Biar Cantik di Pagi Hari, Lakukan 7 Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur

Terpapar debu dan polusi setiap hari dapat membuat kulit kita menjadi lebih kusam. Setelah itu muncullah berbagai masalah kulit seperti jerawat, berkerut dan masih banyak lagi. Kalau tidak segera ditangani, kesehatan kulit bisa terganggu. Melakukan perawatan wajah alami sebelum tidur tentunya menjadi pilihan.

Nah salah satu waktu paling tepat cara merawat wajah adalah di malah hari sebelum tidur. Kenapa bisa begitu? Sebab pada saat tidur, tubuh kulit akan melakukan regenerasi agar kembali sehat, lembut dan tidak cepat keriput.

Perawatan Wajah Secara Alami Sebelum Tidur

Nah, agar proses regenerasi kulit saat tidur semakin optimal, kamu perlu melakukan beberapa perawatan wajah secara alami sebelum tidur.

1. Membersihkan Wajah dengan Double Cleansing

perawatan wajah secara alami sebelum tidur

Double cleanser dilakukan dengan cara membersihkan wajah dengan pembersih terlebih dahulu, lalu dengan sabun wajah atau facial wash. Membersihkan wajah bisa dilakukan dua kali dalam sehari yaitu pagi dan malam hari sebelum tidur.

Hal ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari sisa makeup, debu, minyak dan kotoran lainnya. Untuk menjaga kesehatan kulit, kau bisa juga membersihkan wajah menggunakan air garam. Air garam mengandung zat yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

2. Menggunakan Toner Setelah Double Cleansing

Mengaplikasikan toner pada wajah juga sangat penting untuk melembapkan dan menyegarkan pori-pori kulit wajah setelah dibersihkan. Yang penting jangan gunakan toner yang mengandung alkohol karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Lebih baik gunakan toner alami. Kamu bisa menggunakan air mawar viva atau air seduhan teh hijau. Selain sebagai perawatan wajah secara alami sebelum tidur, toner juga bisa kamu gunakan saat bangun tidur di pagi hari.

3. Melakukan Exfoliating 1 Hingga 2 Kali Dalam Seminggu

perawatan wajah secara alami sebelum tidur

Exfoliating adalah kegiatan membersihkan wajah dari sel kulit mati dan kotoran yang menempel dengan bahan yang kasar atau sejenis scrub. Sebelum melakukan exfoliating, kamu bisa mengusap wajah dulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori agar proses exfoliating lebih optimal.

Kamu bisa exfoliating sebelum tidur dengan facial scrub apa saja atau bisa juga menggunakan bahan alami yaitu gula dicampur madu. Yang penting, jangan melakukan exfoliating terlalu sering karena bisa merusak lapisan kulit, cukup 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu.

4. Menggunakan Masker Sebelum Tidur

Menggunakan masker juga merupakan bagian dari perawatan wajah secara alami sebelum tidur. Tetapi tidak boleh setiap hari, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Sesuaikan masker alami dengan kulit wajah, jika kulit wajah kamu kering baiknya gunakan masker alami untuk kulit kering agar lebih maksimal.

Sebaiknya gunakan masker 1 hingga 2 kali dalam seminggu untuk memberi nutrisi pada kulit. Masker juga tidak bisa digabungkan dengan krim malam karena memiliki fungsi yang berbeda. Kamu bisa membuat masker alami seperti dengan kunyit, oatmeal, susu, aloe vera, stroberi dan jenis masker lainnya.

5. Jangan Lupa Memakai Serum

Setelah membersihkan wajah dari sisa masker, kamu bisa melanjutkan dengan memakai serum yang mengandung vitamin C, A atau lainnya. Serum vitamin C dan A dipercaya mampu membantu regenerasi kolagen dan sel kulit baru agar kulit selalu kenyal dan sehat bernutrisi. Serum wardah untuk kulit berjerawat bisa menjadi pilihan untuk kamu gunakan dalam perawatan wajah.

6. Menambahkan Krim Area Mata

perawatan wajah secara alami sebelum tidur

Selain wajah, krim khusus untuk area mata juga sangat penting karena area mata lebih cepat menua atau keriput. Krim mata akan bekerja dengan melindungi dan menghidrasi kulit di sekitar mata agar lebih sehat dan halus.

Krim mata mengandung kafein untuk mengurangi bengkak, niacinamide untuk meningkatkan kadar air agar kulit sekitar mata tidak mudah keriput. Cukup oleskan ke area sekitar mata lalu ditepuk-tepuk lembut hingga meresap. Untuk perawatan area mata secara alami, kamu bisa menggunakan mentimun atau tomat dan ditempelkan pada kelopak mata 15-0 menit. Jika kamu bingung menggunakan eye cream yang bagus, kamu bisa membaca ulasan rekomendasi eye cream bagus yang dapat kamu coba.

7. Mengaplikasikan Moisturizer atau Pelembap

Pelembap adalah salah satu tahapan yang wajib digunakan pada perawatan kulit di pagi maupun malam hari. Moisturizing bekerja dengan melembapkan dan menghidrasi kulit sehingga tidak mudah kering dan keriput serta membantu regenerasi pada kulit. Jika wajah kamu sensitif ada baiknya kamu menggunakan pelembab wajah untuk kulit sensitif agar tidak menimbulkan efek negatif dalam penggunaannya.

Selain itu, jangan lupa minum segelas air putih saat sebelum dan bangun tidur untuk menghindrasi kuit secara alami.

Nah, itulah beberapa tips perawatan pada wajah secara alami sebelum tidur. Kamu bisa mencoba membiasakan diri melakukan satu per satu perawatan alami di atas. Yang penting jangan lupa terapkan hidup sehat.