkin tenggelam.

  1. Fokus ke Hasil Makeup

Kesalahan umum seorang makeup artis pemula, baik yang otodidak ataupun yang lulusan sekolah adalah tidak fokus ke hasil makeup. Mereka lebih fokus pada produk yang dipakai agar bisa mengikuti kemauan klien.

Mengikuti klien memang bagus. Namun, jangan sampai kamu kehilangan fokus karena yang kamu jual adalah hasil makeup. Tunjukkan kalau walaupun produk yang kamu pakai bukan brand mahal, kamu masih mampu membuat riasan yang cantik.

  1. Berkomunikasi Dengan Klien

Jasa makeup bukanlah jasa yang akan terus dipakai sehingga kamu perlu usaha lebih keras jika sudah mendapatkan klien, yaitu dengan cara berkomunikasi yang baik dengan mereka. Tetap jaga komunikasi dan jadikan mereka teman. Mungkin saja mereka akan merekomendasikan kamu ke kerabat mereka.

Menjadi makeup artis secara otodidak memang memerlukan usaha yang keras. Namun, setiap profesi juga begitu. Kamu bisa saja mendaftar ke sekolah dan jalan kamu akan lebih mulus, tetapi tidak semua orang memiliki budget yang cukup untuk bersekolah makeup, karena itu semoga tips menjadi makeup artist otodidak di atas bisa berguna.