20 Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah

Kondisi wajah setiap orang tentu saja tidak sama, salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu adalah pori-pori yang besar. Banyak orang yang berusaha untuk mencari cara mengecilkan pori-pori wajah diantaranya dengan menggunakan bahan-bahan alami, menggunakan pelembab untuk kulit berminyak dan lain sebagainya. Sebelum mengetahui lebih jauh tentang bagaimana cara mengatasi pori-pori pada wajah, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui lebih dulu penyebab pori-pori pada wajah membesar.

Apa Penyebab Pori-pori Pada Kulit Wajah Membesar?

Penyebab Pori-pori Pada Kulit Wajah Membesar

gambar via ductio.id

Pori-pori pada kulit mempunyai fungsi yang sangat vital yaitu sebagai tempat keluarnya keringat dan juga minyak. Namun sering sekali pori-pori kulit yang besar mengganggu penampilan, terutama ketika sedang memakai make up sehingga cara mengecilkan pori-pori wajah sangat dibutuhkan. Apa sih yang menyebabkan pori-pori pada kulit wajah membesar? Berikut ini penjelasan lengkapnya:

  1. Perubahan hormon

Salah satu faktor penyebab membesarnya pori-pori wajah adalah akibat perubahan hormon. Hal tersebut lebih banyak terjadi pada perempuan yang mana setiap bulan mengalami menstruasi. Meningkatnya hormon akan menyebabkan pori-pori pada wajah membesar, namun biasanya ketika selesai masa menstruasi pori-pori akan kembali mengecil.

  1. Paparan sinar UV/sinar matahari

Sinar matahari memang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit, namun jika terkena paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori pada kulit wajah membesar. Hal tersebut disebabkan karena sinar UV pada matahari dapat mengurangi kandungan kolagen pada kulit.

  1. Membersihkan wajah secara berlebihan

Merawat kulit wajah salah satunya dengan rajin membersihkan wajah sehingga kotoran maupun sel-sel kulit mati pada wajah dapat terangkat. Namun tahukah Anda membersihkan wajah secara berlebihan juga dapat memperbesar pori-pori kulit. Selain itu sabun pembersih wajah harus juga diperhatikan, pastikan sabun wajah Anda cocok dengan kulit Anda dan tidak menyebabkan iritasi.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan Alami

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan Alami

gambar via merdeka.com

Cara mengecilkan pori-pori wajah cukup mudah dan dapat dilakukan secara mandiri dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berbagai macam bahan-bahan alami yang dapat digunakan dan ampuh untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buah pepaya

Pepaya adalah salah satu buah yang ampuh untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu pengaplikasiannya juga sangat mudah yaitu cukup dengan haluskan buah pepaya dengan blender setelah itu gunakan pepaya halus tersebut untuk masker wajah. Setelah 30 menit Anda dapat membilasnya dan lakukan dengan rutin, maka berangsur-angsur pori-pori pada wajah Anda akan mengecil.

  1. Perasan air lemon

Lemon adalah buah yang kaya akan manfaat salah satunya dipercaya ampuh untuk mengecilkan pori-pori pada wajah. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada perasan air lemon dapat menangkal radikal bebas sehingga membuat kulit terlindungi dari hal-hal yang menyebabkan timbulnya jerawat. Cara pengaplikasiaannya tidaklah sulit, cukup dengan mengoleskan perasan air lemon pada wajah dan mendiamkan selama 15 menit kemudian bilas dan dapatkan wajah yang lebih cerah.

  1. Buah avokad

Avokad yang dihaluskan juga sangat membantu untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah. Cukup dengan menggunakan avokad yang sudah dihaluskan sebagai masker selama 30 menit saja secara rutin, pori-pori besar pada kulit wajah akan kembali mengecil.

  1. Tanaman lidah buaya

Gel lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan kulit salah satunya dapat mengecilkan pori-pori pada wajah. Cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah Anda secara rutin, akan membuat pori-pori kulit wajah yang semula besar akan berangsur-angsur mengecil.

  1. Buah stroberi

Buah lainnya yang juga sangat ampuh untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah adalah stroberi. Kandungan yang terdapat pada buah mungil tersebut dapat mengangkat kotoran dan juga kulit mati pada wajah, sehingga dapat memperkecil pori-pori kulit.

