Cara Melakukan Renang Gaya Dada, Seperti Apa?

Bermain di kolam renang memang sangat seru dan selalu menarik terutama jika berenang. Berenang sendiri terdapat banyak gaya, salah satu gaya renang yang paling favorit adalah gaya dada atau gaya katak. Namun tahukah Anda, tidak semua orang mengetahui cara melakukan renang gaya dada. Beberapa mungkin mengklaim ia melakukan teknik renang gaya dada namun dilakukan dengan cara yang tidak sepenuhnya benar.

Bagaimana Cara Melakukan Renang Gaya Dada?

Gaya dalam berenang sendiri cukup beragam mulai dari gaya kupu-kupu, gaya punggung, gaya bebas dan juga gaya dada. Setiap gaya renang mempunyai caranya masing-masing dan begitupun para perenang mempunyai kemampuan atau gaya favorit masing-masing.

Bagaimana sih cara melakukan renang dengan gaya dada itu? Cara berenang dengan teknik katak atau dada cukup mudah, Anda pasti bisa melakukan renang dengan gaya dada asalkan tidak patah semangat dalam belajar. Berikut ini adalah cara mudah melakukannya secara lengkap:

  1. Pemanasan

Sebelum berenang atau memasukkan tubuh ke dalam air sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Bagian tubuh mana saja yang harus diregangkan jika berenang menggunakan gaya dada?

Bagian-bagian otot tubuh yang harus diregangkan jika berenang menggunakan gaya dada diantaranya adalah otot lengan, otot leher, otot pinggang, otot kaki, otot punggung dan juga perut. Adapun manfaat dari melakukan pemanasan sebelum berenang yaitu untuk mencegah kejang otot atau kram saat berenang.

  1. Gerakan meluncur ke air

Setelah melakukan pemanasan, gerakan selanjutnya yang harus dilakukan untuk berenang dengan gaya dada yaitu gerakan meluncur. Cara melakukan gerakan meluncur ini tidaklah sulit yaitu atur posisi tubuh berada di pinggir kolam renang dengan salah satu kaki ada di depan sampai batas pinggir kolam renang. Nah untuk dapat meluncur maka lakukan dorongan badan ke depan sampai meluncur ke dalam air.

  1. Bahu sejajar dengan air dan tangan menjulur ke depan

Setelah meluncur atau masuk ke dalam air maka pastikan posisi bahu sejajar dengan air dan posisi kedua tangan harus menjulur ke depan yang diiringi dengan majunya badan ke arah depan.

  1. Tangan di bawah permukaan air

Gerakan selanjutnya yaitu buatlah posisi tangan ke belakang di bawah permukaan air yang harus dibarengi dengan mendorong yang mana hal tersebut akan membuat badan Anda dapat melaju dengan cepat.

  1. Menekuk kedua kaki

Untuk gerakan atau posisi kaki ketika renang dengan gaya dada, keduanya harus menekuk rapat dan ditarik ke arah depan kemudian dilanjutkan dengan kaki kembali lurus.

  1. Posisi kepala selalu di atas air

Posisi kepala yang wajib diperhatikan ketika melakukan renang dengan gaya dada yaitu harus di atas air. Akan tetapi saat meluncur atau start dan juga berbalik arah maka posisi kepala dibawah permukaan air.

  1. Rileks dan selaras

Gerakan-gerakan 2 sampai dengan 6 harus dilakukan dengan kompak, selaras dan berbarengan selama di dalam air. Selain itu ketika berenang maka pastikan Anda merasa nyaman dan rileks sehingga otot-otot tubuh Anda dan pikiran juga menjadi lebih rileks dan tenang.

  1. Memaksimalkan pengambilan nafas

Selain gerakan-gerakan tersebut salah satu faktor yang paling penting dalam berenang adalah pernapasan. Saat pengambilan nafas sebaiknya lakukan sebaik mungkin agar Anda dapat maksimal dalam melakukan gerakan di dalam air dan dapat melaju dengan cepat sampai ke finish.

Nah itulah tadi beberapa penjelasan singkat tentang bagaimana cara melakukan renang gaya dada. Bagi para pemula sebaiknya harus belajar secara rutin dan jika perlu didampingi oleh pelatih renang. Semoga bermanfaat.

mua parasayu