7 Tips Makeup Agar Tidak Pecah

Salah satu masalah ketika menggunakan makeup yang sering membuat kita kesal adalah tampilan akhir yang cakey alias pecah, akhirnya kita mencari-cari tips make up agar tidak pecah. Kalau sudah begini, bukannya terlihat cantik malah jadi seperti boneka seram.

Bahkan tak jarang, wajah yang seharusnya terlihat lebih muda justru menjadi seperti nenek-nenek karena garis retakan pada wajah. Untuk mencegah tampilan yang membuat kamu malu seperti itu, berikut ini ada beberapa tips makeup agar tidak pecah:

  1. Ketahui jenis kulit

Sebelum menggunakan makeup, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis kulit wajahmu. Setiap jenis kulit membutuhkan perawatan yang berbeda. Agar tampilan akhir make up tidak pecah, gunakan produk make up yang sesuai dengan jenis kulitmu.

  1. Bersihkan wajah

Agar make up menempel dengan sempurna, bersihkan wajah terlebih dahulu. Kotoran yang menempel pada wajah dapat menimbulkan kesan dempulan pada wajah jika dilapisi dengan makeup secara langsung. Gunakan sabun pembersih dan micellar water agar wajah benar-benar bersih dari kotoran. Setelah itu, gunakan toner untuk menyegarkan wajah dan mengembalikan pH kulit.

  1. Gunakan serum dan pelembab

Agar kulit wajah tetap sehat meskipun menggunakan make up, selalu biasakan untuk mengaplikasikan serum dan pelembab sebelum make up. Selain itu, kebanyakan make up menjadi pecah karena dasar yang digunakan tidak sempurna menempel pada kulit wajah. Dengan menggunakan serum dan pelembab, maka make up akan lebih mudah menempel dan lebih tahan lama. Jika wajah kamu sensitif dan berjerawat ada baiknya kamu menggunakan serum wardah untuk kulit berjerawat agar wajah terlihat bersih. Untuk wajah yang sensitif memang harus selektif dalam memilih pelembab, gunakan pelembab wajah untuk kulit sensitif agar tidak menimbulkan efek samping.

  1. Foundation ringan

Salah satu penyebab make up menjadi pecah adalah formula make up yang terlalu berat. Gunakan foundation atau alas bedak dengan formula ringan sebagai dasar make up sehingga lapisan make up tidak terlalu tebal hingga menimbulkan retakan. Foundation yang ringan juga membuat wajah tampak mulus alami sehingga terlihat lebih flawless. Pilih foundation yang sesuai, jika wajah kamu berkulit sawo matang gunakan foundation untuk kulit sawo matang agar terlihat natural dan jika wajah kamu sensitif gunakan foundation untuk kulit sensitif agar tidak menyebabkan efek samping pada kulit wajah.

  1. Bedak tabur

Meskipun bedak tabur tidak setahan lama bedak padat, namun bedak tabur memiliki coverage yang lebih mulus dibandingkan bedak padat. Bedak tabur juga lebih mudah menggumpal pada kulit wajah sehingga tidak akan menimbulkan retakan pada garis senyum atau di ujung mata.

  1. Gunakan brush

Untuk menghindari tertumpuknya makeup pada wajah, sebaiknya gunakan aplikator yang tepat. Jangan menggunakan tangan untuk memoleskan make up pada wajah karena selain tidak rata dan menimbulkan retakan, tangan juga mengandung banyak bakteri sehingga wajah lebih mudah berjerawat. Sebaiknya gunakan brush untuk mengaplikasikan make up pada wajah agar make up lebih rata.

Jika kamu menggunakan spons atau beauty blender, maka gunakanlah dengan menepuk-nepukan makeup pada wajah. Jangan memulaskan make up dengan menyapukannya pada wajah karena hanya akan membuat makeup semakin menumpuk.

  1. Hidrasi kulit

Salah satu faktor utama yang menyebabkan makeup menjadi lebih mudah pecah adalah kulit yang kering. Meskipun kamu sudah menggunakan serum dan pelembab sebelumnya, namun jika kamu tidak menghidrasi kulit dengan baik, make up tetap akan mudah retak. Pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik dan make up pun akan lebih mudah menempel dengan rata di kulit wajah.

Itulah beberapa tips makeup agar tidak pecah dan lebih tahan lama. Dengan menggunakan teknik dan alat yang tepat, wajahmu pun akan terlihat mulus bak porselain.