  1. Irisan mentimun

Siapa sangka irisan mentimun dapat membantu untuk mengecilkan pori-pori pada wajah Anda. Cara mengecilkan pori-pori wajah dengan mentimun ini sangat mudah, yaitu iris mentimun setipis mungkin dan tempelkan pada wajah Anda selama 30 menit saja kemudian bilas wajah hingga bersih. Lakukan hal tersebut secara rutin, maka pori-pori kulit wajah Anda akan mengecil sehingga penampilan Anda akan lebih menarik.

  1. Sari bengkoang

Buah bengkoang memang sudah terkenal sangat bagus untuk kulit, dimana buah bengkoang sangat kaya akan vitamin B dan juga vitamin C. Menggunakan sari bengkoang sebagai masker wajah dapat membantu memperkecil pori-pori pada wajah Anda. Selain itu kulit wajah Anda akan lebih halus dan lebih cerah.

  1. Masker tomat

Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya salah satu penyebab pori-pori pada kulit wajah membesar adalah sinar UV. Salah satu penangkal sinar UV yang ampuh yaitu dengan rutin menggunakan masker tomat selama 30 menit kemudian bilas wajah hingga bersih.

  1. Lobak putih

Lobak putih mempunyai kandungan vitamin C, B kompleks, fosfor dan juga zinc yang sangat bagus untuk kesehatan kulit terutama untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan yang Mudah Didapat

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan yang Mudah Didapat

gambar via dboenes.com

Wajah yang halus, cerah dengan pori-pori yang tidak terlihat tentu saja impian semua orang terutama wanita. Cara mengecilkan pori-pori wajah, membuat wajah halus dan cerah ternyata mudah dan dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang sangat mudah diperoleh. Berikut ini adalah beberapa bahan yang mudah diperoleh dan efektif untuk merawat wajah Anda:

  1. Campuran kentang dan susu

Memanfaatkan kentang dengan susu untuk mengecilkan pori-pori wajah ini cukup sederhana, yaitu rebus kentang kemudian tumbuk sampai halus dan campur dengan susu hingga membentuk pasta. Setelah itu oleskan pada wajah seperti halnya ketika menggunakan masker wajah selama kurang lebih 30 menit kemudian bilas hingga bersih.

  1. Telur

Putih telur merupakan bahan alami yang sangat mudah diperoleh, dimana putih telur dipercaya dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah sekaligus mencerahkan.

  1. Susu segar

Susu memang mempunyai banyak manfaat terutama untuk kesehatan kulit. Susu sangat efektif digunakan untuk memperkecil pori-pori pada kulit wajah.

  1. Bubuk kopi

Bubuk kopi sangat bagus untuk scrub wajah, sehingga dapat mengangkat sel kulit yang mana akan dapat memperkecil pori-pori pada wajah.

  1. Yogurt

Kandungan kalsium dan zinc pada yogurt ampuh untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah sekaligus efektif untuk mencegah kulit kering.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun mempunyai segudang manfaat yang sudah menjadi rahasia umum, salah satunya sangat efektif untuk membuat pori-pori pada kulit wajah mengecil.

  1. Madu

Salah satu bahan alami yang mudah diperoleh dan sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah adalah madu. Cukup dengan rutin mengoleskan madu pada wajah selama 30 menit dan membilas dengan air bersih pori-pori kulit wajah yang membesar akan mengecil.

  1. Rendaman teh hijau

Teh hijau diyakini mampu menangkal radikal bebas sehingga rendaman teh hijau sering dimanfaatkan untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah.

  1. Cuka apel

Siapa sangka cuka apel yang mempunyai aroma cukup menyengat ini ampuh dan efektif untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Gunakan cuka apel seperti halnya ketika Anda sedang menggunakan toner wajah.

  1. Es batu

Es batu merupakan bahan yang mudah ditemukan bahkan dapat Anda buat sendiri dirumah. Dengan menempelkan es batu yang sudah dilapisi dengan kain bersih pada wajah akan membuat pori-pori pada kulit wajah Anda mengecil secara instan. Cara ini sering dilakukan sebelum penggunaan make up.

  1. Beras

Salah satu bahan yang pasti Anda miliki di rumah dan sangat efektif untuk mengecilkan pori-pori adalah beras. Untuk mengecilkan pori-pori Anda dapat menggunakan air rendaman beras maupun beras yang sudah ditumbuk dan dijadikan sebagai masker.

20 cara mengecilkan pori-pori wajah tersebut dapat Anda aplikasikan di rumah secara rutin, mengingat bahan yang mudah diperoleh dan biaya yang dibutuhkan juga sangat murah. semoga bermanfaat.

mua parasayu