Agar Tetap Ganteng, Lakukan Tips Perawatan Wajah Untuk Pria di Pagi Hari

Sama seperti wanita, melakukan berbagai tips perawatan wajah untuk pria di pagi hari juga penting. Permasalahan kulit wajah pada pria pada umumnya sama seperti wanita. Sangat penting untuk merawat muka pria di pagi hari.

Sayangnya, pria lebih cuek dalam urusan merawat wajah. Pria Merasa bahwa cara merawat wajah sangat ribet, apalagi di pagi hari. Kalau kamu termasuk pria malas merawat wajah di pagi hari, kamu perlu membaca tips perawatan wajah pria berikut ini:

  1. Ketahui Jenis Wajah

Setiap jenis wajah memerlukan perawatan yang berbeda-beda sehingga kamu perlu mengetahui jenis wajah terlebih dahulu. Ada beberapa jenis wajah yang harus kamu ketahui, yaitu kulit sensitif, kulit kering, kulit berminyak, dan kombinasi antara kering dan berminyak.

Kulit sensitif merupakan kulit yang mudah terluka jika menggunakan produk tertentu. Kulit kering adalah kulit yang kering dan terasa gatal. Kulit berminyak ditandai dengan banyaknya minyak dan berkilau. Sedangkan kombinasi antara kulit kering dan berminyak adalah kulit terasa kasar di satu sisi, tetapi berminyak di sisi lain.

  1. Bersihkan Muka

Membersihkan muka merupakan hal wajib dilakukan oleh semua orang, baik wanita atau pria. Membersihkan muka tidak hanya dilakukan setiap menjelang mau tidur. Namun, juga setelah bangun tidur.

Membersihkan muka setelah bangun tidur dapat membantu kulit wajah lebih segar sepanjang hari. Bersihkan muka dengan sabun cuci muka. Kalau kamu malas mencuci muka, kamu dapat mencucinya ketika sedang mandi.

  1. Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan sehat juga turut membantu merawat wajah. Makan makanan yang sehat tentu lebih mudah bagi pria dibandingkan harus memakai krim yang banyak, terutama untuk pria yang gemar berolahraga.

Hindari makanan yang dimasak dengan cara digoreng karena dapat membuat muka kamu berminyak. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta protein dalam jumlah yang pas. Terlalu banyak protein juga dapat membuat muka kamu jadi jerawatan.

  1. Bersihkan Jenggot dan Kumis

Kalau kamu memiliki jenggot dan kumis di wajah, kamu rajin membersihkan bagian tersebut. Malas membersihkan jenggot dan kumis dapat membuat wajah terasa gatal. Kalau terus dibiarkan, akan muncul bintik-bintik merah yang mengganggu penampilan.

Kamu dapat membersihkan rambut-rambut halus di wajah dengan sabun cuci muka biasa atau dengan shampoo khusus. Namun, jangan menggunakan sabun di bagian jenggot dan kumis terlalu berlebihan. Kalau berlebihan, rambut halus di wajah akan kering dan mudah rontok.

  1. Pakai Tabir Surya

Kalau kamu ingin keluar rumah pada pagi hari atau siang hari, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Krim tabir surya akan melindungi kulit wajah dari sengatan sinar matahari yang mampu membuat warna kulit jadi gelap.

Selain membuat kulit wajah menjadi gelap, sinar matahari juga menyebabkan kanker kulit jika kamu terus terpapar. Menggunakan tabir surya tidaklah ribet, kamu cukup mengoleskan sedikit krim ke bagian wajah. Selain membuat wajah tetap terawat, kamu juga akan terhindar dari penyakit mematikan.

  1. Gunakan Toner

Salah satu masalah wajah paling umum yang dihadapi pria adalah muka yang sangat berminyak. Kulit wajah yang sangat berminyak tentu tidak hanya untuk kamu dan orang sekitar.

Untuk mengatasinya, gunakan toner di pagi hari. Toner berfungsi untuk mencegah kelenjar keringat memproduksi minyak berlebih. Pilih toner yang mengandung vitamin E dan bebas alkohol. Kandungan alkohol dapat membuat wajah menjadi kering.

Dengan mengikuti tips perawatan wajah di atas, kamu kini dapat merawat wajah di pagi hari tanpa merasa ribet. Merawat wajah akan melindungi kamu dari penyakit serius di kemudian hari. Keuntungan lainnya, para wanita akan segera tertarik denganmu.