Memahami Manfaat dan Teknik Renang Gaya Dada

Bagi yang ingin bisa berenang sudah seharusnya tahu tentang teknik-teknik dasar berenang dimana gaya berenang sangat banyak salah satunya yaitu teknik renang gaya dada. Olahraga berenang sendiri sangat banyak manfaatnya bahkan dipercaya dapat membantu pertumbuhan tinggi pada anak-anak. Renang gaya dada mungkin salah satu yang jarang dipraktikkan.

Belajar berenang memang sangat mengasyikkan sehingga olahraga renang satu ini sangat banyak digemari oleh anak-anak. Salah satu gaya renang yang sering digunakan adalah gaya katak atau gaya dada. Bagaimana sih cara berenang dengan gaya katak atau dada itu?

Teknik-teknik Renang Gaya Dada Cocok Untuk Pemula

Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang bagaimana teknik dasar berenang dengan gaya dada:

  • Meluncur

Teknik awalan atau permulaan dalam berenang disebut dengan teknik meluncur, apapun gaya yang akan diambil dalam berenang sudah pasti didahului dengan teknik meluncur. Nah bagaimana sih cara melakukan teknik meluncur dengan benar?

Untuk melakukan teknik meluncur maka posisikan badan berdiri tegak di pinggir kolam renang dengan posisi salah satu kaki berada pada samping dinding kolam renang. Setelah itu bungkukkan badan Anda sejajar dengan permukaan air yang diikuti dengan posisi kedua tangan lurus kedepan dan menghimpit kepala serta daun telinga. Teknik ini diakhiri dengan meluncur yaitu mendorong kaki dengan kuat.

  • Latihan gerakan kaki

Latihan gerakan kaki pada gaya katak dimana setelah meluncur posisi badan harus sejajar dengan air kolam dalam dalam keadaan tertelungkup. Kemudian tarik kedua kaki ke samping dan kemudian luruskan kembali secara bersamaan sama seperti saat katak berenang. Agar terus mengambang dan dapat bergerak maju maka lakukan lecutan dengan kuat saat kaki akan melakukan gerakan tertutup.

  • Latihan gerakan tangan

Setelah membahas posisi kaki sudah pasti wajib mengetahui bagaimana posisi dari tangan yang sangat penting dalam teknik renang gaya dada atau katak. Setelah badan meluncur ke air maka posisi tangan harus lurus kedepan dan sejajar dengan kepala maupun air kolam. Setelah itu lakukan gerakan menarik kedua tangan ke arah dada sambil mendayung air dengan telapak tangan.

  • Latihan mengambil nafas

Berenang merupakan salah satu olahraga yang sangat bagus dalam hal mengolah pernafasan. Bagaimana teknik bernafas saat berenang dengan menggunakan gaya dada atau katak?

Pengambilan nafas dalam melakukan teknik renang dengan gaya dada yaitu dilakukan saat kepala naik ke atas permukaan yaitu berbarengan ketika mengayunkan tangan ke belakang dan condong ke bawah. Lakukan pengambilan dan buang nafas secara perlahan.

  • Koordinasi gerakan

Teknik terakhir yang harus dipahami saat berenang yaitu koordinasi dari seluruh tubuh yang sudah dilatih. Dimana yang terpenting adalah keselarasan antara gerakan tangan, lengan dan juga kaki.

Setelah memahami tentang teknik-teknik berenang dengan gaya dada atau katak tidak lengkap jika tanpa mengetahui manfaat dari berenang dengan menggunakan gaya dada. Apa saja manfaat berenang dengan menggunakan gaya dada?

Mengenal Manfaat Berenang Dengan Teknik Gaya Dada

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang sangat banyak manfaatnya. Adapun manfaat-manfaat yang dapat diperoleh jika Anda rajin berenang dengan menggunakan gaya dada atau katak adalah sebagai berikut:

  • Bagus untuk menurunkan berat badan
  • Mengurangi atau menurunkan kadar gula darah
  • Baik untuk menurunkan kolesterol tubuh
  • Membuat badan menjadi rileks dan stress hilang

Setelah mengetahui teknik renang gaya dada maka jangan lupa untuk mempraktekkannya dan agar lebih bersemangat untuk melakukan olahraga air satu ini cari tahu sebanyak mungkin tentang manfaat yang diperoleh. Semangat berenang dan selamat datang tubuh dan jiwa sehat.